CURHAT: Saya Tidak Suka dengan Pekerjaan Saya. Apa yang Sebaiknya Saya Lakukan?

Curhat

Halo Pijar Psikologi!

Setiap pagi, saya selalu merasa terbebani menjalani hari. Saya merasa pekerjaan yang sedang saya geluti ini bukan lah passion saya. Dibanding merasa bersemangat dan tertantang, saya justru merasa sangat kesal dan sedih ketika mendapatkan tugas dari atasan saya. Saya bingung apakah saya harus bertahan di pekerjaan ini atau sebaiknya keluar dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan saya?

Gambaran: Perempuan, 23 Tahun, Pegawai Swasta.  


 Jawaban Pijar Psikologi

Halo, bagaimana kabarmu hari ini? Tidak banyak orang yang bersedia untuk bercerita apalagi cerita yang disampaikan merupakan pengalaman yang mungkin kurang menyenangkan. Terimakasih banyak, karena telah mempercayakan Pijar Psikologi untuk menjadi tempatmu berbagi cerita. Semoga saat membaca ini perasaanmu dalam keadaan yang jauh lebih baik.

Setelah membaca cerita singkat yang kamu sampaikan, kami bisa merasakan bahwa ada ketidaknyamanan dalam menjalani aktivitas atau pekerjaan yang dijalani saat ini. Adanya pikiran bahwa apa yang yang dilakukan saat ini bukanlah keinginan atau passion mu menumbuhkan perasaan-perasaan lainnya yang cenderung negatif.

Selama berproses dengan pilihan yang sudah diambil, terkadang memang terasa tidak mudah. Di pertengahan jalan, boleh jadi ada hal-hal yang belum terbayangkan sebelumnya kemudian terjadi. Adanya tantangan, rasa bosan, dan berbagai hal lain yang tidak sesuai dengan harapan serta tidak terduga bisa jadi membuat proses tersebut semakin tidak mudah. Meskipun demikian, mampu bertahannya dirimu hingga saat  ini membuktikan betapa kuat dan  bertumbuhnya dirimu  sebagai seorang pribadi.

Sama halnya dengan ketika kamu memilih untuk berproses dengan pekerjaan yang sekarang. Kamu memiliki kewenangan untuk memilih bertahan atau pergi dari pekerjaan yang sedang kamu jalani. Akan tetapi, sebelum itu kamu bisa coba membuat list sisi positif dan negatif dari setiap keputusan yang akan diambil. Selain keuntungan yang akan didapatkan, kamu juga perlu untuk mengenali bagaimana risiko dari setiap keputusan yang diambil. Sebagai contoh pertimbangan, kamu bisa memikirkan apakah lingkungan kerja, pertemanan, jam kerja, gaji, dan tugas yang dilakukan membuatmu bertumbuh atau tidak, baik dari pekerjaan yang saat ini dijalani ataupun dari pekerjaan yang diinginkan.

Selain pertimbangan tersebut, kamu perlu mengenali usaha atau hal apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai apa yang kamu inginkan Dalam hal  ini, kamu juga perlu untuk mengenali potensi atau sumber daya apa saja yang dimiliki untuk mencapai hal yang diinginkan tersebut.

Hal yang paling penting dan perlu dilakukan sebelum mempertimbangkan hal-hal di atas adalah ada baiknya kamu mengenali apa yang menjadi penyebab ketidaknyamanan yang dirasakan. Dengan mengenali atau mengidentifikasi hal tersebut, maka kamu bisa mengambil langkah dengan tepat. Kamu juga bisa sharing dengan orang terdekat yang sekiranya dapat dipercaya dan memiliki sudut pandang lain mengenai tantangan yang sedang kamu hadapi saat ini. Selain mendapatkan saran dan bercerita, berbagi juga bisa membantumu mengurangi beban emosi yang saat ini sedang dirasakan.

Tantangan atau permasalahan merupakan hal yang wajar dihadapi oleh siapa pun dan dimana pun, termasuk di tempat kerja. Hanya saja jenis dan bebannya mungkin tidak sama. Oleh karenanya, menjaga diri sendiri agar tetap sejahtera penting untuk dilakukan. Dalam waktu dekat ini, kamu bisa melakukan self-care dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai atau memberikan reward atas apa yang telah kamu capai. Jangan sampai karena fokusmu mengenai pekerjaan, kamu lupa untuk menyayangi diri sendiri yang memang sudah selayaknya untuk diberi kasih sayangi oleh dirimu sendiri. Semangat ya! Semoga kamu ditemukan dengan pilihan terbaik.

Terimakasih telah berbagi.

Salam,

Pijar Psikologi


Catatan: Curhat adalah sesi konsultasi yang disetujui oleh klien untuk dibagikan kepada pembaca agar siapapun yang mengalami masalah serupa dapat belajar dari kisahnya.

Let others know the importance of mental health !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*