Lindungi Anak dari Obesitas dengan Cara Berikut!

“Anak-anak akan menjadi seperti anda; jadi bersikaplah sebagaimana anda ingin mereka bersikap”

David Bly

Obesitas atau masalah berat badan yang berlebihan saat ini sangat sering dijumpai, bahkan pada anak-anak. Mungkin sebagian orang dewasa menganggap anak yang gemuk sangat menggemaskan, akan tetapi perlu disadari oleh para orang tua bahwa berat badan yang berlebihan pada anak-anak akan menyebabkan berbagai macam penyakit seperti resiko jantung koroner, dan kolesterol.

Nah bagi orang tua terutama para Bunda, bisa menerapkan hal berikut agar anak anda terhindar dari resiko obesitas.

Ajarkan anak gaya hidup sehat

gaya hidup memang salah satu faktor yang sangat mempengaruhi terjadinya resiko obesitas pada anak. Nah, orangtua dapat menerapkan pola hidup sehat dengan memberikan contoh kepada buah hati bagaimana menjalani keseharian yang sehat, mulai memperkenalkan makanan yang sehat,  serta berperilakulah sehat didepan anak. Karena anak-anak akan meniru setiap perilaku yang dilihatnya.

Modifikasi Makanan

Pola makan merupakan hal paling mendasari penyebab terjadinya Obesitas pada anak. Orangtua bisa memodifikasi makanan yang dikonsumsi oleh anak dengan cara mencampur lauk yang disukai anak-anak dengan makanan yang banyak mengandung serat. Atau dengan cara mengkreasikan makanan sehat menjadi bentuk yang menarik bagi anak-anak, serta dapat mengganti makanan yang banyak mengandung gula dengan buah-buahan.

Ajak anak untuk aktif bergerak

Dengan aktif bergerak, selain dapat mencegah bertambahnya berat badan juga dapat menjadikan tubuh sehat dan bugar, orangtua bisa mengajak anak untuk bermain yang banyak melibatkan gerakan, atau mengajakkanya bermain sepeda dilingkungan rumah. Juga hal yang tidak kalah penting adalah dengan membatasi anak untuk menonton televisi terlalu lama, karena menonton tidak membuat anak aktif bergerak.

Bantu anak untuk mencari teman

Pertemanan akan membuat anak lebih banyak menghabiskan waktunya bermain sehingga anak akan aktif bergerak, selain berguna untuk membakar lemak juga berguna untuk meningkatkan kemampuan sosialisasi anak.

Memberikan penghargaan pada anak

Salah satu cara yang efektif dapat diterapkan untuk membuat anak menjalai hidup sehat adalah memberikan penghargaan pada anak, beri anak pujian jika ia melakukan gaya hidup sehat, atau dapat menegurnya jika anak menjalani gaya hidup yang tidak sehat.

Lakukan pemeriksaan kesehatan

Pemeriksaan kesehatan sangat berguna untuk mengetahui bahwa kondisi anak anda dalam keadaan sehat atau tidak, lebih baik lagi jika pemeriksaan kesehatan dilakukan secara rutin agar anak terhindar dari resiko obesitas dan penyakit lainnya.

Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan agar anak anda dapat terhindar dari resiko obesitas, dan mulailah perhatikan tumbuh kembang anak anda agar dapat tumbuh sebagai pribadi yang sehat dan positif.


Sumber Data Tulisan

WHO. Obesity : Preventing & Managing

Medkes.com : mengatasi obesitas pada anak

By: Heni Andini

Featured Image Credit: www. Vemale.com

Heni Andini

Mahasiswa Psikologi Universitas Sriwijaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>