Hanya satu hembusan nafas, bisa mengubah hidup Anda.

Bagi Anda, apakah arti sehat? Apakah hanya sebatas fisik saja? Ada anggapan yang menyatakan ‘sehat itu mahal’. Nampaknya anggapan itu ada benarnya bila melihat dari sisi nilainya, tetapi kalau dari sisi materi? Tentu saja tidak.

Sehat adalah keadaan fisik lengkap, mental dan kesejahteraan sosial dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan fisik/mental1. Yoga merupakan olahraga yang berasal dari India ini memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Yoga dapat menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi stress2, memiliki keadaan mental yang positif dan meningkatkan kepuasan3.

Shanti Days 365 Days, Happy Breath adalah sebuah film yang mengenalkan kita lebih jauh manfaat yoga dalam kehidupan sehari-hari. Film ini mengisahkan seorang remaja berusia 21 tahun, Miku (Mugi Kadowaki) meninggalkan kampung halamannya di Aomori untuk mengadu nasib di Tokyo. Saat di Tokyo, Miku jatuh hati pada kegiatan yoga, setelah menyaksikan instruktur yoga dan model bernama Kumi (Jessica Michibata).

Miku harus menghadapi beratnya hidup di Tokyo setelah ia ditipu oleh seorang laki-laki. Uang hanya tersisa 88 yen (Rp 11.000) dan belum memiliki pekerja membuat Miku memberanikan diri menemui Kumi. Setelah mendengar keluh kesah Miku, ia mengajak Miku untuk melakukan gerakan yoga sederhana dengan pola penarikan nafas yang teratur. Setelah itu, Miku merasa lebih tenang dan merasa beban masalah berkurang. Meskipun mereka berdua berasal dari latar belakang yang berbeda dan kepribadian yang berlawanan, namun karena kepentingan dalam yoga, mereka akhirnya menjadi dekat dan hidup bersama.

Setiap pagi Kumi mengajak Miku untuk melakukan yoga sebelum beraktivitas. Hingga suatu kebiasaan itu hilang setelah hidup Kumi berubah drastis. Ia mulai makan junk food, minum alkohol dan tidak latihan yoga lagi. Miku mengira Kumi sudah tidak nyaman lagi bersamanya. Puncaknya setelah pertengkaran terjadi, Miku memutuskan untuk meninggalkan apartemen.

Miku menemukan Kumi pingsan di apartemen setelah minum obat dan alkohol. Lalu, Miku membawa Kumi untuk dirawat di rumah sakit. Selama dirawat, ia bertemu dengan seorang bapak yang bercerita tentang pengalamannya. Bapak tersebut divonis hidup hanya beberapa hari saja. Kumi menyadari bahwa tidak seharusnya larut dalam kesedihan. Miku berharap Kumi kembali seperti dia yang dulu yang selalu mengajarkannya yoga. Berkat Miku yang memberikan kehangatan persahabatan pada Kumi, ia memutuskan untuk menjadi instruktur yoga.

Film ini memberi pesan bahwa dalam menghadapi masalah kita perlu menenangkan perasaan terlebih dahulu. Badan yang sehat pun berbalik menjadi sakit, bila kita tidak mengendalikan perasaan terlebih dahulu. Dalam film ini menggambarkan bagaimana yoga dapat melahirkan persahabatan antara dua orang berlatar belakang berbeda dan belajar hidup sehat bersama melalui yoga. Film ini memang diperuntukkan perempuan untuk menjalankan hidup sehat melalui yoga. Bagaimana tertarikkah Anda untuk mulai melakukan yoga setiap harinya?

 

Yoga means addition – addition of energy, strength and beauty to body, mind and soul

– Amit Ray


Informasi Film

Judul Film: Shanti Days 365 Days, Happy Breath (シャンティ・デイズ 365日、幸せな呼吸)

Pemain: Mugi Kadowaki, Jessica Michibata, Dean Fujioka

Rilis: 25 Oktober 2014

Durasi: 108 menit

Director: Koto Nagata

Producer: Eri Ito, Maki Kimura, Kumi Kobata, Shuichi Komuro, Kotaro Miyata, Takahiko Sumi, Kasumi Yao

Genre: Drama, Women

Distributor: Suurkiitos

Web: http://shantidays365.com/

Sumber tulisan (sertaan daftar pustaka atau footnote)

  • http://www.who.int/about/definition/en/print.html
  • Deekshitulu, B. (2012). Stress and yoga. Journal Yoga Phsy Ther 2:109.
  • Nangia, D. & Malhotra, R. (2012). Yoga, cognition and mental health. Journal of The Indian Acamdemy of Applied Psychology, Vol 37, No. 2.

By: Putu Novi

Featured Image Credit: asianwiki.com/Shanti_Days_365_Days

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*