Savoring: Sebuah Usaha untuk Sepenuhnya Menikmati dan Merasakan Pengalaman Positif

Sadar atau tidak, manusia modern hidup dalam era yang dipenuhi dengan orientasi terhadap masa depan, tetapi kurang menikmati dan memanfaatkan masa sekarang (present). Padahal masa sekarang adalah manifestasi dari masa depan. Masa depan yang seharusnya tidak memiliki muatan apapun, seolah menyelinap dan menggerogoti kehidupan kita sehari-hari. Akibatnya, kita terbiasa terburu-buru. Kita terburu-buru dalam makan, berjalan, bekerja, atau melakukan aktivitas lainnya. Kita selalu terburu-buru hingga seringnya membuat kita lupa bagaimana cara menikmati hidup yang sepenuhnya.

***

Dalam psikologi, kajian tentang menikmati pengalaman positif dikenal sebagai konsep savoring, yaitu tindakan yang sepenuhnya menghadirkan pengalaman positif yang sedang terjadi saat ini. Dengan kata lain, savoring adalah usaha aktif untuk memperpanjang serta mengintensifkan peristiwa yang menyenangkan dengan merenungkannya atau mengingat semua detail peristiwa tersebut. Seperti mindfulness, savoring juga melibatkan diri untuk menyadari pengalaman di sini-kini.

Konsep ini diteliti secara mendalam oleh ahli psikologi dari Loyola University of Chicago bernama Fred Bryant dan Joseph Veroff. Berdasarkan penelitian tersebut, ternyata kita tidak selalu menanggapi setiap hal-hal baik yang terjadi dalam hidup dan memaksimalkan efek positifnya terhadap kehidupan kita. Alhasil, banyak diantara kita yang akhirnya menyia-nyiakan kenikmatan suatu peristiwa. Hal itu terjadi karena kita terlalu fokus untuk mengejar kenikmatan yang ada di masa depan, yang bahkan kita sendiri pun tidak yakin bisa memilikinya.

Savoring dan Usaha untuk Sehat Mental

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan melakukan savoring. Seperti halnya mindfulness, savoring membantu kita untuk menikmati, mendalami, merasakan sepenuhnya tentang peristiwa yang membahagiakan diri. Dengan begitu, kita pun sekaligus meminimalkan gaya hidup yang terburu-buru, cemas berlebih, hingga kemungkinan mengalami catastrophizing. Savoring tidak hanya membantu kita untuk menikmati kenikmatan yang ada di masa sekarang, tetapi juga merupakan penghargaan terhadap hal-hal positif dalam hidup kita. Ditambah, menurut sebuah studi, orang-orang dewasa yang melakukan savoring diketahui memiliki peningkatan dalam kesejahteraan dan ketahanan terhadap tekanan hidup.

Selain itu, savoring juga memiliki peran tersendiri dalam berbagai hal, misalnya

  1. Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.Ketika kita berupaya memperhatikan perasaan dan emosi positif, tubuh kita akan dipenuhi oleh neurotransmiter yang mendorong kita merasa lebih baik. Misalnya, peningkatan produksi hormon dopamin dan serotonin yang mampu mengurangi stres dan menenangkan sistem saraf kita.
  2. Membantu dalam membuat pilihan hidup yang positif.Ketika kita meluangkan waktu untuk merasakan secara mendalam tentang apa yang menyenangkan bagi kita, maka akan mudah bagi kita untuk membuat keputusan atau menetapkan tujuan dengan lebih konstruktif daripada keputusan yang
  3. Mengalami kehidupan yang penuh syukur dan terhindar dari sifat ketidakpuasan terhadap diri sendiri. Mereka yang menikmati saat-saat istimewa dalam hidup, seringkali memiliki penghargaan yang lebih besar terhadap diri sendiri. Selain itu, mereka juga mampu memandang peristiwayang cenderung “negatif” dari berbagai perspektif.
  4. Mengembangkan rasa percaya diri. Menikmati saat-saat ketika kita telah mencapai sesuatu atau telah melakukan dengan baik, bisa menjadidasar yang kuat untuk membangun rasa percaya diri.

***

Savoring menjadi penting mengingat gaya hidup modern cenderung selalu terburu-buru dan tidak benar-benar meluangkan waktu untuk menikmati setiap detil kebahagiaan yang seharusnya kita rasakan lebih dalam. Waktu yang seharusnya menjadi upaya memanifestasi diri, seolah datang dalam bentuk pemburu yang selalu memburu kita. Sudah saatnya bagi kita, manusia-manusia modern untuk duduk sejenak, menyadari waktu dan pengalaman kita pada masa kini dan menikmati serta merasakan lebih dalam setiap sensasi pengalaman tersebut. Selamat menikmati pengalaman-pengalaman yang luar biasa!


Sumber gambar: www.unsplash.com

Let others know the importance of mental health !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*