Sayangi Lansia di Sekitar Anda

Menjadi tua adalah mutlak, semua orang pasti akan mengalaminya. Orang tua kita pun tidak akan selamanya muda. Seiring berjalannya waktu, mereka akan memiliki kulit yang keriput. Perlahan, perkembangan fisik mereka juga mulai menurun, bahkan sampai bertingkah seperti anak kecil.

Merawat orang tua merupakan hal yang tidak mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam mendampingi orang lanjut usia. Apakah Anda sudah mengetahuinya? Mari kita simak ulasannya.

Kembali Seperti Anak Kecil

Tumbuh kembang manusia, pada dasarnya berbentuk seperti kurva. Lahir sebagai manusia berwujud bayi yang tidak berdaya, lalu menua dengan kondisi tidak berdaya pula. Kondisi tidak berdaya meliputi kondisi fisik maupun mental. Semakin tua seseorang, semakin menurun pula perkembangan mentalnya. Hal tersebut menyebabkan lansia berperilaku seperti anak kecil.

Secara fisik, banyak hal yang mulai tidak bisa dilakukan. Untuk pergi ke kamar mandi saja sudah tidak sanggup. Sedangkan secara mental, mereka jadi sering merajuk bahkan meminta sesuatu yang harus dipenuhi.

Lansia di Sekitar Kita

Mungkin maksud Anda baik, menyewa perawat khusus untuk merawat orang tua. Akan tetapi, tetap saja Anda harus meluangkan waktu untuk mereka. Ada kemungkinan jika perilaku merajuk mereka adalah sebuah usaha untuk mencari perhatian.

Lagi-lagi, ini masalah kualitas bukan kuantitas. Sesuatu yang singkat tetapi bermakna bagi orang tua Anda, sudah lebih dari cukup. Apalagi jika waktu Anda bersama mereka lebih lama dan bermakna, itu jauh lebih baik. Kegiatan menemani orang lanjut usia bisa dengan berbagai cara. Bisa dengan berkegiatan yang berhubungan dengan hobi atau sekadar mendengarkan mereka bercerita.

Perlu Anda ketahui, orang lanjut usia juga mengalami yang namanya kekosongan. Salah satu penyebab orang lanjut usia mengalami kekosongan karena ditinggalkan oleh seluruh anak-anaknya. Ditinggal dalam artian, sudah menikah dan memiliki keluarga sendiri.

Butuh Kesabaran

Mendampingi orang lanjut usia tidak bisa disamakan dengan mendampingi anak-anak. Ketika mereka membuat kesal, kita tidak dianjurkan memarahi apalagi sampai menyakiti. Oleh karena itu, butuh rasa sabar yang berlebih.

Jadikan kegiatan mendampingi mereka sebagai bentuk balas budi. Walaupun kita tahu bahwa segala usaha yang kita lakukan terhadap orang tua, tidak akan pernah bisa membalas seluruh kebaikan mereka.

Saat ini, kita bisa berada di sini berkat usaha dan pengorbanan mereka. Sudah sepantasnya, kini menjadi giliran kita untuk mendampingi mereka dengan kasih sayang. Sayangi orang lanjut usia di sekitar Anda. Sampaikan salam kami untuk mereka. Semoga selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan. Selamat memperingati hari lanjut usia!

%d bloggers like this: