“Seorang teologis bertanya : Lalu apa itu arti mencintai? Dan sang Filsuf pun menjawab : Mencintai adalah mendedikasikan dirimu dengan senang hati untuk kebahagiaan orang lain.”

(Gottfried Leibniz)

Jawaban filsuf Gottfried akan makna mencintai sangatlah tepat. Saat kita mencintai seseorang, kita akan melakukan apapun demi membahagiakan orang tersebut, tak jarang kita mengorbankan hal-hal tertentu demi orang yang kita cintai. Namun terkadang banyak yang belum memahami  bahwa kebutuhan dasar akan cinta pada laki-laki dan perempuan berbeda. John Gray, Ph.D, seorang konselor hubungan percintaan dari USA, meneliti dan akhirnya merumuskan beberapa kebutuhan cinta yang berbeda pada laki-laki dan perempuan. Konsep beliau terkenal dengan “Pria Berasal dari Mars dan Wanita Berasal dari Venus” yang kemudian menjadi salah satu buku terlaris sepanjang masa.

Pernah ‘kan Anda sebagai wanita merasa tidak dicintai oleh pasangan kita karena ia tidak menghargai perasaan-perasaan tertentu Anda? Pernahkah Anda sebagai wanita merasa diabaikan pasangan karena ia tidak mau mendengarkan cerita Anda? Atau mungkin Anda sebagai pria, pernahkah Anda merasa pasangan Anda cintanya memudar karena terlalu banyak mengatur Anda? Pernahkah Anda sebagai pria merasa tidak dipercaya akan kemampuan Anda oleh pasangan?

Terkadang pria sulit memahami bahwa salah satu kebutuhan dasar atau primer cinta bagi wanita adalah perhatian, wanita merasa bahagia dan dicintai bila pasangannya mendengarkan dengan tulus cerita-ceritanya dan perhatian-perhatian manis lainnya. Begitu pula terkadang wanita lupa, bahwa sang pria sebagai pasangannya membutuhkan independensi seorang pria dengan cara dipercaya akan kemampuan-kemampuannya, seringkali wanita terlalu banyak mengaturnya, meski sebenarnya tujuan utama wanita tersebut adalah menunjukkan kepedulian pada prianya.

Berikut merupakan 6 kebutuhan dasar cinta yang berbeda antara laki-laki dan perempuan :

  • Wanita membutuhkan perhatian, pria membutuhkan kepercayaan :

Apabila seorang pria menghargai perasaan-perasaan yang dialami pasangannya dan memperhatikan kesejahteraan pasangannya maka wanita tersebut akan merasa sangat dicintai oleh pasangannya. Hal ini bisa ditunjukkan melalui peka terhadap kebutuhan-kebutuhan sang istri, semisal membantu pekerjaan rumah tangga bila memiliki istri bekerja yang juga harus mengurus anak-anak. Kemampuan mendengarkan yang baik juga menunjang kualitas hubungan antara satu sama lainnya.

Harga diri seorang pria akan terjaga dengan baik apabila pasangannya menaruh kepercayaan akan kemampuan-kemampuan sang pria. Apabila pria mendapatkan kepercayaan penuh ini dari pasangannya maka ia akan mampu menjadi dirinya yang terbaik dan melakukan yang terbaik. Pria mampu menunjukkan kehebatannya setelah mendapatkan kepercayaan.

  • Wanita membutuhkan rasa hormat, pria membutuhkan penghargaan.

Wanita akan sangat bahagia bila pria mengutamakan hak-hak wanita, harapannya dan menjadikan wanita tersebut skala prioritas dalam hidupnya. Apabila pria tidak membalas sms, mengabaikan telepon pasangannya dan tidak menelpon balik, maka wanita akan merasa diabaikan olehnya.

Pria akan merasa berarti bila pasangannya mengakui telah menerima manfaat darinya dan menghargai kehebatannya. Bila pria merasa telah diberi penghargaan yang cukup maka ia akan terdorong untuk memberi lebih banyak. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pujian atau mengapresiasi bantuan yang telah diberikan pria seperti merenovasi rumah, memperbaiki keran bocor dsb.

  • Wanita membutuhkan jaminan, pria membutuhkan dorongan

Pria perlu berulang ulang memberikan penegasan kepada wanitanya bahwa ia memahami, menghormati, memperhatikan dan menyayangi pasangannya.  Pria seringkali keliru menganggap bahwa bila ia telah memenuhi kebutuhan sang wanita maka itu sudah cukup, padahal wanita memerlukan jaminan bahwa ia dicintai dengan cara meyakinkannya secara berulang-ulang.

Begitu pula dengan pria, ia sangat membutuhkan dorongan dari pasangannya. Sikap membesarkan hati yang dilakukan wanita akan memberi harapan dan keberanian kepada pria.  Dorongan-dorongan psikologis yang diberikan wanita pada pasangannya akan mampu membuat sang pria menjadi pribadi yang sebaik-baiknya.

6 hal tersebut adalah kebutuhan dasar cinta atau kebutuhan primer cinta yang berbeda pada pria dan wanita. Bila salah kebutuhan primer wanita adalah perhatian, bukan berarti wanita tersebut tidak membutuhkan dorongan seperti halnya pria. Wanita pun membutuhkan dorongan dari pasangannya. Namun maksud dari kebutuhan dasar atau primer ini adalah bahwa kebutuhan ini harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan cinta yang lainnya.

Semoga kita mampu membahagiakan pasangan kita dengan memenuhi kebutuhan primer cintanya. Karena suatu hubungan akan bertahan dengan baik apabila suatu pasangan saling memberi dan menerima secara seimbang.


Sumber Data Tulisan

Diadaptasi dari buku Men are from Mars, Woman are from Venus karya John Gray, PhD

By: Nuurul Ilaahi

Featured Image Credit: www.intisarionline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*