“Rahasia kebahagiaan dalam pekerjaan terkandung dalam satu kata – keunggulan. Untuk mengetahui bagaimana melakukan sesuatu dengan baik adalah dengan menikmatinya.” – Pearl S. Buck

Sesuai dengan tema kali ini membahas mengenai kepuasan kerja, untuk Anda yang kini telah berstatus menjadi karyawan ataupun pekerja. Kepuasan kerja merupakan salah satu variabel yang penting dan signifikan dalam perilaku organisasi. Semakin tinggi kepuasan kerja, karyawan lebih cenderung akan bersikap positif terhadap pekerjaan mereka dan lebih mungkin untuk berkomitmen kepada organisasi1. Bukanlah hal yang mudah untuk mendapatkan kepuasan dalam bekerja, perlu Anda sadari ada saja faktor yang menghambat kepuasan kerja itu muncul.

Ternyata memang ada faktor yang disebut sebagai faktor higieni yang menjadikan seseorang dapat mengalami ketidakpuasan kerja1. Tips sebelumnya membahas mengenai bagaimana meningkatkan kepuasan kerja, kini mari bahas bersama tips dalam menghadapi hambatan kepuasan kerja yang sering dialami oleh karyawan.

Lingkungan kerja

Bagaimana bisa lingkungan kerja menghambat kepuasan kerja? Lingkungan kerja yang tidak kondusif dan kurang bersahabat tentunya membuat karyawan merasa tidak nyaman, bahkan dapat memunculkan stres. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan di tempat Anda bekerja agar merasa lebih nyaman:

Hindari menciptakan suasana lembur dan kerja konstan yang tiada akhir

Tekanan yang telah menghabiskan banyak waktu pada karyawan dan keluarga mereka adalah sumber ketidakpuasan utama. Membiarkan kerja jarak jauh dan hari yang fleksibel dapat memberi dampak jika beban kerja terlalu besar untuk diselesaikan pada jam kerja normal2.

Jaga area kerjamu agar bersih dan rapi!

Bila area kerjamu saja rapi, Anda akan lebih nyaman mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Jika area kerjamu berantakan, pastinya Anda mudah mengalami stress karena Anda akan menghambat pekerjaan Anda bukan?

Coba letakkan tanaman mungil di mejamu

Mengintegrasikan tanaman di lingkungan kerja tidak hanya memperindah lingkungan tetapi telah terbukti mengurangi ketidakhadiran, mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, meningkatkan perasaan positif, tingkat kebisingan yang lebih rendah, menurunkan suhu kamar dan kelembaban yang lebih rendah3.

Gaji

Masalah yang satu ini menjadi hal yang sensitif untuk para karayawan. Gaji yang tidak sesuai dengan beban kerja yang diemban menyebabkan pekerja merasakan ketidakpuasan dalam bekerja. Berikut ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hambatan ini:

Buat sistem penghargaan dan keuangan

Hal tersebut untuk menunjukkan pada karyawan bahwa kerja keras mereka diakui dan dihargai. Promosi, kenaikan gaji, bonus dan tamasya kantor adalah cara-cara yang bagus untuk memberikan penghargaan sekaligus meningkatkan sikap umum dan hubungan antara pekerja dan satu sama lain serta manajemen. Sebuah investasi kecil dalam imbalan pekerja dapat menghasilkan pengembalian yang besar dalam produksi dan efisiensi dari waktu ke waktu2.

Bertanyalah pada diri Anda, mengapa Anda memilih pekerjaan ini4

Tidak semua pekerjaan menjanjikan gaji yang tinggi. Bila memang Anda ingin mendapatkan gajinya yang tinggi, coba tanyakan dulu diri Anda sendiri, apakah Anda memiliki kemampuan dan skill yang cukup? Cobalah menetapkan tujuan hidup yang jelas paling tidak untuk jangka pendek dan menengah agar Anda juga menyadari dimana posisi Anda, apakah Anda memang pantas mendapatkan gaji yang Anda terima sekarang.

Hubungan interpersonal

Saat menjadi bagian dari sebuah perusahaan, tentunya Anda akan dihadapkan untuk bekerja bersama berbagai jenis orang. Anda akan dituntut untuk bekerja dalam tim, mengenal orang-orang yang bekerja satu departemen dengan Anda. Tentunya menjalin hubungan interpersonal pun dapat menjadi hambatan dalam mencapai kepuasan kerja lho. Tenang, hambatan ini juga bisa Anda atasi dengan beberapa cara seperti dibawah ini5.

Hormatilah rekan-rekan kerja Anda

Perlakukan rekan-rekan Anda sebagai anggota keluarga Anda. Mengabaikan masalah kecil membantu dalam menghindari konflik dalam hubungan interpersonal. Mencoba untuk mengerti pandangan rekan Anda.

Agresif dan kasar itu berbeda!

Rasa kompetisi menjadi penting antara karyawan tapi pastikan Anda mengadopsi cara sehat untuk membuktikan diri Anda. Cemburu, fitnah, kritik, menimbulkan perbedaan pendapat di antara individu dan dapat merusak hubungan interpersonal.

Berpikir sebelum berbicara.

Jangan sakiti siapapun. Ada beberapa cara lain untuk mengekspresikan ketidaksenangan Anda di tempat kerja. Jangan bereaksi berlebihan di tempat kerja. Tetap tenang dan tenang.

Yuk senyum!

Jadilah sopan kepada semua orang. Menyapa orang dan jangan lupa menanyakan tentang kabar mereka. Tersenyum merupakan cara sederhana untuk memperkuat hubungan interpersonal di tempat kerja.

Nah, demikian beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi faktor yang sering kali malah menjadi penghambat Anda ketika ingin mencapai kepuasan kerja. Faktor eksternal tersebut tentunya dapat diatasi oleh diri Anda sendiri juga dan tentunya ada dukungan dari perusahaan. Jadi, cobalah untuk tetap berkomunikasi dengan baik untuk menjelaskan hambatan yang dirasakan.


Sumber tulisan

Feature Image Credit: http://www.wisegeek.com/what-is-the-connection-between-job-satisfaction-and-performance.htm

%d bloggers like this: