Alasan Dibalik Penggunaan Foto Profil WhatsApp

Siapa yang tidak kenal aplikasi media sosial bernama WhatsApp? WhatsApp pertama kali muncul pada tanggal 24 Februari 2009. Media sosial ini menawarkan fungsi, salah satunya mengirim pesan seperti SMS. Hanya saja, WhatsApp tidak menggunakan pulsa untuk mengirim pesan. Anda cukup menggunakan internet untuk bisa mengirim pesan.

Pada awal tahun 2016, pengguna WhatsApp sudah tercatat sebanyak 1 miliar. Data tersebut menunjukkan bahwa 1 dari 7 orang di dunia menggunakan media sosial ini dan India merupakan negara dengan pengguna WhatsApp terbanyak.

Pembahasan kali ini terkait penggunaan WhatsApp dan foto profilnya. Ada 10 orang yang menjadi narasumber pembahasan kali ini. Mereka merupakan pengguna WhatsApp berusia 19-22 tahun. Untuk penjelasan lebih lanjut, mari kita simak pembahasan berikut ini!

Pengguna Sering Mengecek WhatsApp

Fakta. Delapan dari 10 orang yang menggunakan gadget adalah pengguna WhatsApp. Media sosial ini paling sering digunakan untuk menghubungi keluarga, teman, dan sahabat. Saat membuka gadget, yang selalu dicek adalah WhatsApp. Mereka mengaku melakukan pengecekan pada WhatsApp hampir setiap jam.

Beberapa di antara mereka, ada yang mengaku tidak bisa jauh dari WhatsApp. Mereka tidak bisa jauh dengan alasan takut ketinggalan informasi atau kabar. Mereka mengaku penasaran pada dunia di luar sana jika tidak mengecek WhatsApp masing-masing.

Pengguna Sering Mengganti Foto Profil

Mitos. Faktanya, sebagian besar pengguna WhatsApp mengaku paling cepat mengganti foto profil setelah 3 bulan. Ada pula pengguna yang telah menggunakan foto profil selama 2 tahun dan tidak pernah diganti. Namun, ada kalanya intensitas mengganti foto profil meningkat menjadi hitungan hari. Bisa menjadi 2 kali sehari atau 3 hari sekali melakukan penggantian. Alasannya untuk mencari perhatian seseorang yang disukai.

Foto Profil WhatsApp Bukan Sekadar Identitas

Fakta. Alasan lain seseorang memasang sebuah foto menjadi profil adalah mencari perhatian orang lain. Selain itu, pemasangan sebuah foto menjadi profil biasanya untuk menunjukkan sesuatu. Sesuatu itu berupa barang baru yang sedang dipakai atau tempat yang sudah pernah dikunjungi. Dalam beberapa kasus, foto menjadi pesan yang tersembunyi dari penggunanya. Tiap foto yang mereka gunakan mengangdung sebuah arti. Contohnya, seseorang yang merasa dekat dengan keluarganya cenderung memasang foto bersama keluarga.

Mengganti Foto Profil karena Senang

Fakta. Alasan utama seseorang menjadikan sebuah foto menjadi profil karena rasa senang dengan foto tersebut. Pada wanita, rasa senang itu bisa karena yang bersangkutan merasa cantik di foto tersebut. Sedangkan pada pria cenderung ingin membagi kesenangan karena telah mengunjungi suatu tempat.

Setelah mereka senang, hal yang akan dipertimbangkan selanjutnya adalah kelayakan dari sebuah foto untuk ditampilkan atau tidak. Layak yang dimaksud di sini adalah foto yang akan dipasang tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.

Selera Foto Profil WhatsApp Antara Wanita dan Pria Berbeda

Fakta. Wanita lebih memilih foto yang terlihat wajah sebagai foto profil. Selain itu, mereka juga lebih menyukai foto profil yang hanya ada dirinya sendiri. Berbeda dengan pria, mereka lebih menyukai bila wajahnya tidak terlihat. Foto profil yang bertema alam dan siluet juga lebih diminati untuk dijadikan foto profil. Selain itu, pria lebih percaya diri jika memasang foto profil dengan beberapa orang di dalam foto tersebut.

Nah, bagaimana pendapat Anda tentang fakta-mitos di atas? Mungkin beberapa di antaranya sesuai dengan diri Anda. Semoga pembahasan tadi dapat membuat Anda lebih memahami arti di balik pemasangan foto profil seseorang.

Total
4
Shares
%d bloggers like this: