“Jika perempuan memimpin dunia, kita tidak akan mengalami perang. Hanya negosiasi yang intens setiap 28 hari.”

Robin Williams

Masa-masa menjelang dan saat menstruasi sering menjadi masa yang menantang bagi banyak perempuan. Dihadapkan dengan rasa sakit (biasanya menjelang atau di awal menstruasi), sering membuat mood atau suasana hati perempuan menjadi suatu hal yang rapuh. Hal ini biasa dikenal dengan sebutan premenstrual syndrome (PMS). Terkadang situasi ini bisa menempatkan seorang perempuan menjadi seorang yang bahagia, namun terkadang bisa membuatnya menjadi sosok yang bahkan tak ingin disentuh oleh siapapun. Momentum ini tentu bukanlah masa yang mudah bagi perempuan yang sedang mengalami PMS maupun orang-orang yang berhadapan dengannya. Tidak ada yang mudah saat Anda bahkan tidak kuasa mengontrol diri Anda sendiri, bukan?

Namun tentunya masa-masa seperti ini haruslah dilewati dengan baik. Mau tidak mau, setiap bulan, beberapa hari Anda tercuri oleh situasi seperti ini. Akan tetapi dengan banyaknya aktivitas, tentu Anda tidak bisa hanya berdiam diri menahan sakit, atau membiarkan emosi Anda meluap tanpa kontrol. Berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda di masa-masa menjelang atau masa awal menstruasi:

  1. Perbanyak makan buah dan sayur. Kurangi makanan manis dan asin.

Tubuh akan terasa lebih nyaman ketika makanan yang dikonsumsi adalah makanan makanan sehat. Perbanyak makan buah dan sayur untuk memperlancar metabolisme tubuh. Kurangi makanan manis dan asin untuk mencegah penumpukan cairan berlebih dalam tubuh dan naik turunnya mood. Kadar gula berlebih dalam darah bisa menjadi pemicu mood yang tidak terkontrol.

  1. Batasi konsumsi kafein

Kafein memang bisa membuat Anda menjadi lebih bersemangat. Tapi sebagaimana kafein bisa menaikkan mood Anda dalam sekejap, demikian pula pengaruhnya dalam menurunkan mood. Kafein berpotensi membuat Anda lebih mudah merasa cemas. Sebaiknya perbanyak konsumsi teh herbal. Teh herbal disarankan. Teh biasa memiliki kadar kafein yang tinggi. Teh herbal, seperti teh chamomile, terbukti bebas kafein dan memiliki efek menenangkan.

  1. Konsumsi suplemen

Suplemen yang mengandung vitamin, kalsium, dan omega 3 bisa memberikan manfaat besar bagi Anda di masa pramenstruasi. Dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung hal-hal diatas, biasa membuat tingkat sensitivitas mood Anda berkurang. Selain itu, suplemen-suplemen ini juga bisa mengurangi rasa sakit.

  1. Tetap aktif beraktivitas dan berolahraga

Jangan biarkan mood tidak beraturan dan rasa sakit di masa pramenstruasi menjadi penghalang Anda beraktivitas. Tetaplah aktif seperti biasanya. Aktivitas fisik dapat memperbaiki mood dan mengurangi perasaan depresi. Lakukan aktivitas yang membuat Anda bisa merasa lebih baik. Misalnya melakukan hobi atau menghabiskan waktu bersama teman. Selain itu, biasakan melakukan olahraga ringan setiap hari secara rutin meskipun Anda tidak sedang menstruasi. Jalan santai, jogging, dan bersepeda adalah aktivitas ringan yang bisa Anda lakukan paling tidak 30 menit dalam sehari. Rutin melakukan olah raga ringan setiap hari dapat mengurangi efek tidak menyenangkan di masa pramenstruasi.

  1. Perhatikan gejala yang Anda rasakan setiap bulan

Bila perlu catat apa saja hal yang membuat mood Anda terganggu di masa pramenstruasi. Setelah anda dalam kondisi yang lebih tenang, coba tanyakan pada diri Anda sendiri apa yang menyebabkan pergolakan emosi dan tindakan yang Anda ambil. Jika Anda merasa telah menyakiti orang lain karena naik turunnya mood di masa pramenstruasi ini, coba bicara dengan orang itu. Minta maaf, lalu ceritakan masalah Anda dan alasan Anda bersikap seperti yang telah Anda lakukan. Dengan cara seperti ini, Anda bisa lebih mengenal diri Anda sendiri dan bisa mencegah situasi yang sama untuk terjadi di bulan berikutnya.

Semoga beberapa tips di atas bisa membuat Anda lebih nyaman meskipun berada di masa-masa pramenstruasi. Tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk membenci masa-masa pramenstruasi. Pada akhirnya, Anda juga harus menghadapi mestruasi setiap bulannya, bukan? Lakukan hal-hal yang bisa mencegah kemungkinan situasi buruk dapat terjadi di masa-masa ini. Jangan lupa untuk berusaha menikmati hal-hal yang Anda rasakan. Tubuh perempuan memang diciptakan untuk mengalami banyak hal dari mulai  yang sederhana seperti menstruasi hingga sakitnya melahirkan. Tapi bukankah hal ini kemudian menjadi bukti bahwa tubuh perempuan juga tidak kalah kuat dengan laki-laki?


Sumber Data Tulisan

Tulisan dirangkum dari berbagai sumber berikut:

  1. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/premenstrual-syndrome/basics/lifestyle-home-remedies/con-20020003
  2. http://www.everydayhealth.com/pms-photos/10-healthy-ways-to-manage-pms.aspx#03
  3. http://www.joybauer.com/photo-gallery/6-tips-for-managing-pms.aspx
  4. http://www.pmscomfort.com/pms-pmdd-symptoms/pms-pmdd-mood-swings.aspx
  5. http://www.womenshealthmag.com/health/natural-pms-cures
  6. http://www.cycleharmony.com/remedies/pms-pmdd-moods/5-surtips-to-control-pms-mood-swings
  7. http://singlemindedwomen.com/womens-health/pms-premenstrual-syndrome-tip/

Image Featured Credit: thefitindian.com

Total
70
Shares
%d bloggers like this: