Bagaimana Caranya untuk Bisa Lebih Banyak Tersenyum dan Tertawa?

Banyak sekali alasan yang mendorong kita untuk bisa tersenyum dan tertawa dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, beberapa orang mungkin merasa kesulitan untuk bisa menemukan alasan-alasan tersebut. Padahal, tersenyum dan tertawa yang datang dari dalam lubuk hati kita, dapat membangun kualitas hidup yang lebih sehat. Berikut ini adalah beberapa tips untuk bisa menjalani hari dengan lebih sehat dan menyenangkan melalui kebiasaan tersenyum dan tertawa.

  1. Tersenyumlah dengan Tulus

Para peneliti telah menentukan bahwa ada banyak jenis senyuman. Dilihat dari segi anatomi, senyum Duchenne (A Duchenne smile) melibatkan lipatan di mata, sedangkan senyum Pan Amerika (The Pan America smile) tidak memiliki lipatan yang sama di mata. Senyum Duchenne adalah senyum yang lebih otentik, sedangkan senyum Pan Amerika lebih bersifat superfisial. Senyum yang otentik akan berdampak baik pada tubuh dan memengaruhi suasana hati karena senyuman ini tulus dan berasal dari hati. Kita bisa merasakan perbedaan kedua jenis senyuman ini, tetapi sayangnya pada awalnya kita tetap tidak bisa mengontrol bagaimana kita tersenyum.

  1. Berlatihlah untuk Tersenyum

Kita bisa melatih cara dan bagaimana kita tersenyum. Kita bisa melatih diri untuk tersenyum secara tulus dan atraktif. Kita bisa berlatih tersenyum di depan cermin sama seperti para aktor berlatih untuk memerankan sebuah peran dalam film. Senyum yang tulus tentu datang dari dalam hati, tapi semua itu juga bisa kita usahakan dengan banyak berlatih.

  1. Perbanyaklah Melihat dan Mendengar Hal-Hal yang Membuat Kita Tertawa

Jika kita ingin lebih banyak tersenyum dan tertawa, kita bisa menonton beberapa film komedi, variety show yang unik, podcast yang menarik atau tontonan lain yang bisa membuat kita tertawa. Kita bisa mendengarkan musik upbeat untuk mengisi energi positif dalam diri yang akan memengaruhi mood kita. Kita bisa mendengarkannya baik saat mengemudi, bekerja, ataupun saat bersantai di akhir pekan, mainkan hal-hal yang membuat kita bahagia. Namun, penting untuk diingat bahwa kita mungkin tidak memiliki gaya atau pola yang sama dengan orang lain dalam hal ini dan itu tidak menjadi masalah. Mainkan apa pun yang secara spesifik membuat kita tersenyum, meskipun orang lain mungkin merasa hal itu terlihat tidak penting. Dengan melakukan apa saja yang membuat kita bahagia, kita juga bisa terhubung dengan orang-orang yang memiliki selera atau gaya yang sama dengan kita.

Selain itu, kita juga bisa menyempatkan waktu untuk membangun koneksi dengan berbincang atau bercerita langsung dengan orang-orang yang bisa membuat kita tertawa, misalnya teman dekat, pasangan, atau orang-orang yang telah kita kenal dapat meningkatkan mood kita.

  1. Fake It Until You Make It!

Ada yang bilang “fake it until you make it” yang dimaksudkan bahwa mungkin memang sulit pada awalnya, maka dari itu perbanyaklah melakukannya (walaupun itu pura-pura) hingga kita bisa benar-benar tulus melakukannya. Kita semua tentu tidak bisa selalu tersenyum dengan tulus. Banyak dari kita mendapat tekanan hidup, dirundung kesedihan, hingga mengalami depresi atau mungkin mengalami masa-masa yang sulit. Apalagi, sebagian dari kita mungkin ada yang memiliki wajah yang “terlahir” galak atau jutek (“resting bitch face”) dan tidak dilahirkan dengan wajah yang “ramah” dengan senyum alami. Maka dari itu, apabila kita memiliki kesulitan untuk tersenyum, mulailah dengan banyak berlatih walaupun pada awalnya terkesan memaksakan diri untuk melakukannya. Dengan begitu, seiring berjalannya waktu, tersenyum mungkin akan menjadi sesuatu yang secara otomatis kita lakukan dengan ringan dan tulus. Ketika itu terjadi, kita bisa mendapatkan manfaat dari tersenyum dan tertawa yang terbukti baik bagi kesehatan fisik dan mental kita.

  1. Tingkatkan Kualitas Senyum Kita dengan Menjaga Kebersihan

Beberapa orang jarang tersenyum untuk menghindari tampilan gigi yang kurang sempurna. Untuk itu, kita bisa mulai memberikan perhatian khusus terhadap tampilan gigi, bibir ataupun kesehatan serta kebersihan di area mulut. Bersihkan gigi secara teratur dan rajinlah untuk check-up gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan. Kebersihan gigi dapat memberi kita kepercayaan diri untuk menjalani hari dengan tersenyum alih-alih terus menutup mulut.

***

Tersenyum dan tertawa adalah cara-cara yang bisa kita lakukan untuk menjalani hidup dengan sehat baik secara fisik maupun mental. Dengan tersenyum dan tertawa, kita bisa mengurangi stres, melepaskan endorfin, membantu mengontrol berat badan, dan hal itu bisa membuat kita terlihat tampak muda dan atraktif bagi orang lain. Dengan tersenyum dan tertawa, kita juga menyebarkan energi positif pada orang-orang yang kita temui sehingga secara tidak langsung kita bisa membuat suasana hati orang lain lebih positif.

Namun, karena tekanan dan himpitan hidup, muncul berbagai alasan yang dapat membuat kita bersedih dan sulit untuk tersenyum. Tidak ada salahnya untuk melatih diri untuk tesenyum sesering mungkin dengan hati yang tulus. Dengan begitu kita juga melatih diri untuk melepaskan beban emosi negatif yang ada di dalam diri kita. Kita lepaskan semua yang membebani kita dan memilih untuk hidup dengan bebas, ringan, membagikan energi positif ke banyak orang di sekitar kita melalui senyum dan tawa. Selamat menyebarkan energi positif untuk kita semua!


Artikel ini adalah artikel terjemahan dari “10 Benefits Of Smiling And Laughing. The Science Behind It” oleh Self Development Secrets. Untuk membaca versi asli, kamu bisa membacanya di sini.


Sumber gambar: www.unsplash.com

Let others know the importance of mental health !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*