Superman is Back : 48 Jam hanya Bersama Ayah

Ayah: Cinta Pertama Anak Perempuan, Pahlawan Pertama Anak Laki-laki

-Anonim-

Mengganti popok anak atau membuatkan sarapan di pagi hari untuk sebagian orang menganggap bahwa kedua tugas tersebut adalah tugas utama dari seorang Ibu. Bagaimana jika kedua tugas tersebut dan tugas-tugas seorang Ibu lainnya dikerjakan oleh seorang Ayah? Menurut Anda, apakah seorang Ayah sanggup mengerjakan tugas-tugas yang harusnya dilakukan oleh seorang Ibu? Pertanyaan tersebut yang berusaha oleh dijawab stasiun televisi Korea Selatan KBS 2 dengan menayangkan variety show yang berjudul Superman is Back.

Superman is Back merupakan variety show yang mengikutsertakan beberapa artis di Korea Selatan yang telah berkeluarga dan memiliki anak. Sang Ayah selama 48 jam atau selama 2 hari ditinggal sendirian bersama anak-anaknya, sementara sang Ibu pergi untuk berlibur atau sekedar merawat diri pergi ke salon. Setiap episodenya, sang Ayah harus menyelesaikan tugas yang diberikan sang Ibu ketika sebelum pergi. Selain itu, sang Ayah juga dituntut untuk menemukan pengalaman atau kegiatan baru bersama anaknya seperti bermain ski, belajar berenang, memancing dan lain sebagainya.

Variety show ini merekam acara dengan cara meletakkan kameramen secara tersembunyi disudut-sudut ruangan layaknya CCTV. Superman is Back banyak sekali menayangkan momen haru dan menyenangkan yang terjadi antara seorang Ayah dan anak. Salah satu episode Superman is Back menayangkan ketika Lee Hwi-Jae mengajarkan kepada anak kembarnya Lee Seo-Jun dan Lee Seo-Eon bagaimana memberikan salam sapaan ketika bertemu dengan orang lain (Korea Selatan memiliki budaya salam sapaan dengan membungkuk 180 derajat). Berbeda dengan episode lainnya yang menayangkan bagaimana paniknya Lee Dong-Gook mengajarkan ketiga anaknya yang masih kecil untuk tidak mengikuti orang asing. Simulasinya berupa Lee Dong-Gook pergi ke kamar mandi umum setelah itu Lee Dong-Gook akan menyuruh seseorang untuk menghampiri ketiga anaknya yang sedang bermain di taman bermain. Meskipun begitu, ketika simulasi berlangsung ketiga anak Lee Dong-Gook tetap saja mengikuti orang asing walaupun sebelum simulasi Lee Dong-Gook telah memberi tahu ketiga anaknya untuk tidak mengikuti orang asing.

Peran Ayah dalam Keluarga

Keluarga sejatinya adalah sebuah tim yang diketuai oleh seorang Ayah. Oleh karena itu, parenting atau pengasuhan orangtua terhadap anak bukan hanya tanggung jawab salah satu pihak saja. Pengasuhan orangtua terhadap seorang anak harus melibatkan Ayah dan Ibu secara penuh. Bahkan mengajarkan kedisplinan, kebijaksanaan dan menumbuhkan rasa tanggung jawab pada anak dilakukan atau didominasi oleh seorang Ayah.1 Selain itu adanya sosok seorang Ayah dalam kelekatan hubungan emosional dan sumber daya mampu mempengaruhi perkembangan kogntif dan kompetensi sosial pada anak-anak sejak dini.2

Seorang Ayah memiliki peran dalam pengasuhan anak di dalam keluarga antara lain :3

  1. Terlibat dengan seluruh aktivtas yang dilakukan oleh anak.
  2. Melakukan kontak dengan anak. Kontak yang dimaksud disini adalah tidak hanya sekedar fisik tetapi, juga secara jiwa. Hubungan orangtua dengan anak sejatinya terletak pada kualitas bukan kuantitas.
  3. Dukungan finansial.
  4. Ayah banyak terlibat dalam aktivitas bermain sang anak.

Anda yang seorang Ayah, sudahkah Anda bermain dengan anak Anda hari ini? Atau minimal mengajaknya berbincang tentang hal yang anak Anda sukai? Tidak harus seharian penuh atau bahkan 48 jam seperti variety show Superman is Back kok karena pada dasarnya sebuah hubungan terletak pada kualitas bukan kuantitas.

Informasi Psynemacology4

Judul          : Superman is Back, Superman Returns

Sutradara   : –

Produser     : Kang Bong-Gyu

Aktor         : Lee Hwi-Jae, Lee Dong Gook, Ki Tae-Young, Lee Beom-Soo, dll

Rilis            : 19 September 2013

Distributor : KBS World

Durasi  : 100 menit


Sumber Data Tulisan

1 Selanjutnya dapat dibaca pada jurnal psikologi dengan judul Peran Keluarga dalam Membangun Karakter Anak oleh Darosy Endah H.

2, 3 Selanjutnya dapat dibaca pada jurnal psikologi dengan judul Peran Ayah dalam Pengasuhan Anak oleh Farida H, dkk.

4 https ://en.wikipedia.org/wiki/superman/is/back.

By: Dzikria Afifah Primala Wijaya

Featured Image Credit: Wikipedia

Dzikria Afifah Primala Wijaya

Mahasiswi Psikologi Penyuka segala tentang Greentea^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: