The Holiday : ‘Move On’ Bukan Hanya Menemukan Seseorang yang Baru

“Untuk sebagian orang, sulit dipahami bahwa cinta bisa memudar. Bagi yang lainnya cinta hilang begitu saja, tetapi tentu saja, cinta juga bisa ditemukan. Kemudian ada jenis cinta yang lainnya, yang paling kejam, yang hampir membunuh korbannya, itu disebut cinta tak terbalas.”- Iris Simpkins

Judul: The Holiday
Pemain: Cameron Diaz, Kate Winslet, Jude Law, Jack Black, Rufus Sewell, Edward Burns
Genre: Drama
Sutradara: Nancy Meyers
Tanggal Rilis: 8 Desember 2008
Durasi: 136 menit
Produksi: Relativity Media & Waverly Firms

Terkadang, saat menjalani suatu hubungan khusus dengan seseorang tidak selalu berjalan mulus seperti yang kita rencanakan. Hingga akhirnya melepaskan menjadi pilihan yang harus kita lakukan. Walau melepaskan merupakan hal yang sulit, sekalipun orang tersebut pernah menyakiti kita. Seperti halnya dalam film The Holiday ini.

Film The Holiday menceritakan tentang dua orang perempuan yang bertukar rumah melalui internet selama dua minggu. Keduanya sama-sama ingin menenangkan diri setelah mengalami patah hati. Perempuan pertama bernama Iris Simpkins (Kate Winslet), seorang perempuan asal Inggris yang bekerja di harian The Daily Telegraph sebagai kolumnis.

Menjelang Natal, tempatnya bekerja mengadakan suatu pesta. Di pesta tersebut dia bertemu dengan Jasper Bloom (Rufus Sewell), orang yang dicintainya selama tiga tahun. Jasper pun memperlakukan Iris dengan begitu manis. Hingga di tengah pesta diumumkan kalau Jasper telah bertunangan dengan perempuan lain. Bahkan akan segera menikah.

Perempuan kedua bernama Amanda Woods (Cameron Diaz), seorang perempuan asal California, Amerika Serikat yang memiliki perusahaan di bidang film. Tidak jauh berbeda dengan Iris, Amanda pun mengalami patah hati karena sang kekasih, Ethan Ebbers (Edward Burns) selingkuh dengan perempuan lain. Patah hati itu membuat Iris dan Amanda memutuskan bertukar rumah untuk menenangkan diri.

Dan siapa sangka, pertukaran rumah itu membuat mereka bertemu dengan seseorang baru dalam hidup mereka, seseorang yang mampu mengobati patah hatinya. Iris bertemu Miles (Jack Black, sahabat Ethan Ebbers) ketika Miles ingin mengambil barang yang tertinggal di rumah Amanda. Sementara Amanda bertemu dengan Graham, kakak kandung Iris, ketika Graham berkunjung ke rumah Iris. Pertemuan itu membuat Iris dan Amanda kembali menemukan cinta.

Film The Holiday ini menyampaikan banyak pesan mengenai cinta, khususnya tentang melepaskan seseorang yang pernah mencintai dan kita cintai. Putus cinta dan patah hati seringkali membuat seseorang berusaha keras melepas dan melupakan orang yang pernah mereka cintai. Terlebih jika orang tersebut pernah menyakiti kita, melepaskannya merupakan pilihan yang tepat.

Seperti Iris dan Amanda yang berusaha melepas perasaannya dari orang yang pernah mereka cintai. Berbagai cara mereka lakukan termasuk menenangkan diri hingga melintasi negara lain. Tidak disangka mereka dapat bertemu dengan orang baru, orang yang membuat mereka kembali memaknai cinta.

Saat ini, melepaskan atau melupakan orang yang pernah kita cintai seringkali diistilahkan sebagai move on. Dan indikator keberhasilan move on bagi kebanyakan orang saat kita bertemu atau kembali menjalin hubungan khusus dengan seseorang yang baru. Namun, pada dasarnya move on tidak sekadar itu.

Move on merupakan akhir suatu proses saat seseorang telah menerima masa lalunya dan siap menghadapi pengalaman baru. Dan indikatornya ditandai dengan berkurangnya perasaan dan negatif tentang putus cinta. Lebih dari itu, move on dapat diartikan dengan penerimaan masa lalu yang kita lakukan. Seperti Iris yang telah menerima kisah cintanya dengan Jasper berakhir dan menerima Jasper akan menikah dengan perempuan lain.

Pada dasarnya film The Holiday mengajarkan untuk menerima masa lalu yang kita anggap menyakitkan. Selain itu, menerima kenyataan untuk bangkit dari rasa sedih yang kita rasakan setelah putus cinta dan patah hati. Ada hal baik dari putus cinta dan patah hati yang harus kita lihat dibanding terus berkutat pada kesedihan.


Sumber data tulisan

Rumondor, Pingkan C.B. 2016. Bukan Move On Biasa: Bikin Langkahmu Lebih Bermakna. Tangerang: Penerbit Litterati.

Sumber gambar: https://fanart.tv/fanart/movies/1581/movieposter/the-holiday-52349d628256b.jpg

Apriastiana Dian Fikroti

Introvert, penyuka warna biru, ailurophilia, penikmat kata dan kopi

%d bloggers like this: