“Anak pertama saya laki-laki dan saat ini ia berusia 4 tahun. Menurut psikolog yang pernah saya datangi, anak saya diindikasikan sebagai anak dengan ADHD. Jadi, bagaimana agar anak sembuh?”

 

Jawab:

Terimakasih atas kepercayaan Ibu untuk bercerita di Pijar.  Perkenalkan, saya Siti Muthia Dinni, S. Psi. M. Psi., Psikolog. Saya adalah konselor Pijar yang merupakan psikolog klinis. Ibu dapat melihat profil saya di pijarpsikologi.org/konselor.

Ibu menanyakan pada kami bagaimana agar Ananda dapat sembuh.  Pada dasarnya, ADHD bukanlah sebuah penyakit sehingga kurang tepat bila kita menggunakan kata “sembuh” dari penyakit. ADHD merupakan hambatan dalam perkembangan anak yang mengakibatkan dirinya mengalami hambatan dalam memusatkan perhatian dan mengalami gejala hiperaktivitas. Oleh karena itu, fokus penanganan anak dengan ADHD adalah pada pengembangan bukan pada penyembuhan.

Hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan potensi Ananda agar sukses menjalani kehidupan kedepannya adalah dengan rutin menjalani pengobatan dengan dokter dan menjalani sesi terapi dengan psikolog. Jenis terapi yang umum digunakan psikolog dalam mengembangkan diri anak dengan ADHD adalah terapi perilaku dan training kemampuan sosial. Kombinasi dari kedua tritmen tersebut dipercaya dapat membantu anak dan orang tua untuk mengendalikan gejala ADHD pada anak, membantu membentuk perilaku yang konstruktif pada anak, dan membantu anak mengembangkan kematangan sosialnya.  Namun demikian, dukungan dan penerimaan orang tua pada dasarnya adalah kunci utama kesuksesan pengembangan anak dengan ADHD.

Saya sangat salut dengan kepedulian dan dukungan ibu pada Ananda. Bila ibu konsisten memberikan kedua hal tersebut dalam pengasuhan, Ananda akan tumbuh menjadi anak yang sukses karena anak dengan ADHD tidak memiliki masalah dengan kecerdasannya. Saya sarankan, ibu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan psikolog di kota ibu agar dapat mendapatkan terapi psikologi bagi Ananda dan berbagai tips dalam pengasuhan yang akan mendukung tindakan medis yang diberikan oleh dokter. Psikolog yang dapat menangani anak dengan ADHD dapat ditemui di rumah sakit bagian poli psikologi atau bagian tumbuh kembang anak, dan biro konsultasi psikologi swasta. Semoga apa yang saya sampaikan ini membawa manfaat bagi Ibu dan Ananda.

Terima kasih telah berbagi.

Salam,

Pijar Psikologi.

 

Jawaban ini ditulis oleh: Siti Muthia Dinni, S. Psi. M. Psi., Psikolog

Sumber gambar:

www.cchrint.org

1 comment

Comments are closed.

%d bloggers like this: