“Mengingat dengan kreativitas membuat hafalan tak terbatas”

Pernahkah Anda merasa kesulitan dalam mengingat sesuatu yang berurutan? Misalnya saja dalam menghafal materi pelajaran atau hal lainnya. Dalam kehidupan ini, kita dituntut untuk banyak mengingat sesuatu, namun seringkali kita merasa kesulitan dalam mengingat hal-hal tersebut. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memiliki strategi khusus dalam mempermudah mengingat.

Kerap kita dapati siswa mengeluh karena kesulitan dalam belajar, atau bahkan tidak menyenangi kegiatan belajar. Banyak diantaranya yang mengeluh dan menjadikan belajar sebagai beban dan momok. Dengan materi yang begitu banyak, banyak yang menganggap bahwa otak tidak mampu menampung kapasitas materi. Sebenarnya jika kita telah memahami cara belajar yang benar maka kegiatan tersebut akan menjadi hal yang menyenangkan. Yuk intip tips di bawah ini agar kita dapat mengingat dengan lebih mudah.

  1. Coba Gunakan Metode Mnemonics

Metode ini dapat anda terapkan dengan mengambil huruf pertama dari suatu hal yang ingin  anda ingat. Kemudian bentuk kumpulan huruf pertama tadi menjadi kata baru atau kalimat baru. Mnemonics lebih populer disebut dengan jembatan keledai. Anda tentu tidak asing dengan “MeJiKuhiBiNiU”. Kata tersebut merupakan salah satu contoh dalam penerapan metode ini. Kata “MeJiKuhiBiNiU” merupakan kepanjangan hari merah, jingga, nila, dan ungu, yaitu urutan dari warna pelangi. Berkat adanya kata tersebut, Anda lebih mudah dalam mengingat warna pelangi bukan? Coba terapkan metode ini untuk membantu anda dalam mengingat hal lain. Pasti akan terasa lebih mudah!

  1. Sudah Tahu Metode Chunking?

Cara yang kedua adalah dengan melakukan pengelompokan. Pilahlah hal yang ingin Anda hafalkan menjadi beberapa subkelompok berdasarkan suatu karakteristik. Cara ini dapat dilakukan jika Anda ingin mengingat hal yang cukup banyak. Contoh dari penggunaan metode ini yaitu teknik menghafal nomor ponsel. Misalnya saja 081456987124, maka anda dapat mengelompokkannya menjadi beberapa sub unit, seperti 081-456-987-124, dengan begitu Anda akan menjadi lebih mudah dalam mengingat. Tak hanya dapat digunakan untuk menghafal nomor ponsel, tentunya masih banyak penerapan yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan metode ini.

  1. Gunakan pula Metode Asosiasi

Cara mudah mengingat yang selanjutnya adalah dengan mengaitkan hal baru dengan sesuatu yang telah Anda ketahui sebelumnya. Membuat suatu keterkaitan adalah suatu hal yang esensial  dalam membangun ingatan jangka panjang, karena hal ini membuat informasi secara bermakna. Contoh nyata dalam penggunaan metode ini adalah, jika Anda membuat PIN, coba gunakan sesuatu yang sangat dekat dan tidak akan pernah Anda lupakan, misalnya kaitkan PIN tersebut dengan tanggal lahir Anda, maka kemungkinan Anda untuk melupakan PIN Anda semakin kecil, dibandingkan dengan Anda membuatnya secara Acak.

  1. Anda juga Bisa Mencoba Metode Loci

Teknik ini  dapat diterapkan untuk mempermudah dalam menghafal dan memahami materi yang panjang serta rumit. Metode ini dapat Anda terapkan  dengan mencatat tanda-tanda  atau ide kunci yang akan Anda ingat secara berurutan. Setiap tanda atau ide kunci akan mengenai informasi yang telah diasosiasikan dengan tanda tersebut. Contohnya dalam menghafalkan teks pidato yang begitu panjang, Anda tidak perlu menghafalkan seluruh isi pidato, cukup hafalkan susuanan pidato, kemudian anda akan teringat dengan keseluruhan isi pidato tanpa melihat teks. Cukup sederhana bukan?

  1. Metode SQ3R pun Siap Membantu Anda!

Metode SQ3R singkatan dari Survey, Question, Read, Recite, and Review. Metode ini secara khusus berguna untuk mengintegrasikan dan mengingat sejumlah informasi penting. Urutan dari teknik SQ3R adalah sebagai berikut: yang pertama Anda harus memperoleh ikhtisar materi melalui membaca cepat. Bacalah judul dan subjudul dari suatu bab atau kalimat pertama. Lihat juga gambar atau grafik yang terkait, atau jika materi tersebut tersedia rangkuman dan pertanyaan, bacalah semua itu. Langkah kedua adalah tanyalah kepada diri Anda sendiri mengenai apa yang baru saja Anda Baca. Formulasikan pertanyaan berdasarkan informasi-informasi pokok yang telah Anda baca. Langkah yang ketiga adalah bacalah secara cermat materi  agar Anda dapat memahami. Sembari Anda membaca, pikirkanlah mengenai pertanyaan yang telah Anda buat. Selanjutnya ucapkan dengan keras apa yang baru saja Anda baca agar Anda dapat memeriksa pemahaman Anda dan memperdalam pengertian Anda mengenai materi tersebut. Lakukan pencatatan yang lebih mendetail. Langkah yang terakhir adalah buka kembali materi kembali, dan tinjau kembali catatan yang telah Anda buat. Cukup menarik, bukan? Dan pastinya sangat mudah untuk diterapkan.

Berbicara tentang ingatan tentu tidak luput dari kinerja otak. Sudahkah Anda tahu, otak kiri dan kanan memiliki fungsi dan karakter yang berbeda? Otak kanan memiliki sifat long term memory atau mampu mengingat dalam jangka waktu yang lebih lama. Kegiatan otak kanan lebih pada pengolahan informasi yang berupa irama, musik, imajinasi, emosi, warna, gambar, dan diagram. Sedangkan otak kiri yang tergolong short term memory atau mengingat dalam jangka waktu yang lebih pendek. Otak Kiri berkaitan dengan kemampuan verbal, matematis, analitis, sistematis dan bersifat logis. Aktifitas yang dapat direspon secara baik oleh otak kiri diantaranya adalah membaca, menulis, dan berhitung. Cara mengingat menggunakan metode loci, assosiasi dan chunking terbukti dapat meningkatkan daya ingat karena memaksimalkan kerja otak kanan. Jadi, sudahkah Anda mencoba beberapa metode tersebut?


Sumber Data Tulisan

1 http://zamedaku.blogspot.co.id/2012/03/cara-mengingat-yang-jitu-dan-intensif.html

2  http://www.kompasiana.com/pheeypheey29/me-ji-ku-hi-bi-ni-u-adalah-metode-chunking_5528fac8f17e6117278b456d

http://www.pelita.or.id/baca.php?id=64889

Featured Image Credit: yangseru.com

Total
92
Shares
%d bloggers like this: