Banyak orang yang menginginkan mengendarai mobil limo bersamamu. Tapi yang kamu inginkan adalah seseorang yang mau naik bus ketika mobil limomu rusak. -Oprah Winfrey-

Dalam tiap fase kehidupan, masing-masing dari kita memiliki kawan sebaya, atau dalam psikologi disebut dengan peer. Ketika sekolah, bertemu dengan kawan sebaya kerap menjadi salah satu alasan untuk bersemangat menimba ilmu. Kemudian setelah menamatkan sekolah, kita memiliki kawan sebaya yang baru di bangku kuliah. Tidak jarang kawan sebaya ketika masa-masa sekolah terlupakan. Jika pertemanan tidak dipupuk, hal tersebut dapat terulang pada fase-fase kehidupan selanjutnya, seperti ketika memasuki dunia kerja.

Lalu, bagaimana cara agar ikatan pertemanan Anda tidak sekedar pertemanan yang hanya sementara? Mungkin 5 hal ini dapat membantu Anda untuk menciptakan pertemanan yang berlangsung selamanya? Selamat mencoba.

1. Jalinlah komunikasi lebih dari sekedar menyapa

Komunikasi menjadi hal yang paling penting dalam menjalin setiap bentuk hubungan. Komunikasi yang efektif dapat memperkuat rasa percaya, kejujuran, dan hormat1. Di era digital ini, sebagian besar orang lebih terbiasa untuk berkomunikasi melalui alat dan tidak bertatap muka secara langsung. Akan tetapi, berkomunikasi tatap muka memiliki lebih banyak manfaat, seperti salah satunya dapat menunjukkan ekspresi perasaan2. Maka luangkanlah waktu untuk bertemu dengan kawan sebaya Anda untuk berbagi cerita dan pemikiran.

2. Berbagi dan dengarkan cerita kawan sebaya Anda

Bersama kawan sebaya Anda, berbagi cerita dapat melepaskan emosi Anda sedangkan manfaat terhadap seseorang yang mendengarkan akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dari cerita tersebut3. Berikan pujian terhadap pencapaian kawan sebaya Anda. Sampaikan kritik yang memiliki alasan logis dengan bahasa yang halus. Jika memiliki perbedaan pendapat, jadikan itu sebagai penambah wawasan, bukan sebagai hal yang justru memecah belah Anda. Dengan begitu, kawan sebaya Anda akan menghargai perhatian yang Anda berikan.

3. Tunjukkan bahwa Anda akan bersama mereka dalam berbagai situasi

Memiliki dan menjaga pertemanan merupakan salah satu sumber kebahagiaan sepanjang hidup4. Salah satu cara untuk memiliki dan menjaga pertemanan adalah dengan berada bersama kawan sebaya Anda dalam berbagai situasi. Ketika mengalami situasi yang baik bersama, salah satu caranya dengan Anda cukup mendengarkan ceritanya. Menyampaikan bahwa Anda akan selalu bersama mereka merupakan hal yang baik, akan tetapi lebih penting jika Anda menunjukkannya melalui sikap bahwa Anda peduli.

4. Hargai privasi kawan sebaya Anda

Setiap orang memiliki batas-batas privasi yang tidak ingin disentuh oleh orang lain. Walaupun Anda dekat dengan kawan sebaya Anda, bukan berarti Anda dapat seenaknya masuk dalam ranah privasi mereka. Jika kawan sebaya Anda tidak nyaman bercerita mengenai keluarganya, maka buatlah batas-batas agar tidak menyinggung mereka. Tiap orang membutuhkan waktu untuk sendiri, maka jangan paksa pertemanan Anda dengan intervensi yang terus-terusan.

5. Berkolaborasi dalam proyek dapat mempererat pertemanan Anda

Temukan kesamaan pada diri Anda dan kawan sebaya. Jadikan hal itu sebagai potensi untuk membuat suatu proyek yang berkelanjutan. Bukannya tidak mungkin, duo Youtuber Rhett McLaughlin dan Link Neal membuat proyek Good Mythical Morning selama bertahun-tahun. Persahabatan mereka dipupuk semenjak bangku 1 SD hingga kini mereka berusia lebih dari 30 tahun. Proyek yang berkelanjutan pun dapat mempererat pertemanan Anda dengan kawan sebaya Anda.

Satu hal yang perlu diingat, setiap hubungan tidak selayaknya dipaksakan tetapi ditumbuhkan dari kedua belah pihak. Termasuk dalam pertemanan dengan kawan sebaya. Tidak ada yang salah jika Anda membatasi interaksi dengan kawan sebaya yang justru membuat Anda merasa buruk. Bersama dengan orang yang tepat, Anda dan kawan sebaya Anda dapat saling memberi dan menerima untuk memupuk pertemanan yang sehat.

Yuk, tingkatkan level pertemanan dengan kawan sebaya lebih dari sekedar pertemanan nongkrong tetapi juga pertemanan yang saling menguatkan!


Sumber Data Tulisan

[1] http://davidjoragui.com/relationships/why-is-communication-important-in-a-relationship/

[2] Selanjutnya dapat dibaca mengenai manfaat berkomunikasi tatap muka https://thebusinesscommunication.com/what-is-face-to-face-conversation/

[3] https://www.psychologytoday.com/blog/the-web-violence/201309/resilience-and-4-benefits-sharing-your-story

 [4] http://www.happify.com/hd/science-of-happiness-infographic/

Baca lebih lanjut mengenai cara menumbuhkan pertemanan yang sehat  https://psychcentral.com/lib/growing-healthy-friendships/

Sumber Gambar

http://i.huffpost.com/gen/2206150/images/o-FRIENDS-facebook.jpg

%d bloggers like this: