Bloom – Keindahan di Balik Down Syndrome

“I feel there is a plan so beautiful in store… and we get to live it”

Kelle Hampton

Bloom: Finding Beauty in Unexpected merupakan kumpulan kisah perjalanan hidup Kelle Hampton dan salah satu buah hatinya yang mengalami Down Syndrome. Kelle membawakan cerita dengan runtut sehingga pembaca seolah dapat merasakan apa yang ia alami sejak awal. Kisah kehidupan ibu dari seorang anak perempuan cantik berusia dua tahun ini berubah drastis semenjak ia melahirkan putri keduanya, Nella Cordelia Hampton. Cerita  bermula saat ia dan suaminya (Brett) dengan sangat bahagia menyambut kelahiran putri keduanya, yang merupakan adik dari Lainey. Persalinan berjalan lancar seperti persalinan pada umumnya. Kejanggalan mulai Kelle rasakan ketika ia menggendong Nella untuk pertama kali. Ada kejanggalan fisik yang ia rasakan terjadi pada Nella. Nella terlihat berbeda dengan Lainey atau selayaknya bayi yang baru lahir pada umumnya. Sementara itu, reaksi suami, kerabat, dan keluarga yang turut hadir pada persalinan tidak menunjukkan adanya rasa janggal seperti yang ia rasakan. Mereka terlihat sangat berbahagia dan senang menyambut kehadiran Nella ke dunia. Hal tersebut membuat hatinya bimbang. Rasa janggal yang ia rasakan akhirnya terjawab. Seorang dokter yang menangani Nella memasuki ruangan dan menjelaskan bahwa Nella lahir disertai dengan keistimewaan, yaitu Down Syndrome. Penjelasan dokter tersebut membuat dunia Kelle seolah-olah runtuh dalam sesaat.

The first thing I’m going to tell you is that your daughter is beautiful and perfect…. But, there are some features that lead me to believe that she may have Down Syndrome..

– The Pediatrician

Kelle dengan Nella yang baru lahir. Courtesy: www.kellehampton.com
Kelle dengan Nella yang baru lahir. Courtesy: www.kellehampton.com

Pemaparan jalan cerita yang Kelle berikan sangat nyata. Dalam bukunya, ia mengakui bahwa sesaat setelah dokter mendiagnosis Nella mengalami Down Syndrome, ia sangat terpukul.  Kelle ingin sekali menolak takdir. Ia ingin kabur dengan putri pertamanya yang sempurna dan menjauhkan Nella dari kehidupannya. Ia merasakan hal yang berkecamuk di dalam dirinya. Di satu sisi ia seolah tidak menerima keadaan Nella, tapi di sisi lain ia ingin terus mendekap,  memeluk , dam menciumi bayi mungil yang malang itu.  Ia tak henti-hentinya menangis meratapi kenyataan hidupnya yang baru saja berubah. Tangisnya semakin menjadi ketika Lainey menjenguk adik kecilnya yang baru saja lahir ke dunia. Dengan pakaian bertuliskan big sister dan kegembiraan yang disembunyikan dalam senyum malu, Lainey menghampiri Ibunya yang sedang mendekap adik istimewanya itu. Terbesit rasa sedih yang sangat mendalam ketika Kelle melihat kehadiran Lainey, perasaan bersalah timbul tenggelam dalam dirinya. Tak hanya kehidupannya, kehidupan Lainey-pun juga akan berubah semenjak hadirnya Nella. Namun, keadaan tersebut tidak menghalangi Lainey untuk menunjukkan unconditional love seorang kakak kepada adik. Dengan senyum lebar ia memandangi adik kecilnya, menciumnya, dan menggendongnya.

 

Nella Cordelia Hampton - Courtesy: www.kellehampton.com
Nella Cordelia Hampton – Courtesy: www.kellehampton.com

Nella, adalah hadiah spesial yang dititipkan Tuhan

Titik balik dari keterpurukan terjadi ketika kakak perempuan Kelle menjenguk keponakannya tersebut. Sembari menggendong Nella, ia mengungkapkan betapa beruntungnya Kelle mendapatkan Nella. Dari sekian banyak ibu di dunia, Kelle menjadi salah satu orang yang terpilih dan mendapatkan anugerah yang sangat spesial ini. Tidak hanya dari keluarga terdekatnya, dukungan juga datang dari kerabat dan sahabat-sahabatnya. Hal ini membuat Kelle sedikit demi sedikit bangkit dari keterpurukan batinnya. Tidak hanya sampai disitu, dalam buku ini juga dipaparkan dengan jelas setiap pasang surut kehidupan Kelle dalam mengasuh dan membesarkan Nella di tahun pertama pasca kelahirannya.

Kelle dan Nella - Courtesy: www.kellehampton.com
Kelle dan Nella – Courtesy: www.kellehampton.com

 

Kegigihan Kelle dalam merawat putrinya berbuah manis

Ketegaran, optimisme serta dukungan orang-orang disekitar Kelle yang dituangkan pada buku berisi 304 halaman ini mampu mencampuraduk perasaan pembaca. Setiap kalimatnya sangat menyentuh dan emosional, seolah pembaca mampu merasakan apa yang penulis rasakan pada saat itu. Rangkaian kata dalam buku ini menjadi kisah yang sangat memilukan, sekaligus menjadi kisah yang sangat menginspirasi  di sisi yang lain. Kejujuran dan ketulusan hati Kelle dalam menuliskan kisah hidupnya disertai dengan ilustrasi yang sangat nyata berupa bingkai-bingkai peristiwa dalam berbagai bentuk fotografi.  Sebelum dipublikasikan dalam bentuk buku, Kelle menuliskan setiap peristiwa yang berkaitan dengan setiap jengkal hidupnya pada website pribadi www.kellehampton.com. Atas kisah inspirasi dan kegigihannya, ia tergabung sebagai anggota kehormatan pada the National Down Syndrome Society (NDSS) dan the National Down Syndrome Congress (NDSC), serta menerima the NDSC National Media Award di tahun 2010.

Kebahagiaan keluarga Hampton saat Nella lahir - Courtesy: www.kellehampton.com
Kebahagiaan keluarga Hampton saat Nella lahir – Courtesy: www.kellehampton.com

Identitas Buku

Judul buku      : Bloom: Finding Beauty in Unexpected

Penulis             : Kelle Hampton

Penerbit           : HarperCollins Publisher

Tahun terbit    : 2012

Ketebalan        : 272 halaman

By: Norma Suci P.

Featured Image Credit: www.kellehampton.com

%d bloggers like this: