Saat ‘Pergi ke Psikolog’ Bukan Menjadi Hal yang Aneh Lagi

“Keberanian tidak datang saat kamu mempunyai semua jawabannya. Keberanian datang ketika kamu siap untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang selama ini kamu hindari sepanjang hidupmu.” (Shannon L. Alder)

Terkadang kita tidak sadar kalau sebenarnya kita sedang membutuhkan bantuan psikolog untuk menyelesaikan permasalahan kita atau bahkan kita tidak tahu bahwa sebenarnya kita sedang ‘bermasalah’. Namun seperti kata pepatah, tubuh tidak bisa berbohong dan mereka mengirimkan sinyal pertolongan melalui berbagai macam tanda-tanda.

  1. Merasakan emosi yang berlebihan
    Suka terus menerus hilang kendali, selalu tegang, dan tersiksa dengan emosi yang dialami. Jika Anda mengalaminya apalagi sampai membuat Anda tidak nyaman dengan diri sendiri, mungkin itu menandakan emosi Anda sedang tidak stabil dan sudah di luar kendali anda.
  2. Tanpa ada alasan yang jelas, Anda suka merasa sakit
    Entah itu pusing, kedutan, atau gatal, kita tidak mempunyai alasan yang jelas mengapa bisa mengalami hal tersebut. Jika sebelumnya kita merasa aktif dan energik lalu akhir-akhir ini kita merasa lesu, sering tidak fokus dan tidak bergairah, bisa jadi ada sesuatu yang sedang mengganggu pikiran kita. Sebaiknya jangan ditunda sampai berlarut-larut dan coba diskusikan dengan psikolog untuk mencari jalan keluarnya.
  3. Anda tidak lagi menikmati atau melakukan hal yang Anda sukai
    Sebelumnya Anda suka bernyanyi dan menonton film namun kemudian akhir-akhir ini Anda merasa tidak tertarik untuk melakukannya. Hal ini bukan karena menemukan ketertarikan yang lain, justru malah karena sering merenung, berdiam diri, dan tidak bergairah untuk melakukan banyak hal. Mungkin itu menjadi salah satu pertanda Anda membutuhkan pertolongan dari psikolog.
  4. Secara emosional Anda semakin merasa kesepian dan terasing dari lingkungan sosial
    Hal ini mungkin terjadi khususnya jika Anda pernah mengalami trauma tertentu yang tidak bisa lepas dari ingatan Anda. Jika masalah tersebut mulai menjadi beban, tidak ada salahnya mendapatkan intervensi dari psikolog melalui terapi.

Setiap orang mempunyai permasalahannya masing-masing, entah itu masalah keuangan, kepribadian, sampai masalah keluarga. Permasalahan tersebut sering kali membuat stres dan ingin berbagi cerita dengan teman, sahabat, pacar, atau orang tua. Namun, tidak semua mempunyai kebijaksanaan dan pengetahuan untuk mendengar dan menanggapi permasalahan Anda.

Ada saatnya Anda membutuhkan seseorang yang bisa menangani secara profesional apalagi jika Anda mengalami beberapa tanda-tanda di atas. Tapi jangan berburuk sangka dulu ya, berkonsultasi dengan psikolog bukan berarti Anda ‘gila’ atau mempunyai gangguan mental lho! Mungkin penjelasan di bawah bisa membuka pandangan Anda bahwa pergi ke psikolog itu bukanlah hal yang menakutkan.

  1. Menurut salah satu penelitian psikologi, pada tahun 2001 ditemukan bahwa orang merasa terbantu dan jauh lebih baik setelah berkunjung ke psikolog untuk 7-10 pertemuan. Kemudian pada tahun 2006, salah satu jurnal psikologi klinis menyatakan bahwa 88% orang yang berkonsultasi ke psikolog mengalami perbaikan kondisi mental dengan satu kali sesi pertemuan.
  2. Anda berpikir bahwa orang yang datang ke psikolog adalah orang yang ‘sakit’, atau depresi berat sampai ingin bunuh diri. Padahal tidak selamanya orang yang pergi ke psikolog mempunyai gangguan jiwa atau masalah yang sampai membahayakan nyawa.
  3. Apakah orang yang datang ke psikolog adalah orang yang lemah? Jawabannya adalah tidak sama sekali. Setiap orang mempunyai masalahnya masing-masing dan memiliki pengetahuan yang berbeda-beda untuk menyelesaikan masalah mereka. Tidak ada salahnya jika Anda memilih bantuan psikolog agar masalah Anda bisa terasa lebih ringan, sehingga Anda bisa menikmati hidup dengan nyaman.

Nah, tidak ada yang salah kan jika Anda pergi ke psikolog? Sebagian orang melakukannya untuk suatu tujuan yang baik. Setidaknya masyarakat harus mulai menghapus berbagai pandangan negatif tentang seseorang yang pergi ke psikolog. Kita harus mengerti bahwa setiap orang diberikan permasalahan yang berbeda-beda dan sudah tugas kita untuk menghargai mereka yang berusaha untuk menjalani hidup seperti orang lain.





Referensi:
1Judul: 6 Tanda anda butuh terapi psikologi
Sumber: http://health.liputan6.com/read/2292188/6-tanda-anda-butuh-terapi-psikologi
Penulis/Tanggal: Website Liputan 6/12 Agustus 2015
2Judul: Kapan saatnya kita butuh ke psikolog ya?
https://anindyajati.wordpress.com/2016/04/18/kapan-saatnya-kita-butuh-ke-psikolog-ya/
Penulis/Tanggal: Anindya Jati Andri, M.Psi./18 April 2016
3Judul: Jangan Takut Pergi ke Psikolog. Tak Ada Salahnya Bertemu Ahli Jika Kamu Mengalami 8 Tanda Ini
http://www.hipwee.com/tips/jangan-takut-sama-terapi-tak-ada-salahnya-bertemu-psikolog-jika-kamu-mengalami-8-tanda-ini/
Penulis/Tanggal: Bella Zoditama/15 Oktober 2015
4Judul: 7 Hal ini hanya dimengerti kamu yang pernah ke psikiater
http://www.bintang.com/lifestyle/read/2346802/7-hal-ini-hanya-dimengerti-kamu-yang-pernah-ke-psikiater
Penulis/Tanggal: Karla Farhana/22 Oktober 2015

Sumber foto:
http://stigmafreezone.com/wp-content/uploads/2015/11/12011120_767422546719015_1103357492578514774_n.jpg

%d bloggers like this: