Cara Sederhana Jemput Bahagia yang dapat Anda Coba!

Hidup penuh dengan pilihan yang bermacam-macam, seperti ingin naik gaji, punya pasangan hidup, makan makanan favorit, menikmati tanggal merah, atau berbelanja. Di antara pilihan tersebut, manakah hal yang membuat Anda bahagia? Apapun jawaban Anda, yang perlu diingat adalah kadar kebahagiaan setiap orang berbeda-beda dan bersifat abstrak. Bahkan nyatanya, Anda tidak perlu melakukan hal sulit atau membayar sesuatu dengan harga yang mahal untuk merasa bahagia.

Berikut beberapa cara sederhana yang dapat Anda coba untuk menimbulkan perasaan bahagia:

1. Makan Makanan Ringan

Cara ini bisa menjadi tidak ideal bagi Anda yang sedang dalam program diet. Akan tetapi, sebuah studi menyatakan, mongunsumsi porsi kecil kudapan favorit Anda (25-30 gram) dapat memicu perasaan bahagia. Jadi, jangan takut ngemil!

2. Jangan Pelit Senyum

Hal yang paling mudah untuk menularkan kebahagiaan dan meningkatkan mood adalah tersenyum. Meskipun hanya memberi senyuman singkat, senyuman dapat mengaktivasi bagian otak yang merangsang munculnya rasa bahagia pada manusia.

3.  Wajib Mengonsumsi Vitamin D

Cara memicu kebahagiaan selanjutnya adalah rutin mengonsumsi vitamin D. Vitamin D dapat merangsang produksi hormon serotonin yang bermanfaat untuk memperbaiki mood serta memunculkan perasaan bahagia. Cara yang paling mudah untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur di pagi hari atau membuka jendela ruangan lebar-lebar.

4. Menambahkan Kunyit pada Makanan

Kunyit mengandung anti-depresan alami. Anda bisa mengonsumsi kunyit dengan memasukkan beberapa irisan kunyit pada makanan sehari-hari. Apabila Anda mengalami depresi ringan, kunyit bisa menjadi alternatif dari obat penenang yang ada. Namun, bila Anda telah mengalami depresi berat dan merasa kunyit belum bisa menjadi alternatif obat seutuhnya, Anda disarankan untuk tetap melakukan konsultasi dengan psikiater.

5. Hargai diri sendiri

Memberi penghargaan kecil pada diri sendiri untuk setiap perubahan positif yang dilakukan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University, melakukan hal kecil untuk kesenangan pribadi, seperti membeli bunga segar, terbukti mampu mengurangi rasa gelisah dan mood jelek.

6. Mencium Aroma Buah Jeruk

Jika Anda rajin mengonsumsi buah jeruk, jangan langsung buang kulitnya. Kulit jeruk mengandung minyak aromatik yang dapat memicu terbentuknya senyawa positif di otak.

7. Beristirahat di Sela Kesibukkan

Seringkali Anda merasa stres karena menghadapi beban kerja yang menumpuk di pekerjaan Anda. Untuk menghadapi stres, Anda bisa beristirahat singkat di sela kesibukan kerja. Dengan meluangkan waktu beberapa menit, seperti sekadar menarik napas dalam-dalam atau menonton video lucu, dapat mengembalikan semangat Anda dalam beraktivitas.

8. Bermain dengan Hewan Peliharaan

Berita baik bagi Anda pecinta hewan karena rutinitas mengajak hewan peliharaan bermain terbukti mampu memperbaiki mood. Oleh karena itu, mulai mengatur jadwal Anda untuk berjalan-jalan di taman bersama hewan peliharaan yang Anda punya.

9. Rutin Olahraga

Gerakkan olahraga bisa memompa darah dan melepaskan hormon endorfin di otak yang dapat memicu perasaan bahagia. Sebuah studi menyatakan, berolahraga dapat memancing kebahagiaan yang efeknya hampir sama dengan mengonsumsi cokelat. Anda bisa memulai untuk melakukan olahraga yang mudah dan murah meriah, seperti berlari, bersepeda, atau kegiatan lainnya yang membuat Anda berkeringat.

10. Rajin Makan Sayur Berwarna Gelap

Salah satu sayuran berwarna hijau gelap yang mudah dijumpai adalah bayam. Kandungan folat pada bayam mampu meningkatkan produksi dopamin yang baik bagi otak dan mengurangi tingkat depresi.

 

Ingin tahu cara memicu perasaan bahagia lainnya? Silahkan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ dengan  download aplikasi Go Dok di sini. GRATIS!

Artikel ini adalah dikirimkan oleh Go Dok sebagai bentuk kerja sama dengan Pijar Psikologi. Go Dok adalah penyedia ragam layanan kesehatan online. Bisa dikunjungi di go-dok.com

Let others know the importance of mental health !
Total
8
Shares