Raih Kesehatan Mental di Tempat Kerja dengan Cara Berikut!

Tahukah Anda bahwa kesehatan mental diperlukan saat bekerja? Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya kesehatan mental juga sangat dibutuhkan di tempat kerja. Kesehatan mental di tempat kerja bisa menunjang produktivitas seorang karyawan. Pada akhirnya, produktivitas karyawan juga akan berpengaruh pada produktivitas sebuah perusahaan.

Kesehatan mental sebenarnya hal yang harus disediakan oleh perusahaan. Akan tetapi, tidak ada salahnya dari diri Anda sendiri untuk mengusahakan hal itu. Kira-kira seperti apa sih kegiatan atau peraturan yang bisa menunjang kesehatan mental di tempat kerja? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Pergi Bersama Rekan Kerja

Siapa di antara Anda yang tidak senang jika keluar kantor? Apalagi jika tujuan keluarnya untuk refreshing. Tidak ada salahnya jika Anda bersama teman satu tim mengagendakan acara untuk hal tersebut.

Tidak harus setiap pekan, refreshing dilakukan sebulan sekali pun sudah cukup. Lebih diutamakan jika refreshing dilakukan di suasana alam terbuka. Kegiatan refreshing bisa dalam bentuk pergi ke pantai bersama, berkemah, atau sekadar menginap di daerah pegunungan.

Sesi Bicara Bebas

Selain sesi khusus yang membahas tentang target tempat kerja Anda, sesi yang berisi obrolan ringan juga perlu dilakukan. Obrolan ringan yang dimaksud pada poin ini adalah membahas tentang keluhan-keluhan Anda terkait pekerjaan bersama rekan kerja. Bisa tentang beban kerja, hambatan, atau rasa penat yang dirasakan. Akan lebih bermanfaat lagi jika obrolan yang dilakukan sampai menemukan sebuah solusi.

Namun demikian, jangan pernah lakukan hal ini ketika jam kantor berlangsung, ya! Yang ada, Anda akan mendapat teguran dari atasan. Anda bisa melakukannya di luar jam kantor seperti saat pulang kerja, makan siang, atau waktu akhir pekan.

Adanya Tempat Khusus

Beberapa perusahaan yang sudah menerapkan pengadaan tempat khusus adalah Google, Start Up di bidang game, dan lain sebagainya. Tempat ini biasanya diadakan untuk karyawan yang ingin refreshing ketika jam istirahat. Selain itu, biasanya tempat khusus yang dimaksud identik dengan tempat yang memiliki desain unik.

Pulang Tepat Waktu

Mungkin untuk sebagian karyawan, kerja lembur adalah hal yang biasa. Akan tetapi, tidak ada salahnya bertekad untuk memilih satu hari yang membuat Anda bisa pulang ke rumah tepat waktu. Memilih pulang tepat waktu pada hari Rabu mungkin menjadi ide yang tepat. Dalam sepekan, Rabu merupakan hari yang berada di tengah-tengah. Berada di antara 2 hari (Senin, Selasa) yang memiliki tekanan kerja yang tinggi dan 2 hari (Kamis, Jum’at) dengan tekanan kerja yang mulai menurun.

Perhatikan Jam Lembur

Meskipun namanya lembur, tetap harus memiliki batasannya. Jangan sampai jam lembur menyusahkan Anda. Biasanya tiap perusahaan atau kantor sudah memiliki batasan jam lemburnya masing-masing. Sisanya adalah tugas Anda untuk tidak memforsir tenaga hanya untuk jam lembur.

Kemampuan manajemen waktu sangat Anda butuhkan saat menjalankan waktu-waktu lembur. Bagaimanapun juga, Anda yang paling memahami batas kemampuan kerja Anda. Jangan sampai jam lembur membuat Anda jatuh sakit apalagi sampai stres.

Nah, semoga pembahasan di atas dapat membantu Anda dalam mewujudkan kesehatan mental di tempat kerja. Minimal hal tersebut bisa mulai diterapkan pada diri Anda sendiri. Syukur-syukur Anda bisa mengajak orang lain untuk mewujudkan kesehatan mental di tempat kerja bersama Anda. Melakukan hal-hal kecil di tempat kerja dapat membantu Anda menemukan kebahagiaan di sana.

Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia!

Total
9
Shares
%d bloggers like this: