Seberapa Kenal Anda dengan Fenomena Kecanduan Internet?

Internet : Tentang Komunikasi dan Isolasi.

-Paul Carvel-

Di zaman serba instan dan modern seperti saat ini, internet bukan lagi hal yang asing bagi kita. Pastinya Anda pun merupakan salah satu pengguna internet yang mencapai sekitar 82 juta pengguna, dengan pencapaian tersebut Indonesia berada di peringkat ke-8 pengguna internet di dunia1. Apa saja yang Anda lakukan dengan internet? Dari penggunan internet paling sederhana seperti mencari arti dari sebuah kata di mesin pencarian seperti Google hingga penggunaan internet paling rumit sekalipun mungkin pernah Anda lakukan. Pertanyaan selanjutnya, seberapa sering Anda menggunakan internet? Apakah perilaku Anda dalam menggunakan internet tergolong dalam Internet Addiction? Mari kita pelajari lebih lanjut!

Internet Addiction atau kita bisa sederhanakan menjadi kecanduan atau ketagihan internet adalah tidak terkontrolnya dan berlebihan dalam menggunakan internet2. Sumber lain menyebutkan perilaku kecanduan internet adalah perilaku yang memiliki efek negatif terhadap fungsi keseharian seseorang, hubungan kekeluargaan dan keseimbangan psikologis3. Jadi jika Anda menggunakan internet sampai tidak makan, tidak mandi, memiliki komunikasi yang buruk terhadap keluarga, ada kemungkinan Anda memiliki ciri-ciri perilaku kecanduan internet.

Perilaku Kecanduan Internet, Ciri-cirinya?

“Ya ampun, Putra! Kamu udah 5 jam loh di depan netbook gitu. Ngapain aja sih?’’

“Nyari bahan buat ngerjain tugas kok ini. Dari tadi nggak nemu yang pas.’’

“Tapi kan nggak perlu sampe 5 jam juga di depan netbooknya. Terus hp yang di tanganmu sama tab yang ada di atas kasur buat apa?’’

“Ngecek chat yang ada di grup whatsapp, siapa tau ada yang penting. Klo tabnya buat nyari bahan buat ngerjain tugas juga. Biar cepet dapetnya dan banyak’’

“Pantesan dari tadi nggak nemu bahan yang pas buat ngerjain tugas, orang kamu nggak fokus gitu. Netbook nyala. Hp juga aktif. Tab juga tuh nyala. Jangan-jangan kamu kena internet addiction ya?!’’

Nah loh! Menurut kasus di atas apakah perilaku Putra termasuk yang kecanduan internet atau bukan? Untuk membuktikannya Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini. Jika 5 atau lebih pertanyaan di bawah ini memiliki jawaban ‘ya’ maka Putra atau bahkan Anda sendiri memiliki perilaku kecanduan internet4.

  1. Apakah Anda merasa asyik dengan internet (Pikirkan tentang aktivitas online sebelumnya atau berkenaan dengan aktivitas online yang akan Anda lakukan)?
  2. Apakah Anda merasa ingin menambah penggunaan waktu internet untuk mencapai kepuasan?
  3. Apakah Anda mempunyai pengalaman kegagalan dalam usaha mengontrol, atau berhenti menggunakan internet?
  4. Apakah Anda merasa gelisah, murung, depresi atau mudah marah ketika mencoba untuk berhenti menggunakan internet?
  5. Apakah Anda selalu menggunakan internet lebih lama dari rencana awal Anda dalam menggunakan internet?
  6. Apakah Anda pernah membahayakan atau mengambil resiko kehilangan suatu hubungan, pekerjaan, pendidikan atau kesempatan karir karena internet?
  7. Apakah Anda pernah berbohong kepada anggota keluarga, terapis atau orang lain hanya untuk menyembunyikan kebiasaan Anda menggunakan internet yang lama?
  8. Apakah Anda menggunakan internet untuk pelarian dari masalah Anda?

 Lalu, Hasilnya?

Apakah Anda memiliki 5 atau lebih jawaban ‘ya’ berdasarkan pertanyaan di atas? Tunggu dulu, jangan menyimpulkan terlebih dahulu bahwa Anda memiliki perilaku kecanduan internet. Anda bisa ingat dan cek kembali sudah berapa lama ciri-ciri itu muncul? Jika kurang dari 6 bulan, Anda masih bisa menganggapnya sebagai tanda bahwa Anda harus segera merubah perilaku Anda dalam menggunakan internet agar tidak menjadi perilaku kecanduan internet. Jika ternyata ciri-ciri itu sudah terjadi lebih dari 6 bulan maka, Anda bisa mulai memikirkan bagaimana caranya agar tidak memiliki perilaku kecanduan internet5.


Sumber Data Tulisan

1https://kominfo.go.id/content/detail/3980/kemkominfo-pengguna-internet-di-indonesia-capai-82-juta/0/berita_satker

2 Selanjutnya dapat dibaca pada jurnal Examination of Correlation Between Internet Addiction and Social Phobia in Adolescents oleh Emriye Hilal Yayan, dkk.

3 Selanjutnya dapat dibaca pada jurnal dengan judul Relationship of Internet Addiciton Severity with Depression, Anxiety and Alexithymia, Temperament and Character in University Students oleh Ercan Dalbudak, MD, dkk

4, 5 Selanjutnya dapat dibaca pada jurnal dengan judul Internet Addiction oleh Kimberly S. Young

By: Dzikria Afifah Primala Wijaya

Featured Image Credit: pathwaysplettrehab.co.za

 

Dzikria Afifah Primala Wijaya

Mahasiswi Psikologi Penyuka segala tentang Greentea^^

One thought on “Seberapa Kenal Anda dengan Fenomena Kecanduan Internet?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: