“Kepemimpinan bukan bagaimana kita mengatur orang lain mengikuti kita, namun bagaimana kita mengatur diri agar diikuti orang lain.”

Nanang Qosim Yusuf

Apa Itu Pemimpin?

Dalam kehidupan bersosialisasi, berorganisasi, bahkan dalam kehidupan sehari-hari dibutuhkan seorang pemimpin, baik bagi orang di sekitar atau hanya untuk memimpin diri sendiri. Kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam semua aspek kehidupan. Banyak orang yang mengartikan pemimpin adalah orang yang berkuasa terhadap orang lain, padahal maknanya jauh lebih luas dari itu. Lalu apa itu kepemimpinan dan bagaimana seorang dikatakan sebagai pemimpin dalam perspektif psikologi?

Kepemimpinan adalah kemampuan dan proses yang digunakan untuk mempengaruhi orang lain sehingga dapat mencapai tujuan tertentu. Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik tidak hanya dilihat dari seberapa banyak orang lain mengikuti perintah yang diberikan dan seberapa besar hasil yang didapatkan. Seorang pemimpin juga harus dapat menunjukan perhatian kepada orang lain, dapat berkomunikasi dengan santun, dan menunjukan pengertian dan rasa hormat kepada oranglain.

Tipe-Tipe Gaya Kepemimpinan

Dalam memimpin, tentu setiap orang berbeda-beda dalam pelaksanaannya. Bagaimana cara seseorang memimpin tidak terlepas dari ciri khas dan kepribadian orang tersebut. Secara umum, tipe-tipe pemimpin yang sering dijumpai yaitu:

  1. Pemimpin yang otoriter, adalah dimana pemimpin tersebut mengambil keputusan dan kebijakan berdasarkan keinginannya sendiri secara penuh.
  2. Pemimpin yang demokratis, dimana dalam mengambil keputusan melibatkan berbagai pihak, dan memberi kebebasan pada semua orang untuk menyumbangkan ide dalam pembuatakn kebijakan.
  3. Gaya kepemimpinan bebas, yaitu dalam kepemimpinannya pemimpin hanya terlibat sedikit dan memberikan kebebasan secara aktif kepada orang orang di sekitarnya dalam menentukan tujuan dan membuat keputusan.

Fungsi seorang pemimpin

Seorang pemimpin dibutuhkan untuk mengarahkan, membina, mengatur dan menunjukan orang-orang yang dipimpin merasa senang dan sejalan dengan tujuan yang dimaksud oleh pemimpin itu sendiri.  Lalu, apa yang dibutuhkan agar dapat menjadi seorang pemimpin yang baik? Tentu saja banyak hal yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang pemimpin di antaranya adalah keberanian dari dalam diri untuk bertindak, senantiasa membangun hubungan yang baik dengan orang lain, mempunyai pandangan dan pemikiran yang luas dan berlapang dada, dan hal lainnya yang sangat penting adalah kepercayaan terhadap orang lain.

Untuk menjadi seseorang yang dapat memimpin tentu merupakan proses yang panjang dan membutuhkan pembelajaran terus menerus, hingga akhirnya kita dapat memipin diri sedniri bahkan orang lain.


Sumber Data Tulisan

Sumber tulisan (Buku) : Suryana,. Kartib. (2015). Kewirausahaan : Pendekatan Wirausaha Sukses. Jakarta : Prenamedia Group

Featured Image Credit: www.envisionexperience.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

%d bloggers like this: