Mari Tertawa, Mari Lebih Sehat

Banyak orang yang sudah mengetahui tertawa itu baik.
Tapi sudahkah Anda benar-benar merasakan kebaikan dari tertawa ?

Mungkin Anda pernah mendengar sebuah ungkapan “Tertawa adalah obat terbaik”. Ternyata, memang terdapat penelitian ilmiah tentang manfaat tertawa bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan mental maupun fisik:1

    Saat tertawa, tubuh akan melepaskan beberapa hormon negatif penyebab stres seperti kortisol. Tertawa mampu mengubah pikiran negatif menjadi energi positif sehingga membuat Anda lebih bahagia.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah
    Tertawa membutuhkan aliran darah ke otak, jantung dan hampir setiap bagian tubuh manusia. Oleh karena itu, tertawa mampu meningkatkan sirkulasi darah.
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Beberapa studi menunjukkan bahwa tertawa memberikan dorongan pada sistem kekebalan tubuh terhadap beberapa jenis alergi, seperti flu, batuk dan sebagainya.
  3. Menyehatkan paru-paru
    Saat tertawa, paru-paru Anda akan terisi dengan oksigen yang membantu membersihkan paru-paru. Selain itu, tertawa juga bisa membantu Anda menarik nafas lebih dalam sehingga oksigen yang masuk ke paru-paru lebih banyak.
  4. Meningkatkan memori
    Saat tertawa, jumlah oksigen yang Anda hirup lebih banyak. Hal ini membantu Anda mengisi ulang sel-sel otak. Regenerasi sel-sel otak membantu meningkatkan memori serta keterampilan motorik.
  5. Meredakan nyeri
    Tertawa mampu mengurangi rasa sakit di tubuh. Hal ini dikarenakan Anda merasa lebih baik saat tertawa.
  6. Olahraga yang baik
    Sejumlah studi menunjukkan saat tertawa terbahak-bahak seluruh tubuh Anda tersentak seperti saat melakukan olahraga. Selain itu, tertawa lepas mampu membantu anda membakar kalori.

Untuk merasakan semua manfaat tertawa diatas tentu kita harus sering tertawa lepas. Namun, terkadang untuk tertawa seseorang memerlukan stimulus. Seperti stimulus humor atau dengan melihat orang lain tertawa. Yoga Tertawa bisa membantu Anda untuk merasakan manfaat dari tertawa.

Yoga Tertawa adalah serangkaian latihan yang menggabungkan tertawa tanpa syarat dengan pernafasan yogis. Dalam Yoga Tertawa, semua orang bisa tertawa tanpa harus mengandalkan humor, lelucon atau komedi. Tertawa distimulasi dengan tetap menjaga kontak mata dengan peserta lain dan bermain-main layaknya anak kecil. Sehingga, dengan mengikuti Yoga Tertawa Anda bisa merasakan manfaat tertawa tanpa perlu menunggu alasan tertentu untuk tertawa.

Dalam memperingati World Laughter Day, pada tanggal 7 Mei 2017 akan dilaksanakan Yoga Tertawa bersama Emmy Liana Dewi, 1st Certified Laughter Yoga Teacher and Ambassador di Indonesia. Acara ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya apapun. Apabila Anda merasakan manfaat dari acara ini, jangan ragu untuk memberikan donasi. Dana yang terkumpul akan disumbangkan ke Komunitas Sane Step untuk kepentingan bakti sosial.

Mari Tertawa, Mari Bahagia, Mari Lebih Sehat !

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Arya 0838-4000-2814
Dhila 0823-1188-9684

World Laughter Day 2017_Indonesia[1318] - Copy

1http://life.viva.co.id/news/read/505152-7-manfaat-tertawa-untuk-kesehatan-tubuh

Sumber Gambar:
https://cdn.shutterstock.com/shutterstock/videos/1953475/thumb/5.jpg

%d bloggers like this: