Seven Something: Antara Cinta dan Internet

“Aku hanyalah satu dari sekian orang di internet. Tanpaku kamu akan baik-baik saja.”

-Milk

Judul Film: Seven Something

Pemain: Jirayu La Ongmanee, Sutatta Udomsilp, Sunny Suwanmethanon, Sirin Horwang, Nickhun Horvejkul, Suquan Bulakul, Panissara Phimpru

Rilis: 26 Juli 2012

Produksi: GTH

Durasi: 2 jam 26 menit

Sutradara: Jira Maligool, Adisorn Tresirikasem, Paween Purijitpanya

 

Dalam hidup kita, tidak jarang ada usia tertentu yang begitu berarti bagi kita. Baik saat anak-anak, remaja, atau dewasa. Entah karena ada kejadian yang lucu, mendapat juara, atau mungkin bertemu dengan seseorang yang spesial?

Seperti dalam Seven Something ini, yang mengisahkan tiga cerita dari tiga generasi yang berbeda. Salah satunya generasi usia 14 tahun. Berkisah tentang Puan (Jirayu La Ongmanee) dan Milk (Sutatta Udomsilp), sepasang kekasih masa kini yang selalu dilingkupi internet. Terlebih Puan. Ke manapun mereka pergi, Puan selalu update status di internet. Bahkan menanyakan hal-hal yang pribadi, termasuk tentang hubungannya dengan Milk.

Setiap kali Puan dan Milk pergi bersama, tangan Puan tidak perlu lepas menggenggam ponsel. Memvideo setiap hal yang dilakukan oleh Milk. Menjadikan Milk sebagai objek videonya. Ke manapun mereka pergi, tangan Puan tidak pernah lepas menggenggam ponselnya, memvideo apapun yang Milk lakukan. Selalu mengambil gambar setiap makanan dan minuman yang akan dimakan oleh Milk. Hingga tidak jarang Milk merasa kesal karenanya.

Beberapa video dan gambar yang Puan ambil pun sering dia unggah di jejaring sosialnya. Menunggu setiap menit, setiap jam untuk mengecek jumlah orang yang menyukai video dan gambar tersebut. Namun, Milk yang menjadi objek video itu justru marah dengan Puan karena merasa video itu adalah video privasi, bukan konsumsi publik. Hubungan mereka pun merenggang beberapa saat hingga akhirnya Milk sendiri yang menghubungi Puan melalui video call. Mereka saling mengakui kesalahan masing-masing, lalu Milk menyanyikan sebuah lagu sambil memetik ukulele untuk Puan. Seperti tidak belajar dari kesalahannya, Puan justru merekam aksi Milk tersebut dan mengunggahnya ke internet. Milk pun kembali marah, terlebih melihat komentar negatif yang tertera di post video tersebut dan meminta Puan untuk menghapusnya.

Film Seven Something ini menyuguhkan cerita yang khas, tentang remaja masa kini yang tidak dapat jauh dari internet. Mengunggah setiap momen, menulis sesuatu, bahkan yang bersifat pribadi sekalipun ke internet. Tanpa memikirkan dampak selanjutnya. Sekedar untuk berburu viewers, like, love, share, atau subscribe. Kebiasaan tidak dapat jauh dari internet pun oleh beberapa psikolog disebut sebagai adiksi internet. Hal ini didasarkan pada penggunaan internet yang tidak perlu dan berlebihan1, merasa dunia maya lebih menarik, serta mengalami gangguan dalam hubungan sosial2. Seperti pada hubungan Puan dan Milk yang beberapa kali merenggang karena Puan lebih sering berburu viewers dan likers video yang diunggahnya. Namun, pada dasarnya masa remaja merupakan masa pencarian identitas, mengekspresikan sesuatu yang menunjukkan eksistensi diri3. Salah satunya melalui seberapa banyak video atau gambar kita yang di-like dan di-view oleh para pengguna internet.   

 Adiksi atau tidak, baik atau buruk, kembali lagi bagaimana kita menggunakan internet tersebut. Layaknya pisau, jika di tangan koki akan menghasilkan makanan lezat, tetapi tidak jika di tangan penjahat. Jadi, gunakanlah internet untuk hal yang positif, seperlunya dan sewajarnya.


Sumber Data Tulisan (sertaan daftar pustaka atau footnote)

1Hapsari, Artani dan Ariana, Atika Dian. 2015. Hubungan antara Kesepian dan Kecenderungan Kecanduan Internet pada Remaja. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 4, 3, 164-171.

2Hasan Basri, A. Said. 2014. Kecenderungan Internet Addiction Disorder Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Ditinjau dari Religiusitas. Jurnal Dakwah 15, 2.

Batubara, JRL. 2010. Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatri, 12, 1, 21-29.

 By: Apriastiana Dian Fikroti

Image Featured Credit: http://www.khajochi.com/2012/07/seven-something-trivia.html

Apriastiana Dian Fikroti

Introvert, penyuka warna biru, ailurophilia, penikmat kata dan kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: