Curhat: Pacar Saya Depresi, Saya Tidak Tahu Harus Berbuat Apa

Curhat

Saya memiliki pacar yang mengalami depresi berlebih. Dia bahkan sudah mengkonsumi obat anti depresan double dosis semalam sebelum saya bertemu dia. Sebelumnya dia sedang dinas keluar kota, sehingga komunikasi kami (menurut pandangan saya) sedikit terhambat, dan saya bisa merasakan ada yang berbeda dari cara dia berkomunikasi. Saya jadi panik dan bingung sendiri.

Keesokannya kami bertemu, dan saya curhat sedikit mengenai saya yang merasa sendiri, belum sempat saya ceritakan lebih lanjut.. dia sudah merasa tersalahkan karena saya yang merasa sendiri dan kami bertengkar. Belakangan ini kami memang cukup banyak bertengkar, dan setelahnya, dia baru cerita, bahwa semalam dia sampai minum obat anti depresan double dosis. Dia tidak ceritakan ke saya, dan saya kaget mendengarnya, merasa menyesal sudah curhat merasa sendiri. Pasangan saya merasa percuma menjalin hubungan (dengan siapa saja), dia bilang dia stres, capek dan hanya ingin sendiri, percuma bekerja, buat apa katanya, ciri ciri orang depressi akut. ingin menutup diri.

Di sini saya bingung, saya meminta maaf, tapi rasa bersalah saya juga tak kunjung hilang, di sisi lain, saya bingung bagaimana menghadapi seseorang yang mengalami gejala depressi demikian. Sedikit latar belakangnya, ibunya mengalami schizophrenia dan ayahnya mengalami bipolar, jadi ada kemungkinan dia pun memiliki kedua gejala ini.

Yang saya ingin tanyakan, hingga saat ini saya tahan komunikasi saya dengan dia, takutnya dia butuh space sendiri, tapi saya pun tidak mau kehilangan dia karena saya menyayanginya.

Apa yang harus saya lakukan untuk bisa membantunya melewati ini? Saya takut saya hanya menambah beban depresinya. Oh ya, saya orang baru di Jogja, apakah ada rekomendasi psikolog terdekat yang bisa saya kunjungi? Saya tinggal di daerah Sleman, Patran Tegal. Saya sangat mohon masukan dan bantuannya.

Terima kasih.

Gambaran Identitas: Perempuan, 24 Tahun, Keadaan Ekonomi Pas-pasan , Tinggal di Yogya

Jawaban Psikolog Pijar Psikologi:

Terima kasih atas kepercayaan Anda untuk bercerita di Pijar Psikologi.

Tentunya tidak mudah ya melewati saat-saat dimana kita butuh kehadiran orang yang kita sayangi, tetapi orang tersebut juga sedang mengalami permasalahan berat. Lalu apa yang bisa Anda lakukan untuk membantunya?

Pertama, siapkan diri Anda. Jika Anda ingin membantu orang lain, Anda harus membantu diri Anda terlebih dahulu. Jangan sampai saat Anda bertemu dengan pacar, dan  yang muncul justru semua permasalahan, saling adu argumen, saling menyalahkan, sehingga tidak terfokus pada pencarian solusi. Oleh sebab itu, perlu pikiran dan hati yang tenang. Tapi saya yakin Anda bisa menghadapi ini.

Kedua, pahami kondisi Anda dan pasangan. Saya sangat menghargai adanya kesadaran Anda tentang tanda-tanda perubahan perilaku, yang menunjukkan adanya depresi, karena dengan adanya kesadaran itu kita menjadi bisa lebih memahami perubahan pasangan dan mencoba menerima kondisinya. Semoga masa-masa sulitnya segera berlalu ya.

Tentunya Anda punya masalah, demikian juga pasangan Anda. Dengan riwayat kedua orang tuanya seperti yang Anda ceritakan, Anda perlu lebih memahami kondisinya, demikian juga nanti jika hubungan Anda berlanjut ke jenjang pernikahan. Pengaruh riwayat keluarganya bisa kita minimalisir dengan adanya dukungan dari Anda dan lingkungan sekitarnya. Tetap jalin komunikasi berkualitas dan positif ya, terutama dalam masa sulit. Anda sebaiknya juga bantu mengontrol penggunaan obat antidepressant atau obat lain. Anda bisa bantu dia dengan menjadi teman berbagi permasalahan yang sedang dia hadapi kemudian mencari solusinya bersama-sama.

Agar Anda semakin memahami depresi dan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan, Anda bisa membaca tautan berikut ini:

http://pijarpsikologi.org/yang-harus-dilakukan-saat-depresi/

http://pijarpsikologi.org/13-hal-yang-tidak-boleh-dikatakan-pada-orang-depresi/

http://pijarpsikologi.org/depresi-apa-sih-ciri-cirinya/

Terkait info layanan psikologi sebenarnya Anda sangat beruntung karena berada di Jogja. Puskesmas di Jogja pada umumnya punya layanan psikologi dengan biaya layanan yang terjangkau.

Terima kasih telah berbagi.

Salam,

Pijar Psikologi.

 

Catatan: Curhat, adalah sesi konsultasi yang disetujui oleh klien untuk dibagikan kepada pembaca agar siapapun yang mengalami masalah serupa dapat belajar dari kisahnya. Nama klien dan nama konselor kami anonimkan

 

 

 

 

Total
5
Shares