Rumor yang tidak terlihat adalah senjata yang paling mematikan.”

– Lee Cheon Ji

Bullying, mungkin sebagian masyarakat sudah tidak asing dengan kata itu. Isu bullying merebak secara global di tengah masyarakat dunia. Pernahkah Anda mendapati kasus bullying di sekitar Anda? Kasus bullying masih menjadi masalah yang serius di berbagai negara, salah satunya adalah di Korea Selatan. Segala bentuk tindakan dengan unsur kekerasan yang dilakukan seseorang terhadap seseorang yang lain identik dengan bullying. Secara terminologi, bullying diartikan sebagai perbuatan menggertak dan menganggu orang yang lemah. Kisah bullying tergambar nyata dalam film Thread of Lies yang disutradarai oleh Lee Han. Film ini dibintangi oleh Go Ah Sung dan melibatkan beberapa artis terkemuka Korea Selatan seperti Kim Hyang Gi, Kim Yoo Jung, dan Kim Hee Ae.

Film Thread of Lies mengisahkan seorang gadis bernama Lee Min Ji (Go Ah Sung). Ia adalah kesan orang yang cuek dan ceplas-ceplos jika bertutur. Gadis itu merupakan anak pertama dari dua bersaudara, sekaligus kakak perempuan dari Lee Cheon Ji (Kim Hyang Gi). Tetapi, sifatnya yang cuek dan ceplas-ceplos itu seketika berubah. Ia menjadi sosok kakak perempuan yang sangat perhatian dan penyayang semenjak adiknya meninggal dunia dengan cara gantung diri. Cheon Ji meninggal tanpa pesan. Sebagai seorang kakak, Min Ji merasa sangat terpukul dengan kejadian itu. Sang kakak akhirnya memutuskan untuk mencari tahu sendiri apa alasan di balik kematian adiknya.

Alasan Cheon Ji mengakhiri hidupnya dengan gantung diri akhirnya terungkap setelah melewati proses panjang dan  menguraikan satu per-satu informasi yang dia dapat tentang adiknya. Mulai dari menyelidiki dengan siapa Cheon Ji bergaul dan bagaimana lingkungan Cheon Ji selama ini. Usut punya usut, ternyata sebelum Cheon Ji pergi, ia telah membuat surat berbentuk gulungan kecil yang disisipkan di gulungan benang wol. Dari petunjuk tersebut dapat diketahui bahwa alasan Cheon Ji memutuskan untuk mengakhiri hidupnya adalah karena selama ini ia merasa menjadi korban bullying.

Kebanyakan orang menganggap bahwa bullying identik dengan kekerasan fisik. Sebenarnya, bullying tidak selalu diwujudkan dengan kekerasan fisik, namun juga dapat berupa siksaan psikis yang dilakukan seseorang terhadap seseorang yang lain. Dalam film ini, membuka mata masyarakat bahwa apapun yang dilakukan dengan tujuan menganggu orang lain termasuk mengucilkan atau membicarakan seseorang di belakang secara beramai-ramai bisa termasuk dalam perbuatan bullying. Selain itu, menaruh komentar kasar pada akun seseorang di media sosial, mengancam seseorang melalui pesan singkat, menyindir, dan menyebarkan gosip yang membuat seseorang tertekan jiwanya juga termasuk perbuatan bullying.

Film ini menyadarkan kita untuk lebih peka dan perhatian kepada orang-orang disekitar kita. Orang yang terlihat baik-baik daja, tenang, dan terlihat tidak memiliki masalah apa-apa bukan berarti dia sebenarnya baik-baik saja. Bisa jadi dia tidak punya keberanian yang cukup untuk bercerita tentang dirinya atau dia merasa buruk dalam menyampaikan sesuatu. Jangan pernah merasa lelah untuk menjadi tempat yang nyaman agar orang terdekat mau menyampaikan keluh kesahnya. Ingat, kunci utama dalam mencegah terjadinya bullying adalah menciptakan komunikasi yang baik, terutama dalam lingkup keluarga.


 

Informasi Film

Judul                        : Thread of Lies

Sutradara               : Lee Han

Produser                 : Kim Jae Joong, Noh Bong Jo, Kim Dong Woo

Aktor                         : Kim Hee Ae, Go Ah Sung, Kim Hyang Gi, Kim Yoo Jung

Rilis                            : 2014

Distributor              : CGV Movie College (Domestik), CJ Entertainment (Internasional)

Durasi                       : 1 jam 57 menit 7 detik (1:57:07)

By: Dzikria

Featured Image Credit: www.asianwiki.com

 

%d bloggers like this: