“Media sosial merupakan media yang luar biasa. Interaksi dari muka ke muka yang berdampak pada jangka panjang” – Felicia Day

Seiring dengan berjalannya perkembangan dalam teknologi maka sebagian besar orang pasti tidak asing lagi dengan dunia media sosial. Banyak fitur media sosial yang bertebaran di internet dan Anda bebas memilih mana yang akan Anda gunakan. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan Facebook, Twitter, Instagram, Path, Linked In, Youtube dan masih banyak lagi yang tidak cukup jika dituliskan satu per satu.

Dari sebuah penelitian ditemukan bahwa penggunaan media sosial di dunia telah mencapai 3,2 miliar pengguna (4,8% populasi dunia) dengan perbandingan rasio 1 dari 4 orang di dunia merupakan pengguna media sosial. Di Indonesia sendiri penggunaan media sosial tercatat sebagai pengguna aktif sekitar 55 juta jiwa dengan penempatan pengguna media sosial sekitar 22,1% dari total populasi Indonesia sebanyak 248,64 juta jiwa.2

Media sosial sendiri digunakan untuk berbagi informasi, membagi ide kreatif, sarana untuk berpikir, berdebat, mencari teman, pasangan dan membangun suatu komunitas. Alasan mengapa penggunaan media sosial bisa berkembang pesat dikarenakan saat menggunakannya pengguna dapat menjadi dirinya sendiri dalam hitungan detik! Itulah mengapa banyak sekali orang yang bisa sangat menggandrungi media sosial karena mereka bisa mengaktualisasikan diri mereka dan juga membangun pencitraan diri. 1

Motivasi Penggunaan Media Sosial3
Berbedanya motif seseorang dalam menggunakan media sosial menyebabkan berbeda pula kepuasan yang didapat

  • Kebutuhan untuk mencari informasi
    Salah satu motivasi dalam menggunakan media sosial yaitu sebagai sarana untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kegiatan, acara, dan menemukan berita terbaru saat ini. Ternyata faktor motivasi memiliki pengaruh positif terhadap sikap pengguna media sosial. Di sisi lain pengguna juga mempunyai kesempatan untuk belajar dan berbagi pendapat.
  • Motivasi mencari hiburan
    Kecenderungan orang untuk menggunakan media sosial dipengaruhi oleh faktor hiburan seperti mencari kesenangan dan mencari sesuatu yang menarik untuk dibagikan. Penggunaan media sosial bisa dijadikan sebagai pengisi waktu luang dan relaksasi. Hal ini disebabkan sifat media sosial yang selalu menampilkan konten terbaru dan menarik menyebabkan orang dapat mengisi waktu luang dan membantu orang tersebut dalam mengatasi stres.
  • Motivasi untuk membangun citra diri
    Sikap pengguna yang mengekspresikan dirinya dalam media sosial bisa disebabkan sebagai pembentukan identitas diri dengan menjadikan media sosial sebagai ajang dalam penampilan diri. Apabila pengguna mendapatkan respon yang positif dari pengguna lain maka akan membuat pengguna tersebut semakin termotivasi untuk membentuk citra dirinya dan mencari pengakuan dari orang lain.
  • Motivasi yang disebabkan oleh pengaruh kelompok
    Orang yang menggunakan media sosial dipengaruhi oleh motivasi untuk berinteraksi dengan orang lain. Keinginan untuk menjalin hubungan persahabatan, pasangan dan kebutuhan akan pengakuan dari orang lain menjadikan salah satu motivasi orang dalam menggunakan media sosial.
  • Motivasi kenyamanan dalam penggunaan media sosial
    Dari sebuah penelitian yang dilakukan pada mahasiswa Korea dan Amerika disebutkan bahwa motivasi kenyamanan berpengaruh positif pada sikap mahasiswa Korea dan Amerika terhadap situs media sosial. Hal ini disebabkan karena media sosial membuat orang bebas berekspreksi dan menuangkan ide kreatif mereka. Namun di sisi lain jika pengguna merasa terganggu oleh pesan yang terdapat dalam media sosial maka pengguna akan bersikap negatif terhadap pesan tersebut.

Nah apapun motivasi Anda dalam menggunakan media sosial, gunakanlah media sosial secara bijak. Cari kebenaran informasi yang Anda baca, jangan hanya karena informasi tersebut terlihat menarik maka Anda langsung menyebarkannya lewat media sosial. Mengapa? Karena salahnya informasi yang Anda berikan bisa berdampak buruk bagi orang lain.


Referensi:
1Mayfield, A. (2008). What is Social Media? Dapat dilihat di www.icrossing.com
2Worldwide Social Network Users 2013: Forecast and Comparative Estimates Report
3Moriansyah, L. (2016). Motivasi, Sikap, dan Intensi Pengguna Media Sosial pada Kampanye Stop Illegal Fishing. Jurnal Manajemen & Agribisnis, Vol. 13, November 2016, 192-205.

Sumber Foto: https://media.licdn.com/mpr/mpr/shrinknp_800_800/AAEAAQAAAAAAAAlVAAAAJDE4NTcwZWY1LWQxMDktNDljNi05ODkwLTkzZGYzNDA4OWE0NQ.jpg

Total
7
Shares
%d bloggers like this: