Saya mau tanya apakah gangguan cemas atau anxiety itu bisa hilang semua gejalanya?

 

Jawab:

Terima kasih sudah mempercayakan bercerita kepada Pijar. Perkenalkan saya Dinni salah satu konselor Pijar.

Sesungguhnya anxiety (kecemasan) itu adalah bentuk alarm dalam diri manusia karena adanya kondisi yang menekan atau mengancam eksistensi seseorang. Oleh karena itu, kecemasan adalah hal yang natural, alami ada dalam diri manusia. Berfungsi sebagai penanda bahwa manusia harus bersiap diri dan berusaha lebih untuk menyesuaikan diri.

Kecemasan dalam diri manusia tidak dapat dihilangkan seluruhnya, karena kecemasan sendiri bermanfaat bagi manusia. Dalam level yang proporsional, kecemasan mendorong manusia mau berusaha lebih, mau melakukan persiapan, dan mendorong diri untuk menyesuaikan pada lingkungan. Itu mengapa, misal dalam sebuah presentasi, kita mau mempersiapkan diri dan berlatih. Sesungguhnya usaha tersebut adalah untuk mengatasi rasa cemas yang secara alami ada dalam diri manusia bila menghadapi tantangan.

Bila sudah sampai level gangguan, yang ditandai dengan adanya hambatan dalam mengendalikan diri sendiri karena perasaan cemas yang berlebihan, hal yang dapat dilakukan adalah menyeimbangkannya atau menjaga kecemasan dalam level proporsional. Kita tidak dapat menghilangkan seluruh gejala kecemasan. Dalam level proporsional, kecemasan justru menguntungkan manusia. Cara menyeimbangkannya adalah dengan mengarahkan pola pikir pada pikiran-pikiran alternatif yang bisa menenangkan dan melakukan manajemen diri. Apabila memiliki berkesempatan berkonsultasi langsung ke psikolog, hal itu akan menjadi lebih baik.

Semoga jawaban ini bisa menjawab pertanyaan Saudara dan membawa manfaat.

Terima kasih telah berbagi.

Salam,

Pijar Psikologi.

 

Jawaban ini ditulis oleh: Siti Muthia Dinni, S. Psi. M. Psi., Psikolog

Sumber gambar:

www.dreamersradio.com

%d bloggers like this: