Saya Kecanduan Internet! Bagaimana Ini?

“ Teknologi adalah pembantu yang baik namun majikan yang buruk. “

– Gretchen Rubi

Setelah Anda membaca ciri-ciri kecanduan internet di artikel sebelumnya, mungkin Anda kaget akan kenyataan bahwa Anda adalah seorang pecandu internet. Padahal selama ini Anda merasa tidak ada yang salah dengan kebiasaan ber-internet Anda.  Lebih parah lagi, Anda tidak menyadarinya karena  teman-teman di sekeliling Anda juga mengalami hal yang sama!

Layaknya sebuah ‘kecanduan’ pada umumnya, tentu sangat sulit rasanya untuk lepas dari serunya dunia maya. Apalagi efek negatif dari kecanduan internet cenderung tidak kita rasakan secara langsung, melainkan perlahan-lahan mendominasi rutinitas pribadi. Tak usah panik akan status ‘pecandu’ yang Anda miliki. Jika Anda ingin memulai untuk terbebas dari kebiasaan ber-internet Anda, inilah saat yang tepat untuk mencoba cara-cara berikut:

  • Teknik “Melakukan yang Sebaliknya”

Jam berapa Anda mulai menggunakan internet? Dimana anda biasanya menggunakan gadget/komputer? Yuk, coba melakukan kebiasaan Anda dengan cara yang berbeda! Jika misalnya Anda terbiasa bangun tidur langsung mengecek sosial media anda lalu mandi, coba ubah kebiasaan anda menjadi mandi dulu lalu mengecek sosial media. Tampak sederhana, ya? Tapi, teknik ini ternyata bermanfaat untuk mengganggu rutinitas normal kita dan mengulang kembali adaptasi terhadap pola waktu Anda1. Secara tidak sadar Anda akan mengurangi kebiasaan ber-internet ria karena tubuh Anda terfokus untuk membangun sebuah rutinitas yang baru.

  • Uninstall satu aplikasi saja!

Salah satu hal utama yang menjadi pemicu kecanduan internet adalah aplikasinya1. Sebut saja aplikasi chat messenger, games interaktif, sosial media, dan lain-lain. Tentu saja Anda menikmati lebih dari satu aplikasi dalam gadget Anda, bukan? Kalau begitu, sudah saatnya Anda mundur dari salah satu aplikasi yang Anda gunakan sehari-hari. Misalnya, Anda terbiasa menggunakan aplikasi Instagram dan Path. Anda bisa menantang diri Anda sendiri untuk menghapus salah satu aplikasi tersebut. Anda akan merasa tidak rela pada awalnya, namun langkah kecil ini mampu mengurangi waktu yang Anda habiskan dengan internet sehingga kecanduan pun berkurang.

  • Yuk, kembali ke hobi yang lama!

Di masa sekolah dulu, Anda sering iseng menggambar di kertas dan teman-teman selalu memuji karya seni Anda. Atau dulu Anda sangat senang merajut? Jika Anda merasa hobi-hobi menyenangkan itu sudah jarang dilakukan, kemungkinan besar itu karena waktu Anda sudah habis di dunia maya. Sekarang saatnya Anda melakukan lagi kegiatan-kegiatan yang dulu sangat menarik bagi Anda, seperti membaca buku fisik, melukis, memancing, pergi ke kebun binatang, dan lain-lain. Matikan koneksi internet Anda sebentar dan habiskanlah waktu dengan hobi lawas tersebut. Anda akan merasakan betapa kehilangannya Anda akan momen-momen seru untuk diri Anda sendiri selama ini. Mulailah dari seminggu sekali menghabiskan waktu di luar dan terlepas dari internet. Saat Anda mulai menikmati waktu-waktu tanpa internet, Anda dapat bebas dari belenggu internet dengan mudah.

  • Gunakan penghenti eksternal

Kecanduan internet membuat Anda merasa sangat sulit untuk berhenti menggunakannya. Itu sebabnya Anda bisa berselancar di internet tanpa mengingat waktu. Jika membatasi waktu penggunaan internet terasa sangat sulit, lakukan dengan membuat peringatan eksternal seperti alarm atau timer. Anda juga bisa minta diingatkan oleh teman Anda untuk segera berhenti menggunakan internet dan mulai melakukan aktivitas lain. Cara unik lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi pembatas penggunaan internet yang dapat diunduh di gadget/komputer Anda. Misalnya pada gadget dengan sistem operasi Android, Anda dapat mengunduh aplikasi ‘Forest: Stay Focused’, ‘AppBlock’, dan lain-lain. Tentu saja penggunaan internet melalui gadget akan sangat terbatas jika gadget itu sendiri yang membatasi Anda

  • Sulit melakukan empat teknik di atas? Jadikan kecanduanmu bermanfaat!

Apabila Anda sudah berusaha melakukan empat langkah di atas, namun masih sulit mengontrol diri, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membelokkan arah kecanduan Anda menjadi sesuatu yang bermanfaat. Jadikan internet sebagai sarana untuk belajar dan berinovasi. Ikuti akun-akun yang memotivasi maupun yang membagi ilmu-ilmu pengetahuan menarik di sosial media Anda. Unggah hasil-hasil karya Anda di internet. Internet juga adalah lahan yang sangat potensial sebagai sarana berbisnis. Sudah bukan jamannya lagi menjadikan internet sebagai penghibur belaka. Yang terpenting adalah bukan apa yang sudah Anda dapatkan di internet, namun, apakah yang sudah Anda hasilkan dengan internet?

Selamat mencoba!


Sumber data tulisan (sertaan daftar pustaka atau footnote)

Penanganan kecanduan internet disadur dari “Internet Addiction: Symptoms, Evaluation, And Treatment” oleh Dr. Kimberly S. Young

By: Faroh Nur Alfani

Image Featured Credit: http://www.businessinsider.com/sc/increased-mobile-internet-use-2014-6?IR=T&r=US&IR=T

Faroh Alfani

Mahasiswa teknik pembelajar psikologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: