Curhat: Saya Selalu Merasa Diperlakukan tidak Adil! Apa yang Harus Saya Lakukan? 

Sdr. AJ, 21 tahun, Banjarmasin.

Saya selalu merasa diperlakukan tidak adil di dunia ini. Rasanya sedih, kecewa. Sungguh, saya ingin peran saya lebih dianggap oleh orang lain. Kejadian ini saya rasakan semenjak SMA sampai kuliah. Orang-orang disekitar saya menganggap saya orang tidak berguna  sehingga saya hanya punya sedikit teman. Saya ingin lebih percaya diri, agar saya bisa “membalas” orang-orang yang telah merendahkan saya.

Jawaban :

Terimakasih atas kepercayaan Sdr. AJ untuk bercerita di Pijar Psikologi. Perkenalkan, saya Mega. Salah satu konselor di Pijarpsikologi.org. Setelah saya pahami, yang dialami Mas AJ merupakan perasaan alamiah yang terjadi jika mengalami suatu hal yang tidak menyenangkan. Tentunya ada rasa ingin menunjukkan diri untuk membuktikan bahwa Anda mampu dan bisa kepada orang-orang yang telah membuat Anda merasa tidak nyaman. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan merubah mindset. Gunakan kata-kata positif untuk membangun kepercayaan diri dan membentuk kehidupan lebih positif. Fokuskan pada diri Anda, bukan pada orang lain. Cobalah merubah cara pandang Anda terhadap lingkungan (karena Anda tidak mungkin dapat mengontrol dan menuntut lingkungan seperti yang Anda harapkan). Coba juga untuk ingat dan melihat realita. Pernahkah Anda melakukan suatu hal yang baik dan mendapatkan apresiasi positif dari orang lain atau lingkungan? Ya, meskipun itu adalah hal yang kecil, itu tetaplah bentuk dari sebuah penghargaan (jangan melulu meihat apresiasi atau penghargaan itu sesuatu hal yang besar saja). Rasanya menyenangkan kan, saat mendapatkan penghargaan? Nah, coba ulangi perilaku-perilaku positif yang dapat menarik respon positif dari lingkungan. Yuk coba hilangkan pemikiran negatif terhadap lingkungan.

Ketika Anda takut mencoba, Anda dapat melakukan olah nafas dengan menarik nafas panjang dan diulang beberapa kali hingga membuat Anda merasa nyaman dan tenang.  Lalu, pelan-pelan cobalah untuk tidak memikirkan respon lingkungan lebih dahulu. Lakukan dulu saja (just do it). Setidaknya Anda sudah mencoba.

Setiap manusia berporoses, bertumbuh, dan berkembang. Kehidupan berjalan sepanjang kontinum waktu. Manusia tidak memiliki pilihan selain berusaha sebaik-baiknya dan mencoba untuk menjadi yang lebih baik. Be positive in your life, love your self then you will love your life.

Terima kasih telah berbagi.

Salam, Pijar Psikologi.

Jawaban ini ditulis oleh: Mega Dianingtyas, S. Psi

Sumber Gambar: sindonews.com

%d bloggers like this: