CURHAT: Saya Tidak Percaya Diri untuk Melamar Kekasih Hati

Curhat

Saya merasa tidak percaya diri pada potensi diri. Hal itu membuat saya takut mencari pekerjaan. Saya takut tidak bisa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan nantinya. Saya merasa cemas pada diri sendiri dan selalu takut untuk melakukan perubahan. Tekanan makin bertambah sejak saya berjanji ingin serius dengan wanita yang saya cintai. Saya berjanji suatu saat nanti akan melamar dia. Tapi jika melihat kondisi saya sekarang ini, saya merasa down. Saya selalu berpikir bagaimana caranya saya melamar seseorang tapi tidak berpenghasilan. Saya sangat ingin lebih percaya diri dan bisa menjalani kehidupan dengan normal. Tapi saya tidak tahu harus mulai dari mana.

Gambaran: Laki-laki, 22 tahun, Pekerja Lepas

Jawaban Pijar Psikologi

Terima kasih atas kepercayaan Anda untuk bercerita di Pijar Psikologi.

Berdasarkan cerita yang Anda tuliskan, saya mencoba untuk memahami bahwa ada perasaan bingung, cemas, atau takut yang Anda rasakan. Tentu tidak nyaman ya berada pada kondisi seperti itu yaitu adanya perasaan bingung mengenai potensi diri. Hal tersebut membuat Anda menjadi takut untuk melamar pekerjaan karena takut tidak bisa mengerjakan tugas yang diberikan. Namun, saya sangat mengapresiasi keterbukaan Anda pada tim Pijar Psikologi.

Percaya diri merupakan sebuah keyakinan yang dimiliki oleh individu mengenai kelebihan yang dimilikinya dan membuat individu tersebut mampu untuk mencapai tujuan hidupnya. Secara singkat, percaya diri merupakan efek dari perasaan, keyakinan, dan pengetahuan kita terhadap citra diri sendiri. Ketika individu memiliki konsep atau penilaian yang negatif terhadap diri sendiri, maka individu tersebut memiliki keyakinan yang lemah terhadap dirinya, memiliki pengetahuan yang kurang tepat terhadap kemampuan yang dimilikinya. Individu dengan penilaian positif, memiliki penilaian yang positif terhadap kemampuannya dan meyakini bahwa dirinya memiliki pengetahuan mengenai kapasitas yang ia miliki.

Menumbuhkan rasa percaya diri merupakan sebuah proses dan harus dimulai oleh diri sendiri, karena pada dasarnya hanya individu tersebut yang dapat mengatasi kurangnya rasa percaya diri pada dirinya. Seperti yang sudah di tuliskan di atas, memiliki penilaian yang positif pada diri sendiri merupakan hal yang dapat memengaruhi kepercayaan diri, sehingga yang harus dilakukan ialah memberikan penilaian yang positif pada diri sendiri. Hal yang bisa dilakukan untuk memiliki penilaian positif adalah dengan memberikan sugesti yang positif pada diri sendiri​. Pikiran kita mampu memengaruhi perasaan dan juga perilaku kita.Oleh karena itu, dengan memiliki pandangan yang positif terhadap diri sendiri dan lingkungan, akan membantu kita untuk menunjukkan perilaku positif dan memiliki perasaan positif.

Langkah kedua adalah memastikan sugesti positif yang diberikan pada diri dapat ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari, dengan cara melakukan evaluasi pada diri sendiri serta meminta feedback​ dari orang-orang​ di sekitar mengenai perilaku yang kita tampilkan. Mencintai diri sendiri juga merupakan hal yang mendasar untuk menumbuhkan percaya diri. Ketika kita merasa nyaman pada diri sendiri, menerima semua yang ada di dalam diri, tentu akan memengaruhi emosi dan bagaimana kita memandang diri. Ketika kita menyadari bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka akan lebih mudah bagi kita untuk mencintai diri kita. Mengetahui kelebihan-kelebihan pada diri juga dapat membantu kita untuk menumbuhkan kepercayaan diri. Pemahaman mengenai kelebihan yang terdapat dalam diri dapat membantu kita untuk memiliki keyakainan mengenai kelebihan kita sehingga kita dapat memanfaatkan kelebihan tersebut.

Anda bisa coba untuk menuliskan kelebihan yang mas miliki, baik secara umum maupun secara khusus dalam hal-hal yang dapat menunjang Anda di dalam dunia kerja. Misalnya:

Kelebihan

  1. Mau berusaha untuk menghadapi setiap permasalahan yang muncul.
  2. Selalu optimis
  3. dst.

Lingkungan juga memiliki pengaruh dalam membentuk kepribadian. Ketika kita berada di lingkungan orang-orang yang memiliki percaya diri yang tinggi, memiliki pandangan yang positif, memiliki semangat dan optimis, secara tidak sadar kita cenderung untuk meniru perilaku orang di lingkungan kita. Kita cenderung menjadi lebih termotivasi untuk menampilkan sisi terbaik dari diri kita.

Semoga informasi yang saya berikan dapat membantu dan memberi manfaat. Tetap semangat ya, semoga Anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan semua rencana-rencana Anda berjalan dengan lancar.

“When you can’t control what’s happening, challenge yourself to control the way you respond to what’s happening. That’s where your power is.”

Terima kasih telah berbagi.

Salam,

Pijar Psikologi.

 

Let others know the importance of mental health !