Sehat Mental Itu Mudah

Seberapa seringkah kamu mendengar istilah kesehatan mental? Jika kamu termasuk yang sering mendengar istilah kesehatan mental, tahukah kamu apakah kesehatan mental itu?

Selama ini mungkin beberapa di antara kamu masih beranggapan bahwa orang yang mentalnya sehat adalah orang yang bahagia. Hal itu tidak sepenuhnya benar, namun juga tidak sepenuhnya salah.

Kesehatan mental adalah keadaan ketika seseorang mampu berhadapan dan berdamai dengan hal-hal yang tidak menyenangkan dalam hidupnya. Jadi, meskipun seseorang sudah dinyatakan sehat secara mental, bukan berarti tidak pernah sedih ataupun kecewa. Mereka tetap atau pernah mengalami sedih maupun emosi negatif, mereka mampu mengelola emosi negatif dengan cerdas.

Sehat Mental Itu Mudah

Selama ini, orang-orang masih hanya berfokus pada kesehatan fisik. Padahal, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental sama pentingnya, mereka adalah dua hal yang saling memengaruhi. Mereka yang tidak sehat secara fisik, belum tentu tidak sehat secara mental, begitu pula sebaliknya.

Susah dong mau tetep bahagia, padahal lagi sedih? Mudah kok! Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk sehat mental adalah dengan menerima yang kamu rasa dengan jujur. Menerima bahwa kamu memang sedang patah hati atau menerima bahwa kamu memang sedang jatuh cinta dengan seseorang.

Terima apapun perasaan yang sedang dirasa dengan jujur. Tidak perlu dibantah, bahkan ditutup-tutupi. Menerima apa yang kamu rasa dengan jujur, bisa dengan menceritakannya kepada orang lain atau sedikit memberi hadiah kecil kepada diri sendiri.

Berceritalah

Bagaimana jika bentuk menerima apa yang dirasa, diungkapkan melalui media sosial? Boleh saja, asal jangan berlebihan, apalagi sampai mengganggu orang lain. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa di media sosial tidak hanya ada kita sebagai pemiliki akun. Akan tetapi, juga ada pengguna akun lain yang berada di media sosial yang sama.

Daripada mengungkapkannya di media sosial, kamu bisa berbagi cerita dengan orang yang kamu percaya tentang apa yang yang kamu rasa. Tujuannya, agar dirimu lebih punya kesempatan untuk bertukar pikiran dan mendapat feedback secara langsung. Dengan berbagi cerita, dapat membantumu agar tidak terlalu sibuk dengan pikiranmu sendiri.

Bagaimana? Apakah pembahasan di atas membantumu dalam memahami kesehatan mental? Untuk memiliki sehat mental itu mudah kok. Bukan yang selalu dan selamanya bahagia, tetapi sehat mental tentang mereka yang tetap bahagia meski terjadi hal tidak membahagiakan dalam hidupnya.

Ini bukan tentang bagaimana cara memberhentikan hujan agar bisa menari. Tetapi, ini tentang bagaimana kita tetap bisa menari walaupun hujan turun.

Total
45
Shares
%d bloggers like this: