Pijarkan Kesehatan Mental untuk Rakyat Indonesia

Hai, orang baik!

  • Tahukah kamu kalau World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa depresi akan menjadi penyebab disabilitas tertinggi di dunia?
  • Tahukah kamu kalau terdapat sekitar 17 juta orang mengalami depresi di Indonesia, tapi hanya 9% atau sekitar 1,5 juta orang yang mencari dan menerima bantuan psikologis?
  • Tahukah kamu kalau banyak orang dengan gangguan mental tidak mencari bantuan karena takut dengan stigma masyarakat?
  • Tahukah kamu bahwa layanan konsultasi gratis kami selalu penuh setiap minggunya, bahkan dalam waktu beberapa menit setelah layanan dibuka?

Setelah 4 tahun bekerja keras memberikan informasi dan konsultasi psikologi gratis kepada masyarakat Indonesia, Pijar Psikologi kini harus berjalan lebih lambat. Saat ini, kendala keuangan membuat kami tidak bisa memproduksi artikel sebanyak sebelumnya. Kami membutuhkan bantuanmu untuk kembali mempercepat langkah dan menyebarkan pesan kesehatan mental lebih luas lagi.

Kami, Pijar Psikologi, ingin memperluas layanan konsultasi gratis kami dan lebih gencar memberikan informasi mengenai kesehatan mental agar stigma mengenai orang dengan gangguan mental dapat terkikis perlahan-lahan.

Pijar Psikologi adalah media informasi dan konsultasi psikologi gratis yang berdiri sejak 2015. Sebagai salah satu punggawa dalam bidang kesehatan mental di dunia digital di Indonesia, prinsip kami adalah memberikan informasi yang kredibel dan mudah dipahami masyarakat. Tagline kami #UnderstandingHuman adalah cerminan dari visi kami untuk menghapus stigma negatif mengenai gangguan kesehatan mental dari mulai depresi, gangguan kecemasan, bipolar, panic disorder, skizofrenia, dan lainnya.

Apa yang Telah Kami Lakukan?

Selama 4 tahun berdiri, kami sudah memiliki beberapa pencapaian:

  • 700++ artikel seputar psikologi dan kesehatan mental dengan 72.000 pembaca setiap bulannya.
  • 2.300++ konsultasi online gratis dari seluruh penjuru Indonesia.
  • 17 Pijar Class, 2 Pijar Talks, dan 3 Pijar Workshop, serta pameran-pameran dengan total 700++ peserta di Yogyakarta, Surabaya, Bandung dan Jakarta.

Banyaknya pengunjung dan pembaca website kami membuktikan bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai aktif mencari informasi mengenai kesehatan mental yang terpercaya dan berdasarkan sumber bukti ilmiah. Mereka juga sangat membutuhkan layanan konsultasi online gratis karena tidak semua kota memiliki psikolog dan biaya yang dikeluarkan untuk konsultasi dengan psikolog cukup mahal.

Sayangnya, saat ini kami terpaksa mengurangi intensitas produksi artikel untuk menekan biaya operasional harian. Terhitung sejak minggu terakhir bulan Agustus 2018, kami terpaksa mengurangi intensitas publikasi artikel baru. Semula kami berkomitmen untuk mempublikasi 1 artikel baru setiap hari, kini kami hanya mampu mempublikasi 2 artikel baru per minggu. Alasannya karena kami mulai mengurangi jumlah penulis dan desainer yang bertugas mengisi website dan media sosial kami. Kami juga terpaksa menghentikan program internship yang merupakan pondasi penting dalam produksi artikel kami dan beralih mengandalkan kontributor sebagai sumber penulis artikel kami.

Surat dari Pembaca

Kami menerima banyak sekali apresiasi dari masyarakat yang bilang bahwa apa yang kami kerjakan memberikan dampak baik bagi mereka. Mereka menyatakan artikel dan kelas yang kami selenggarakan bagus dan bermanfaat. Mereka juga merasa sangat terbantu dengan apa yang kami lakukan.

Dengan membantu Pijar Psikologi, artinya kamu juga ikut membantu menyebarkan pesan tentang kesehatan mental. Mari memberikan dampak baik bersama kami!

Penggunaan Donasi

Dalam sebulan kami membutuhkan Rp. 6.500.000 yang dipergunakan untuk memproduksi artikel berkualitas yang ditulis oleh tim terlatih dan membiayai konsultasi gratis kami. Dengan biaya tersebut, kami bisa memproduksi 1 artikel setiap harinya. Akan tetapi, kondisi kami belakangan membuat kami harus menekan biaya-biaya tersebut sehingga hanya mampu memproduksi 2 artikel per minggu. Kami berharap dengan bantuan yang kamu berikan, kami bisa kembali meningkatkan intensitas produksi artikel kami dan mempersiapkan langkah ke depan agar dapat lebih mandiri.

Pada kampanye ini, kami menargetkan Rp 40.000.000 sebagai pijakan awal agar kami dapat bertahan beberapa bulan ke depan. Selama ini sumber penghasilan kami dapatkan dari partisipasi dalam kompetisi, penyelenggaraan acara bulanan, penjualan merchandise, hibah, dan dana swadaya pendiri.

Kami mengharapkan donasi kamu untuk membantu kami menyebarkan pesan kesehatan mental lebih luas lagi. Jika kamu belum bisa berdonasi untuk kami, kamu bisa membantu menyebarkan campaign ini kepada teman-teman dan keluarga terdekat.

  1. Masuk ke kitabisa.com/pijarpsikologi
  2. Klik “Donasi Sekarang”.
  3. Masukkan jumlah donasi, identitas diri, dan metode pembayaran.
  4. Transfer sesuai kode unik yang tertera.
  5. Share kitabisa.com/pijarpsikologi di semua media sosial yang kamu miliki. Jangan lupa sertakan #PIJARkanKesehatanMental agar campaign ini mampu menjangkau lebih banyak orang!

Terima kasih! Salam berpijar untuk negeri!

#PIJARkanKesehatanMental

Pertanyaan?

Sampaikan ke kami melalui [email protected]ikologi.org

Let others know the importance of mental health !