“Jangan katakan saya tidak dapat melakukannya; jangan katakan itu tidak dapat diselesaikan” – Leonardo DiCaprio (The Aviator)

Film The Aviator menceritakan sebuah kisah nyata dari Howard Hughes (Leonardo DiCaprio) pada tahun 1927 hingga 1947. Saat-saat tersebut merupakan perjuangan Howard dalam mencapai kesuksesannya sebagai produser film dan tokoh terkemuka di bidang  penerbangan, serta perjuangannya dalam menghadapi kelainan yang ia miliki, yaitu Obsessive-Compulsive Disorder (OCD).

Pada awal film, dikisahkan bahwa Hughes yang saat itu berusia 9 tahun, sedang dimandikan oleh ibunya sambil berulang kali diperingatkan bahwa ia tidak aman dan diajari mengeja kata QUARANTINE (karantina). Selanjutnya, ketika berusia 22 tahun, Hughes mempersiapkan produksi Film Hell’s Angels yang bertema perang pesawat terbang. Pada pembuatan film ini, Hughes rela mengeluarkan budget yang cukup banyak untuk memperoleh hasil yang sempurna. Ia akan mengulangi beberapa adegan berkali-kali jika dirasa masih belum sesuai dengan harapannya; menunggu dan mencari kondisi alam yang sesuai sebagai ‘efek’ (misal, mendatangi suatu tempat karena terdapat awan yang bagus sebagai ‘background’ adegan penerbangan); dan bahkan ketika film sudah selesai dan ditayangkan perdana, ia masih saja melihat adanya kekurangan dan melakukan reka adegan ulang.

Film Hell’s Angels ini berhasil memikat hati penonton saat itu. Ketika memproduksi film tersebut, Hughes juga mengejar seorang wanita bernama Katharine Hepburn (Cate Blanchett). Hepburn menjadi sumber dukungan dan kepercayaan diri yang utama bagi Hughes. Akan tetapi, hubungan keduanya tidak berlangsung lama. Suatu saat, muncul pemberitaan bahwa Hughes bersama wanita yang berbeda-beda setiap malamnya dan hal ini membuat Hepburn marah kepada Hughes. Ia kemudian bertemu seorang pria di lokasi syuting dan menyatakan kepada Hughes bahwa ia jatuh cinta kepada  pria tersebut. Setelah keduanya memutuskan untuk berpisah, Hughes membakar seluruh pakaian miliknya yang pernah tersentuh oleh Hepburn.

Setelah pembuatan film Hell’s Angels, Hughes memproduksi film selanjutnya yang berjudul The Outlaw. Ia sangat memperhatikan detail dan menginginkan segala sesuatu sempurna dalam filmnya. Hal ini tak jarang membuat rekan-rekannya menjadi bingung, kaget, dan merasa Hughes terlalu berlebihan.

Hughes juga tidak menyukai bila rekan kerjanya tampak tidak bersih. Terdapat suatu adegan ketika ia melihat terdapat sebuah kotoran kecil di jas rekan kerjanya, lalu ia memberikan sapu tangan kepada rekannya itu untuk membersihkannya. Namun, ketika sapu tangan tersebut hendak dikembalikan, Hughes berkata kepada rekannya untuk membuangnya saja.

Ketika ia tidak menyukai seseorang, Hughes tidak ingin bersentuhan dengannya. Hal ini  ditunjukkan ketika ia putus dengan Hepburn (membakar pakaian) serta setelah ia bersalaman dengan seorang rekan kerja yang tidak ia sukai. Ketika itu, ia langsung mencuci tangannya hingga berdarah dan ia tidak berani memegang gagang pintu kamar mandi (khawatir tangannya kotor).

Hughes juga tidak segan-segan memecat karyawannya yang terlihat selalu menatapnya (memperhatikan) dan menimbulkan debu di lokasi syuting film yang sedang ia buat. Jika sedang tertekan, ia juga sulit mengendalikan ucapannya (berbicara berulang-ulang), hingga ia harus menutup mulutnya untuk menghentikan ucapannya dan berakhir dengan mengeja ‘quarantine’.

Hughes sangat terobsesi dengan kebersihan. Beberapa perilaku tersebut bahkan menjadi lebih sering muncul ketika Hughes sedang berada dalam situasi tertekan. Film yang menarik, bukan? Bagaimana kelanjutannya? Yuk, tonton lebih lanjut Film The Aviator!

Informasi Film1

Judul               : The Aviator

Genre              : Biografi, drama

Sutradara       : Martin Scorsese

Produser         : Warner Bros, Miramax

Aktor               : Leonardo DiCaprio, Cate Blanchett, Kate Beckinsale

Rilis                 : 25 Desember 2004 (USA)

Distributor     : Miramax (2004, USA)

Durasi             : 2 jam 50 menit


Sumber data tulisan:

1Informasi film selengkapnya dapat dilihat di http://www.imdb.com/title/tt0338751/

Featured Image Credit: www.youtube.com

%d bloggers like this: