Apakah Anda sudah Mencapai Kepuasan Karir dalam Bekerja?

Setiap orang mengharapkan kepuasan dalam bekerja. Kepuasan kerja yang diharapkan berupa rasa senang dan nyaman terhadap pekerjaan. Apabila Anda sudah merasa puas dalam bekerja, maka kinerja serta relasi dengan rekan kerja akan berjalan dengan baik.

Memaknai Kepuasan Karir

Tahukah Anda, ada yang sama pentingnya dengan kepuasan kerja? Jawabannya adalah kepuasan karir.  Kepuasan karir mempunyai makna yang lebih dalam daripada kepuasan kerja. Kepuasan karir adalah sebuah bentuk pencarian dan pola pikir seumur hidup dalam pekerjaan yang kita jalankan.

Ketika Anda mengharapkan kepuasan kerja, maka Anda dipengaruhi oleh kondisi kerja yang ada. Namun, apabila Anda mencari kepuasan karir, maka Anda yang mengatur pencapaian kepuasan itu sendiri.

Mungkin Anda sering mendengar, “Bekerjalah sesuai apa yang kamu inginkan!” Pernyataan itu sepertinya disetujui oleh banyak pihak, terutama anak muda yang baru memulai karirnya. Mereka mengenali kegemaran yang ada di dalam diri dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

Sebuah artikel juga menyatakan, penting bagi seseorang untuk melibatkan diri dalam pekerjaan yang dianggap bermakna. Dengan berfokus pada makna pekerjaan, Anda tidak akan mengharapkan kepuasan atau mengeluh atas ketidakpuasan yang pasti terjadi dalam bekerja.

Kepuasan Karir Dapat Menjadi Bumerang

Di sisi lain, kutipan pernyataan di atas bisa menjadi bumerang. Apabila semua orang ingin bekerja sesuai yang diinginkan, maka apa yang terjadi kalau itu tidak kesampaian? Pada kenyataannya, ada beberapa orang yang bekerja di luar keinginannya. Bekerja di bidang yang berlawanan dengan pendidikan yang sudah dipelajari sebelumnya.

Berkenaan dengan hal tersebut, ada satu saran menarik yang bisa dicoba oleh Anda.

“Don’t do what you love. Learn to love what you do”.

Sebuah survei kepuasan kerja yang dilakukan terhadap asisten administrasi perguruan tinggi menemukan tiga hal yang berbeda. Pertama, menganggap pekerjaan sebagai cara untuk membayar biaya hidup. Kedua, memandang pekerjaan sebagai karir menuju sesuatu yang lebih baik. Ketiga, menilai pekerjaan sebagai bagian penting dalam hidup dan menjadi identitas mereka.

Pada intinya, bersabarlah. Antusiasme akan hadir seiring berjalannya waktu serta keahlian Anda dalam melakukan pekerjaan.

Diri Sendiri yang Memegang Kendali Utama

Kepuasan karir adalah sebuah pilihan yang membutuhkan niat, keberanian, dan kecerdasan untuk memastikan bahwa pilihan atau keputusan Anda berkontribusi pada pemenuhan tujuan Anda. Dalam memenuhi hal ini, Anda tidak boleh bergantung dengan atasan atau kondisi kerja yang Anda tuntut mampu memberikan kepuasan terhadap pekerjaan yang dilakukan. Jika dibiarkan, Anda selamanya hanya akan bergantung pada hal-hal di luar diri yang tidak dapat Anda kendalikan.

Esensi kepuasan karir adalah cara Anda mengatur pikiran serta tindakan atas suasana kerja yang tidak bisa Anda kendalikan. Selain itu, cara mengelola karir yang Anda jalani dalam berbagai kondisi akan membuat Anda bertahan lebih lama dalam pekerjaan. Oleh karena itu, puas atau tidaknya Anda terhadap pekerjaan bergantung pada diri Anda sendiri.

Total
16
Shares
%d bloggers like this: