“Ketika Helen meninggal, aku kehilangan segalanya. Sampai ketika anjing dari Helen datang.. Hadiah terakhir dari istriku.. Pada waktu itu, aku menerima sedikit harapan.. Kesempatan untuk berduka tidak sendiri.. Dan anakmu.. mengambilnya dariku!” – John Wick

Informasi Film

Sutradara: Chad Stahelski
Pemain: Keanu Reeves, Michael Nyqvist, Alfie Allen
Tahun rilis: 2014
Produksi: Thunder Road Pictures, 87Eleven Productions, MJW Films, dan DefyNite Films
Durasi: 1 jam 41 menit

Kehilangan seseorang yang kita cintai terkadang menghadirkan luka yang dalam. Perasaan sedih yang mendalam ini bahkan dapat membuat kita merasa sangat kehilangan orang tersebut dalam waktu yang lama. Mungkin kita juga merasa tidak rela jika ada pihak lain yang mengganggu hal yang berhubungan dengan orang yang kita cintai. Kondisi tersebut dikisahkan dalam film action berjudul John Wick yang rilis pada tahun 2014 lalu.

John Wick adalah seorang mantan pembunuh bayaran terbaik yang bekerja untuk kelompok bernama Continental. John memutuskan untuk berhenti bekerja sebagai pembunuh bayaran setelah ia bertemu dengan seorang wanita bernama Helen. Viggo Tarasov, pemimpin Continental, memberikan syarat atas keputusan John dengan tugas yang tidak mungkin dilakukan yaitu membunuh semua kompetitornya dalam satu malam.

Meskipun demikian, John berhasil melakukan tantangan tersebut dan berhasil mengalahkan anak buah Viggo yang berusaha membunuhnya. John akhirnya resmi keluar dan menikahi Helen.

Sayangnya, tak lama kemudian Helen meninggal dunia dan menyisakan luka yang dalam pada sang suami. Ia meninggal karena penyakit akut yang dideritanya. Helen pergi untuk selama-lamanya dan meninggalkan anjingnya yang bernama Daisy untuk John sehingga John tidak merasa sedih dan kesepian. John sangat menyayangi anjing itu sebagai pemberian terakhir dari istrinya. Kenangan John akan Helen ternyata terusik oleh sekelompok orang yang tak dikenalnya.

Suatu hari John, yang membawa Daisy, sedang mengisi bahan bakar mobil antik miliknya. Tiba-tiba ada sekelompok orang Rusia menawar mobil John dan meminta Daisy untuk diberikan kepada mereka. Namun apa yang terjadi? John menolak dengan tegas. Malangnya, ternyata sekelompok orang tersebut mengikuti John sampai rumah dan pada malam hari dan komplotan orang tak dikenal tersebut tega mencuri mobil John dan membunuh Daisy.

Belakangan, John tahu bahwa sekelompok orang tersebut ternyata adalah anggota Continental dan salah satunya adalah Iosef Tarasov, anak dari Viggo Tarasof. Dendam John Wick atas kelakuan Iosef Tarasov membuatnya berniat untuk membunuh anak Viggo tersebut.

Pencarian yang dilakukan John Wick tidak sia-sia karena pada akhirnya ia dapat membunuh Iosef, bahkan juga Viggo. Usaha pemberantasan Continental yang dilakukan oleh John ternyata juga membuat Marcus, mentor John ketika di Continental yang juga berpihak padanya, terbunuh. Film yang hampir setiap adegannya diisi dengan duel antara John Wick dan Continental ini diakhiri dengan John yang terluka. John mengobati dirinya sendiri di klinik hewan dan membawa pergi salah satu anjing yang ada di sana sebagai pengganti Daisy.

Kisah yang diceritakan dalam film John Wick ini menunjukkan pada kita bahwa ternyata hal kecilpun bisa jadi masalah besar jika hal tersebut berharga untuk kita. Sesuatu yang berharga memang pantas untuk diperjuangkan, bukan?

Akan tetapi, bisakah kita mencari cara lain untuk menyelesaikan masalah dengan lebih damai? Seperti kisah terbunuhnya Marcus yang sebenarnya baik dan memihak John, kita tidak ingin orang lain yang juga kita cintai terluka kan? Penyelesaian masalah dengan cara yang positif dan damai tidak hanya menguntungkan bagi kita namun juga pihak lain yang terlibat. Seiring berjalannya waktu, sifat memaafkan akan terpatri dalam diri ini.

Dengan demikian, tidak ada perasaan dendam yang berujung pada akibat fatal. Tidak ada salahnya untuk memaafkan orang lain lebih dulu, bukan? Penelitian yang dilakukan oleh Michael McCullough bahkan menunjukkan bahwa memaafkan dapat membuat hubungan sosial seseorang membaik dan mengurangi kecendurngan untuk berperilaku kasar.

Nah, tentunya film ini menuai banyak pelajaran yang dapat kita ambil hikmahnya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai makhluk sosial, tugas manusia adalah tetap berusaha untuk menebar kebaikan pada sesama. Kontrol perilaku supaya tidak menyakiti orang lain juga perlu dilakukan. Tidak lupa untuk menularkan apa yang sudah didapat dari artikel ini, ya! Salam berpijar untuk negeri!

%d bloggers like this: