“Sempurnakan sehatmu dengan tak hanya sehat secara fisik tapi juga sehat secara psikis.”

Tahukah Anda, 10 Oktober adalah tonggak peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia? Pijarpsikologi.org bekerja sama dengan Lembaga Mahasiswa Psikologi UGM telah menghelat beberapa kegiatan untuk menyambut perayaan tersebut. Inilah persembahan dari kami untuk mewujudkan Indonesia yang lebih sehat mental. Aksi peringatan kesehatan mental yang bertajuk Mental Health for Better Life telah mendapat apresiasi, respon positif, dan antusiasme yang luar biasa dari semua elemen masyarakat. Berikut kami rangkum liputan kegiatannya untuk Anda.

  1. Campaign Hari Kesehatan Mental

Campaign atau kampanye tentang kesehatan mental dilakukan pada tanggal 6 dan 7 Oktober 2015. Tim campaign Psikologi yang membawa balon berwarna hijau toska ini berkeliling ke berbagai fakultas di UGM.  Kami membagikan souvenir berupa stiker dan pembatas buku yang berisi pesan-pesan tentang Hari Kesehatan Mental. Kami juga  menjelaskan tentang apa itu Hari Kesehatan Mental. Tujuan dari dilakukannya campaign ini adalah meningkatkan kesadaran tentang Hari Kesehatan Mental.

  1. Ceker atau Cerita Keren of The Day

Ceker Atau Cerita Keren of the Day merupakan salah satu rangkaian acara Hari Kesehatan Mental yang diselenggarakan oleh Lembaga Mahasiswa Fakultas Psikologi UGM. Kali ini, Ceker mengusung tema “Understanding Schizophrenia: Menjadi Ada dan Nyata untuk Para ODS (Orang Dengan Skizofrenia). Pemahaman yang rendah terhadap diri para ODS menjadi latar belakang kami dalam mengusung tema tersebut. Talk Show ini menghadirkan tiga pembicara, yaitu Prof. Drs. Subandi, M.A., Ph.D (Dosen Fakultas Psikologi UGM), Yustinus Harry Nugroho (Caregiver ODS Paguyuban Laras Jiwa Ghrasia) dan Emmy Liana Dewi (Teacher of Laughter Yoga Indonesia). Selain itu, juga terdapat pengumuman pemenang kompetisi essay Schizophrenia. Melalui talk show ini  dapat diketahui bahwa dukungan keluarga dan sosial merupakan hal yang tidak kalah penting dibandingkan obat dalam proses penyembuhan ODS, karena penyebab Schizo tidak hanya dari gen namun juga keadaan psikologis serta lingkungan sosial.

  1. CURCOL (Curhat College Life bareng Konselor)

CURCOL merupakan konseling kelompok gratis yang diadakan pada hari Sabtu, 10 Oktober  2015 di Gedung K Psikologi UGM. Tema yang diangkat pada acara ini adalah College Life dengan tujuh subtema, yaitu: manajemen waktu, strategi akademik, pertemanan, minat, adaptasi sosial, percintaan, dan rencana setelah lulus kuliah. Sub tema tersebut dibagi ke dalam 10 kelompok dan melibatkan 11 Psikolog. Acara ini terbuka untuk mahasiswa umum.

  1. Lomba Fotografi

Lomba fotografi ini berlangsung sejak tanggal 17 September 2015 hingga 08 Oktober 2015 dengan tema “Kebahagiaan”. Peserta diharuskan mengunggah foto mereka di Instagram dengan format yang sudah ditetapkan panitia dan wajib mencantumkan tagar #harisehatmental pada caption foto mereka. Terdapat 104 foto yang turut serta dalam lomba ini. Pemenang dipilih oleh panitia dengan kriteria tertentu dan diumumkan pada tanggal 10 Oktober 2015 bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Dunia. Akhirnya, foto dari akun instagram @akif_rizki terpilih sebagai pemenang Lomba Fotografi LM Psikologi UGM tahun 2015.

Berjuta rasa terimakasih kami bingkiskan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia. Semoga kita tidak pernah lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan mental. Ya, kesehatan yang sejati tak hanya kesehatan fisik namun juga kesehatan jiwa. Selamat hari Kesehatan Mental Sedunia. Salam berpijar untuk negeri!

%d bloggers like this: