Ed Sheeran dan Dunia Tanpa Media Sosial

Darlin’ I will
Be lovin’ you
Till we’re seventy
Baby my heart
Could still fall as hard
At twenty three

 

Siapa yang tidak asing dengan susunan kalimat di atas? Yap! Susunan kalimat di atas merupakan potongan lirik lagu Thinking Out Loud yang dinyanyikan Ed Sheeran. Ed Sheeran sendiri adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan produser rekaman yang berasal dari Inggris. Beberapa lagu yang dinyanyikan Ed Sheeran sudah terkenal dan tidak asing lagi di kalangan pecinta musik.

Sebagai seseorang yang terkenal karena memiliki bakat musik yang luar biasa, Ed Sheeran memiliki penggemar yang berasal dari berbagai negara. Biasanya, seorang artis akan memilih media sosial sebagai sarana berinteraksi dengan penggemar. Namun, Ed Sheeran memutuskan untuk tidak menggunakan media sosial lagi. Pria kelahiran Halifax, 11 Februari ini memutuskan berhenti menggunakan gadget dan hanya bisa dihubungi melalui e-mail.

Gadget Membatasi Dunia

Dalam sebuah reality show di Inggris, Ed Sheeran menceritakan yang mendasari keputusannya tidak lagi menggunakan media sosial dan gadget. Keputusan Ed Sheeran berawal dari pengalamannya mendapatkan banyak pesan di gadget setiap pagi. Ia begitu menyayangkan isi pesan yang masuk berisi urusan pekerjaan semata. Dari puluhan pesan yang ia terima, tidak ada satupun pesan yang menanyakan kabar. Seolah tidak ada yang peduli dengan keadaannya di luar pekerjaan.

Ed Sheeran bercerita awalnya ia masih sempat menggunakan gadget selama 2 minggu. Lalu ia memutuskan sengaja tidak mengisi ulang daya, membiarkan baterai gadget-nya habis dan memutuskan untuk tidak menyalakan kembali gadget tersebut.

Baru-baru ini, ia muncul di serial Game of Thrones season 7. Kemunculan ini justru mendapatkan hujatan. Hujatan diberikan sebagai bentuk kekecewaan penggemar. Penyebab kekecewaan ini karena mereka berharap dapat melihat naga dan mayat hidup lebih banyak, tetapi malah disuguhi nyanyian Ed Sheeran. Setelah menerima banyak hujatan di Twitter, Ed Sheeran memutuskan tidak menggunakan Twitter lagi. Ia mengaku tidak sanggup membaca tulisan di Twitter. Terlalu banyak tulisan kasar yang memberikan pengaruh buruk dan merusak hari-harinya.

Alasan lain Ed Sheeran tidak menggunakan media sosial karena keinginannya untuk melihat sekeliling menggunakan matanya sendiri. Selama ini, ia merasa lebih sering memandang dunia melalui layar gadget. Ia merasa sudah melewatkan banyak hal ketika sibuk dengan gadget-nya.

Ed Sheeran mengaku ia melakukan travelling selama berbulan-bulan ketika permulaan meninggalkan gadget dan media sosial. Ia juga mengaku mendapatkan pandangan baru dan lebih nyaman selama proses pembebasan ini. Meskipun harus hidup seperti zaman belum ada teknologi, ia merasa  hidupnya menjadi lebih baik karena terhindar dari kata-kata kasar di media sosial.

Haruskah Sama Sekali Tidak Menggunakan Media Sosial?

Tidak ada yang melarang penggunaan media sosial. Akan tetapi, Anda perlu ingat jika media sosial bukanlah lingkungan sosial. Anda tetap harus memiliki interaksi secara langsung. Dengan berinteraksi secara langsung, Anda juga akan memiliki relasi di kehidupan sesungguhnya selain di dunia maya.

Seseorang yang memiliki banyak teman di media sosialnya belum tentu memiliki banyak teman di dunia nyata. Apabila Anda mulai merasa tidak nyaman aktif di media sosial, tidak ada salahnya mengikuti jejak Ed Sheeran. Ia telah membuktikan jika hidupnya tetap menyenangkan dan baik-baik saja tanpa gadget dan media sosial.

Ed Sheeran sudah membuktikan jika ia berani mengambil langkah besar yang telah mengubah hidupnya ke arah yang lebih baik. Bagi sebagian orang, keputusan ini tentu tidaklah mudah. Namun, jika perubahan ini berguna untuk kesehatan mental yang lebih baik, kenapa tidak?

%d bloggers like this: