CURHAT: Emosi Saya Sering Naik Turun. Bagaimana Cara Mengontrol Emosi dalam Diri?

Curhat

Halo Pijar Psikologi!

Akhir-akhir ini, saya sering sekali merasa bingung seperti tidak tahu arah, mudah merasa down dan tidak bersemangat dalam menjalani hari hari. Seringkali saya merasa sendiri, kesepian meskipun begitu banyak orang yang berada di sekitar saya. Saya merasa apapun yang saya inginkan, saya melakukannya sendiri tanpa ada orang lain yang bisa mendukung saya. Terlebih, saya anak pertama dari 3 bersaudara, mau tidak mau saya harus bertanggung jawab untuk masa depan adik-adik saya. Sebagai wanita pekerja sekaligus mahasiswa, terkadang saya merasa sangat lelah ketika harus menghadapi persoalan-persoalan di dunia kerja dan kuliah. Belum lagi, dengan kehidupan pribadi saya, banyak hal-hal yang harus saya pikirkan untuk masa depan yang lebih baik dari sekarang. Terkadang, hal itu membuat saya emosional dan efeknya bisa saya lampiaskan kepada keluarga dan adik saya. Saya jadi merasa diri saya itu lebih mudah tersulut emosi dan pribadi yang pemarah jika di ganggu. Apalagi, ketika saya sedang dalam kondisi tidak stabil /badmood, jiwa dan raga saya terkadang letih. Ingin rasanya ada sesorang yang bisa saya jadikan untuk tempat saya mengeluarkan keluh kesah ini, tetapi saya bukan tipe orang yang mudah untuk bercerita hal yang sifatnya privasi pada orang lain jika orang itu bukan orang yang sudah saya percaya. Maka dari itu, saya mencoba untuk bercerita di sini karena saya pun ingin mendapatkan pencerahan dari sudut pandang profesional, agar saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan tahu tentang apa yang harus saya lakukan agar saya tidak mudah patah semangat dan down. Bagaimana cara untuk mengontrol emosi pada diri seseorang agar tidak mudah meluapkan amarahnya pada orang lain terutama keluarga?

Gambaran: Perempuan, 21 Tahun, Pegawai Swasta.


Jawaban Pijar Psikologi

Halo. Terima kasih atas kepercayaanmu untuk bercerita kepada Pijar Psikologi.

Membaca cerita yang kamu bagikan, kami membayangkan kondisimu saat ini sangat memengaruhi mood-mu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Kami paham, pastilah saat ini rasanya sangat tidak nyaman dan mengganggumu. Apa yang kamu lakukan dengan membagikan keluhanmu kepada kami merupakan hal yang baik dan patut diapresiasi.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang sangat aware dengan kondisimu saat ini. Semakin kita aware, maka semakin lebih mudah bagi kita untuk mengkondisikan diri di setiap kondisi apapun. Percayalah, tidak semua orang mampu menyadari apa yang terjadi di dalam dirinya, bahkan sampai menceritakan keluhannya dan kamu mampu untuk melakukannya. Good Job!

Berdasarkan cerita yang kamu bagikan, kami menangkap bahwa saat ini kamu mulai merasa jenuh dan kelelahan dalam menjalani rutinitas sehari-harimu. Di sisi lain, kamu merasa tidak mendapatkan support dari keluarga, sedangkan yang kamu lakukan merupakan sesuatu yang berarti untuk kehidupan keluargamu. Kondisi-kondisi tersebut menyebabkan kamu mudah emosional dan merasa tidak semangat melakukan rutinitas sehari-hari.

Sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui bahwa memiliki perasaan lelah dan jenuh dalam menjalani rutinitas sehari-hari merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Apalagi dengan aktivitasmu yang cukup padat antara bekerja dan kuliah. Terpapar kesibukan secara terus-menerus dapat memengaruhi kondisi mood sehingga berdampak dalam menjalani kegiatanmu sehari-hari. Oleh karena itu, tidak apa-apa jika kamu menginginkan waktu sejenak bagi dirimu untuk beristirahat pada waktu yang sesuai. Sepadat-padatnya jadwal kegiatanmu, ingatlah bahwa kamu bukanlah seorang robot yang dapat beraktivitas selama 24 jam. Kamu memiliki hak untuk menikmati waktu rileks atau biasanya disebut “me time” dalam menjalani kehidupanmu.

Nah, ada beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan untuk menikmati “me time” seperti olahraga, membaca buku, mendengarkan musik, facial, pijat refleksi serta pergi berlibur dengan teman-teman atau keluarga. Aktivitas seperti itu dapat disebut sebagai self-care, yaitu cara mensyukuri hidup dengan merawat dan memanjakan diri kita. Dengan memberi waktu untuk diri sendiri, kita menyadari bahwa hidup ini tidak hanya untuk bekerja dan belajar saja. Ada bagian dalam diri yang harus diperhatikan kesejahteraannya untuk tetap seimbang.

Selanjutnya, terkait bagaimana menjalani kehidupan sehari-hari agar tetap semangat, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan, salah satunya yaitu membuat list terkait hal-hal yang ingin kamu capai beserta dengan alasannya. List tersebut bukanlah suatu patokan atau beban agar kamu dapat memenuhi target-targetmu, namun bisa menjadi pemantik bagi dirimu saat sedang berada di kondisi tidak semangat atau down. Selain itu, sebisa mungkin kamu tidur cukup di malam hari dan jangan lupa sarapan saat di pagi hari, agar kamu memiliki tenaga dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bangunlah setiap pagi dengan energi positif dan perasaan bahagia karena memiliki 2 hal tersebut dapat memberikan kekuatan dan perasaan optimis dalam menghadapi setiap tantangan serta dapat meningkatkan semangat dalam menjalani hidup.

Kami paham, ketika kondisi sedang tidak stabil terkadang kita tidak sadar melampiaskannya ke orang lain. Nah, ada beberapa cara ketika kamu sudah merasa bahwa emosimu sudah tidak stabil yaitu kamu dapat menenangkan dirimu terlebih dahulu sebelum berinteraksi dengan orang lain. Cara yang dapat kamu lakukan yaitu melakukan relaksasi pernafasan ringan. Adapun tahapannya sebagai berikut :

  1. Pertama, dimulai dengan menghirup napas dalam dari hidung. Hal ini dapat dilakukan dalam keadaan mata terbuka atau pun tertutup.
  1. Tahan napas yang telah kamu hirup tadi dan rasakan sensasi udara yang masuk kedalam tubuhmu. Hitung sampai lima dari awal mulai udara masuk pada proses ini. Kemudian hembuskan napas tersebut secara perlahan-lahan dari mulut.
  2. Lakukan secara berulang kali hingga kamu merasa sedikit rileks. Setelah itu, hal yang dapat dilakukan yaitu membayangkan hal-hal yang menyenangkan selama hidupmu, sehingga dapat menenangkan pikiran dan emosimu. Meluapkan emosi yang dirasakan juga dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan cara menulis, menggambar dan olahraga. Melakukan hal tersebut merupakan suatu media untuk mengeluarkan perasaan yang dimiliki sehingga menjadi lebih lega dan mengurangi beban yang dirasakan.

Terakhir, kami paham, tidak gampang melakukan itu semuanya. Semua proses di atas tidak harus langsung kamu paksakan dalam satu waktu ya. Semua pasti membutuhkan proses. Kami yakin kamu pasti bisa mengatasi permasalahan yang saat ini kamu hadapi. Pelan-pelan saja, dan jangan lupa hargai setiap progress atau perubahan sekecil apapun yang kamu buat. Semangat ya! Semoga bisa membantu.

Terima kasih telah berbagi.

Salam,

Pijar Psikologi

 


Catatan: Curhat adalah sesi konsultasi yang disetujui oleh klien untuk dibagikan kepada pembaca agar siapapun yang mengalami masalah serupa dapat belajar dari kisahnya.

Let others know the importance of mental health !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*