“Sehat – Jadikan itu kebiasaan Anda!”

Sudah sehatkah hidup Anda? Sebagian besar individu seringkali mengaitkan hidup yang sehat hanya dengan tidak mengalami penyakit. Ketika mereka tidak mengeluh ada gangguan pada fisik, seringkali keadaan ini disebut sehat. Apakah benar demikian? Menurut WHO, hidup yang sehat terdiri dari kesejahteraan secara fisik, mental dan sosial pada individu (bukan hanya ketiadaan penyakit).1 Hal tersebut menyebabkan kondisi hidup yang sehat tidaklah sesederhana dengan tidak memiliki penyakit saja, melainkan perlu adanya kesejahteraan secara fisik, mental dan sosial.

Berikut 7 tips untuk mencapai hidup yang sehat:

  1. Berikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.2

Energi ini diperoleh melalui mengonsumsi makanan yang bergizi dengan porsi secukupnya. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat (nasi atau roti), vitamin (sayuran atau buah-buahan), protein (daging, kacang, atau telur) dan susu. Sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol, makanan berlemak dan ‘junk food’.

  1. Aktif secara fisik. 2

Selain olahraga (seperti berenang atau jogging), Anda juga dapat berjalan kaki atau mengendarai sepeda ke tempat yang dituju. Lakukan secara rutin tiga kali seminggu. Aktif melakukan kegiatan fisik dapat membuat Anda merasa lebih baik dalam memandang kehidupan dan menguatkan tulang. Selain itu, dapat mencegah depresi, meningkatkan kemampuan untuk mengatasi penyakit dan memertahankan berat badan yang sehat.

  1. Mengatasi stres. 3

Williams (pelatih training dalam bidang stress management) merekomendasikan dua cara yang dapat dilakukan dalam menghadapi stres. Pertama, routine maintenance, dilakukan dengan meditasi, yoga, atau olahraga secara teratur untuk menjaga tingkat stres dalam keadaan stabil. Kedua, breakthrough stress, dilakukan dalam keadaan-keadaan tertentu yang menimbulkan stres. Misalnya, untuk mengurangi stres setelah rapat, Anda dapat berlari menuruni tangga atau menuju ke kamar mandi untuk menenangkan pikiran. Selain kedua cara tersebut, terdapat beberapa tips lagi yang dapat Anda lakukan, yaitu pikirkan kembali apakah permasalahan tersebut penting/tidak; tawarkan bantuan bagi orang lain (membantu orang lain dapat membuat masalah yang Anda miliki terlihat lebih kecil); dan tulislah sisi positif dari orang-orang, kegiatan, atau hal-hal yang Anda syukuri.

  1. Tidur dengan lebih baik. 3

Berikut beberapa cara agar Anda dapat tidur dengan lebih baik: tidak menggunakan TV atau komputer selama 2 jam sebelum tidur; tidak melakukan olahraga berat sesaat sebelum tidur; mandilah dengan air hangat; tetapkan jadwal tidur secara rutin; dan prioritaskan tidur yang baik (secara kuantitas dan kualitas). Kurang tidur dapat menyebabkan metabolisme tubuh menurun, kelebihan berat badan dan mengurangi produktivitas.4

  1. Tingkatkan kualitas hubungan Anda. 3

DeWall (Psikolog Sosial dari University of Kentucky) memberikan beberapa tips dalam hal bersosialisasi: habiskan waktu dengan orang-orang (bersosialisasi) secara face-to-face (berhubungan melalui virtual/online saja kurang menguntungkan terutama dalam jangka panjang) dan carilah orang yang sesuai dengan diri Anda.

  1. Dengarkan tubuh Anda.4

Belajar untuk mendengarkan tubuh Anda merupakan hal utama dalam hidup. Minumlah ketika Anda haus. Makan ketika lapar dan berhenti jika sudah kenyang. Tidur ketika tubuh menginginkannya. Berhenti memaksakan tubuh Anda ketika sudah lelah, misalnya dengan melakukan rekreasi atau tidur. Ketika Anda merawat dan mendengarkan tubuh, maka hidup akan menjadi lebih baik.

  1. Cintailah dirimu sendiri dan orang di sekitarmu.5

Banyak orang menganggap bahwa mencintai diri sendiri merupakan hal yang egois. Namun, apabila Anda tidak terlebih dahulu mencintai diri sendiri, bagaimana Anda dapat mencintai orang-orang di sekitar Anda? Hal ini sama saja dengan pramugari yang menyarankan Anda untuk melakukan penyelamatan pada diri sendiri terlebih dahulu ketika terjadi kecelakaan, sebelum menyelamatkan orang terdekat.

Hidup yang sehat merupakan dambaan bagi setiap individu. Ayo, mulai lakukan tips-tips di atas dalam kehidupan Anda! Make your healthy life!


Sumber Data Tulisan

1Definisi hidup sehat menurut WHO bersumber dari https://www.scribd.com/doc/36910973/Definisi-WHO-Kesehatan

2Beberapa tips untuk mencapai hidup sehat, lebih lanjut dapat ditinjau dalam artikel: http://depts.washington.edu/uwcoe/healthtopics/healthylife.html

3Beberapa cara untuk hidup yang sehat dapat ditinjau dalam artikel: http://www.webmd.com/balance/features/healthy-living-8-steps-to-take-today?page=5

4Beberapa cara untuk hidup yang sehat dapat ditinjau dalam artikel: https://www.psychologytoday.com/blog/prescriptions-life/201310/10-secrets-living-vibrantly-happy-healthy-life  

5Beberapa cara untuk hidup yang sehat dapat ditinjau dalam artikel: http://psychcentral.com/blog/archives/2011/04/25/10-tips-for-healthy-living/

By: Jesslyn Antoinette Justin

Featured Image Credit: balkan-flash.com

Total
15
Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*