Introver: Anda Juga Bisa Membangun Pertemanan!

“Saya jarang merasa bosan ketika sendiri, saya sering bosan ketika ditengah kelompok dan keramaian” – Don, Minnesota

Ketika kata introver terucap, apa yang terlintas dalam benak Anda? Pendiam? Pemalu? Seseorang yang tertutup? Jika Anda ingin memahami lebih jauh mengenai introver cek artikel ini.

Menurut psikiater introver, Carl G. Jung, mengidentifikasikan bahwa perilaku kepribadian ini ditandai dengan cenderung berorientasi pada hal-hal yang subjektif. Mereka cenderung untuk melihat dunia dari dalam dirinya.

Orang-orang introver kurang menyukai keramaian, lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan caranya sendiri dalam kesendiriannya. Beberapa orang introver akhirnya merasa kesulitan untuk memulai percakapan dengan orang lain, atau mungkin sulit untuk membangun pertemanan yang baru.

Padahal pertemanan menjadi unsur yang penting dalam hidup, tidak hanya untuk mempermudah karier namun juga sebagai pendukung Anda dikala suka-duka.

Nah, untuk Anda yang merasa sebagai sosok introver, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membangun pertemanan. Yuk kita bahas!

Ayo keluar rumah!

Tentunya hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah jangan hanya berdiam diri di rumah saja. Jika ada teman Anda yang mengajak berpergian, terimalah ajakan tersebut.

Terima rasa canggung

Biasanya diawal memulai pertemanan pasti ada rasa canggung yang muncul. Sebenarnya hal tersebut wajar terjadi. Pergilah ke suatu tempat tidak hanya sekedar untuk pergi makan. Menonton film di bioskop atau festival — kegiatan lain yang tidak hanya duduk saja. Awalilah percakapan dengan kegiatan yang kalian lakukan bersama.

Nongkrong dengan temen-temennya temenmu

Bila Anda masih merasa canggung ketika masuk ke dalam ‘kelompok pergaulan baru’, salah satu cara yang paling nyaman adalah ketika masuk bersama teman yang sudah Anda kenal. Setidaknya akan ada orang lain yang menemani Anda dan membuat Anda merasa lebih nyaman masuk ke dalam kelompok itu.

Berpikir Positif!

Jika Anda sejak awal sudah berpikiran positif, maka hal baik akan datang kepada Anda. Berpikir positif akan membantu Anda untuk menghadapi masalah sehari-hari. Hal tersebut akan membawa rasa optimis dalam hidup Anda, dan menghindari rasa cemas dan berpikiran negatif.

Jika kamu yakin orang lain bisa menerima Anda dengan baik, tentu saja Anda juga menunjukkan sikap baik dan menyenangkan, Anda akan mendapatkan hubungan yang menyenangkan dengan orang baru.

Cobalah terbuka kepada orang lain

Jika seseorang tersenyum pada Anda, tersenyumlah kembali. Terkadang berawal dari sikap ramah, akan menjadi awal dari obrolan dengan seseorang yang akhirnya menjadi awal dari pertemanan Anda. Berawal dari obrolan ringan, perlahan-lahan obrolan Anda dengan teman baru akan berkembang.

Bagaimana menurut Anda? Siapkah Anda mencoba tips di atas? Ingatlah, Anda harus meyakinkan diri Anda terlebih dahulu ketika ingin membangun pertemanan yang baru.

Introver bukan berarti anti sosial. Masyarakat terbentuk dari gabungan introver dan ekstrover. Terkadang sebagai seorang introver, Anda menyadari bahwa ekstrover mengingatkan Anda tentang kenyataan. Yuk, membangun pertemanan yang positif dengan siapapun.


Sumber tulisan
Helgoe, L. (2008). Introver Power: why your inner life is your hidden strength. Naperville: Sourcebook, Inc.

https://www.psychologytoday.com/blog/the-introvers-corner/201008/first-leave-the-house-strategies-making-new-friends

http://www.youthmanual.com/post/life/how-to/10-tips-mencari-teman-dan-kenalan-baru-kalau-kamu-seorang-introver

Parmar, S. D. (2015). Positive thinking can change our life. The International Journal of Indian Psychology Volume 2, Issue 3.

https://www.brilio.net/life/5-tips-buat-para-introver-agar-sukses-membangun-pertemanan-151113j.html

Feature Image Credit: http://meydanlarousse.com/free-essays/essays-20164215368/

Putu Novi Arfirsta Dharmayani

Mahasiswa Fakultas Psikologi UGM

%d bloggers like this: