“Peduli pada pikiran sama penting dan krusialnya dengan peduli pada tubuh. Nyatanya, seseorang dalam kondisi tidak sehat jika salah satunya bermasalah.”

-Sid Garzza-Hillman

Baik buruknya kualitas kehidupan kita ternyata sangat dipengaruhi oleh kondisi psikis (mental). Ternyata konsep sehat tidak bisa hanya diukur dari kondisi fisik saja.

Sebelumnya, apa sih kesehatan mental itu? Apakah selalu tentang abnormalitas dan kelainan?. Ternyata tidak juga loh! meskipun hal tersebut jelas berhubungan dengan kesehatan mental tetapi tidak melulu tentang kelainan seperti itu.  Kesehatan mental adalah keadaan dimana individu  merasa sejahtera.

Mental yang sehat ditandai dengan kemampuan kita untuk mengetahui potensi dan memkasimalkan potensi tersebut, kemampuan kita untuk bekerja secara produktif, juga bagaimana kita bisa mengendalikan perasaan dan pikiran kita. Pikiran merupakan salah satu kekuatan yang paling menakajubkan yang dianugerahkan Tuhan kepada kita, dengan kekuatan pikiran kita bisa merasakan kebahagiaan, bahkan dengan kekuatan pikiran kita bisa menentukan kuliatas hidup kita.

Lalu, bagaimana sih konsep sehat itu sendiri?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan sehat adalah keadaan sejahtera meliputi  fisik, mental, serta sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan” Konsep sehat itu sendiri ada beberapa dimensi,seperti :

Dimensi Emosional

Emosional adalah kondisi perasaan kita seperti perasaan takut, gelisah, marah sedih ataupun senang, orang yang sehat terlihat dari caranya mengontrol dan mengendalikan emosinya.

Dimensi Intelektual

Seseorang dikatakan sehat secara intelektual jika dapat memecahkan masalahnya dengan pikiran yang tenang.

Dimensi Fisik

Nah, mungkin dimensi kesehatan ini yang sering didefinisikan oleh kebanyakan orang ya! Seseorang dikatakan sehat apabila terlihat normal (tidak cacat), dan tidak mudah sakit. Kesehatan fisik adalah kesehatan yang berhubungan dengan kondisi tubuh secara kasat mata atau dapat diditeksi dengan menggunakan peralatan medis.

Pada umumnya bagi sebagain besar orang menganggap kesehatan fisik ditandai dengan tubuh yang ideal, mampu menjalani kegiagatan sehari-hari dengan normal, mendapatkan cukup asupan gizi dan sebagainya.

Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan kondisi tubuh yang sehat adalah melalui aktivitas fisik seperti berolah raga secara teratur, menjaga pola makan dan mempunyai waktu istirahat yang cukup.

Dimensi Sosial

Kita disebut sehat secara sosial bila kita dapat menjalankan peran dengan baik, dan dapat berinteraksi dengan orang lain secara sehat serta mudah bergaul.

Dimensi Spiritual

Merupakan kehidupan kerohanian, bagaimana hubungan kita kepada Tuhan sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Lalu bagaiamana hubungannya terhadap kesejahteraan (wellness)?

Kesehatan fisik dan mental memiliki pengaruh terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan, begitupun sebaliknya kebahagiaan juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Bahkan banyak penelitian yang mengatakan orang yang bahagia akan mempnyai umur yang lebih panjang dan resiko terserang penyakit yang lebih rendah.

Dan hubungannya dengan kesehatan mental adalah, saat kita sedang merasa stress contohnya akan berpengaruh terhadap kebahagiaan kita, dan kita menjadi lebih sensitif dan malas untuk melkukan sesuatu, bahkan hubungan kita dengan orang lain pun bisa terganggu.sehingga sudah pasti mempengaruhi kualitas hidup kita.

Hal tersebut menunjukan bahwa baik fisik maupun jiwa sangat berpengaruh satu sama lain. sehingga diharpakan mulai saat ini kita dapat lebih perduli terhadap kesehatan jiwa dan raga kita.  Karena bahagia itu kita yang menentukan!


Sumber data tulisan

  1. My Journal: Hubungan antara Kesehatan Mental dan Kecerdasan Spiritual
  2. com: Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental.
  3. Medicalnewstoday : What does Good Health Means?
  4. J. (2015). The RelationshipBetween Mental and Physical Health. Psych Central. Diakses pada 11 Juni 2016

Image Featured Credit: www.sundhedstegnet.dk

By: Heni Andini

Total
8
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*