Kebahagiaan dalam Bekerja Adalah Pilihan Anda

Bekerja seharusnya menjadi aktivitas yang paling Anda tunggu setiap harinya. Anda menantikan hari di saat Anda bisa lebih membuka pikiran Anda akan hal-hal baru. Kebahagiaan dalam melakukan rutinitas ini seharusnya bukan datang hanya karena imbalan finansial, namun juga kekayaan batin yang Anda peroleh. Membicarakan kepada orang lain tentang aktivitas yang Anda lakukan seharusnya membuat Anda bangga, bukan sekadar membicarakan keluh kesah.

Bukankah demikian seharusnya Anda membicarakan pekerjaan Anda?

Kebahagiaan dalam Bekerja Bukan Tentang Gaji Semata. Setuju?

Sudah sering mendengar, “Uang tidak bisa membeli kebahagiaan”? Percayakah Anda? Beberapa mungkin tidak percaya. Gaji besar bisa membeli hal-hal yang disenangi. Gaji besar bisa memberi Anda rumah yang Anda impikan, membeli mobil keren, memiliki gadget paling baru dengan fitur fantastis. Apakah seperti itu cara Anda menafsirkan ‘bahagia’?

Ada beberapa yang percaya bahwa uang memang tidak bisa membeli kebahagiaan. Uang bukan menjadi motivasi utama seseorang dalam bekerja. Terkadang, pekerjaan yang dapat mengenalkan pada dunia baru, menjadi dorongan utama seseorang dalam bekerja. Hal ini bahkan tanpa memedulikan nominal angka yang masuk ke rekening setiap bulannya. Terkadang, pekerjaan yang dapat membuat dekat dengan keluarga meski pada akhirnya tidak naik gaji lebih membuat seseorang bahagia. Terkadang, pekerjaan yang bisa mendukung minat seseorang dapat membuat mereka lebih bahagia dalam bekerja meskipun gaji yang diterima mungkin hanya pas-pasan.

Kepuasan kerja hanyalah sebagian kecil dari yang memengaruhi kebahagiaan dalam bekerja. Dalam sebuah penelitian, ditunjukkan bahwa kebahagiaan seseorang dalam bekerja bisa meliputi banyak faktor. Faktor tersebut misalnya emosi positif yang dirasakan selama bekerja, lingkungan kerja yang mendukung untuk pengembangan diri, komitmen terhadap organisasi tempat bekerja, dll. Selain itu, dukungan sosial dari rekan kerja juga ternyata memainkan peran penting dalam menciptakan kebahagiaan seseorang dalam bekerja.

Bekerja Seharusnya Membuka Ruang Pikir, Bukan Mencengkram Napas Anda!

Jika bekerja menjadi sebuah rutinitas yang dapat membuka wawasan Anda terhadap hal baru, mengapa tidak?

Seorang penulis untuk sebuah media, mungkin jika ditanya deskripsi pekerjaannya maka ia akan dengan singkat menjawab “menulis”. Namun, ia bisa dengan senang hati menjelaskan deskripsi pekerjaannya karena menulis membawanya ke dunia baru yang belum ia kenal. Menulis membawanya mengenal hal baru yang belum pernah ia temui. Menulis membuat ia mengenal orang baru yang bahkan tidak pernah ia sangka bisa ia ajak bicara sebelumnya. Pekerjaannya sederhana dan bahkan sering dianggap remeh orang, namun ia bisa bahagia dalam pekerjaannya, hanya karena menulis. Menulis membuka ruang pikirnya terhadap hal baru, menulis memperkaya dirinya tidak hanya secara harfiah lewat gaji, namun juga secara batin.

Seorang lulusan psikologi bekerja di sebuah perusahaan desain interior. Anda mungkin berpikir remeh terhadap pekerjaannya. Apa yang bisa dikerjakan seorang lulusan psikologi di sebuah perusahan desain interior ? Seberapa besar ia bisa berpengaruh dalam proses jalannya perusahaan? Anda berpikir bahwa mungkin lulusan psikologi ini hanya berkontribusi terhadap kesejahteraan karyawan perusahaan tersebut.

Namun, tahukah Anda jika lulusan psikologi tadi akhirnya menjadi seseorang yang tidak hanya mengenal dunia desain, tapi juga mampu mengidentifikasi desain interior yang paling menguntungkan perusahannya karena sesuai dengan psikologi masyarakat saat ini? Lulusan psikologi tadi merasa bersyukur ia menerima pekerjaan di perusahaan desain interior ini karena justru lewat perusahaan ini, ia bisa meningkatkan kemampuan dirinya. Bahkan mendapatkan ilmu lebih di luar ilmu spesialisasinya saat kuliah.

Jadikan Pekerjaan Anda Sumber Inspirasi Anda

Bekerja yang membuka inspirasi akan membuat Anda merasa lebih nyaman. Meskipun Anda harus lembur, Anda harus melakukan banyak hal di luar ekspektasi Anda. Dikejar deadline, tapi jika dalam proses mengejar deadline itu Anda mendapatkan pengalaman baru terkait minat Anda, kenapa tidak? Bagi seorang reporter sebuah klub sepak bola yang juga fans dari klub itu, diharuskan menghasilkan artikel dalam sehari tidak masalah, jika hari itu ia bisa mewawancarai manajer klub tersebut.

Apa gunanya gaji besar yang mampu membelikan Anda rumah, mobil, dan lainnya namun dalam proses bekerja Anda hanya penuh dengan perasaan tertekan? Anda mungkin seorang karyawan, namun Anda bukan buruh. Anda berhak mendapat sesuatu lebih dari pekerjaan Anda di luar reward yang diberikan perusahaan. Sesuatu yang lebih itu bisa berupa pengalaman baru, perluasan wawasan, koneksi networking dengan dunia luar, dan lain sebagainya.

Pernah bertanya mengapa ada orang yang mau magang di sebuah perusahaan tapi menerima bahwa mereka tidak akan digaji?

Because the amount of money they get, no matter how big, will never buy them the richness of experience they will gain by being an intern in the company

Pekerjaan seharusnya memperluas horizon diri Anda. Kebahagiaan dalam bekerja tidak seharusnya Anda anggap remeh. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kebahagiaan dalam bekerja. Hidup sudah sulit, jangan biarkan pekerjaan Anda membuat hari-hari Anda semakin berat untuk dilalui!

 

 

Total
65
Shares
%d bloggers like this: