The Billionaire: Arti Penting Sikap Pantang Menyerah

“Setiap hari kamu akan dihadapkan pada cobaan, penolakan, dan masalah, tetapi kamu harus tetap melangkah karena kita ingin mencapai suatu tujuan dan membuat hidup ini menjadi luar biasa.”

-Top Itthipat

Apakah Anda sedang memulai untuk merintis karir dan usaha? Apakah Anda sedang merintis karir dan usaha, namun belum berhasil setelah jatuh berkali-kali? Apakah Anda sedang putus asa dan merasa bahwa yang dilakukan saat ini sia-sia? Jika iya, Anda harus belajar untuk optimis dan terus berjuang dari Itthipat Kulapongvanich (Top), seorang pengusaha muda sukses di Thailand, yang kisahnya diceritakan kembali pada film berjudul The Billionaire.

Seorang Pelajar yang Kecanduan Game Online

Saat masih SMA, Top banyak meninggalkan pelajaran dan mengabaikan pendidikannya karena kecanduan game online hingga semua guru di sekolah meremehkannya. Suatu hari, seorang pemain game menawarkan 30 baht kepada Top untuk kemudian ditukarkan dengan item pada game tersebut. Melihat jumlah uang yang ditawarkan, ia berani menjual item miliknya kepada orang tersebut. Sejak saat itu, ia terobsesi untuk mendapatkan uang lebih banyak dan memulai bisnisnya melalui game online. Dari situ, Top berhasil mendapatkan uang hingga 400.000 baht (senilai dengan 150 juta rupiah).

Akan tetapi, orang tua Top menentang bisnis tersebut. Apalagi ketika mereka mengatahui bahwa anaknya tidak berhasil masuk perguruan tinggi negeri karena berfokus untuk menjadi pengusaha.

Jatuh Bangun di Jalan Menuju Kesuksesan

Karena dirasa akun game online milik Top telah disalahgunakan, akunnya pun ditutup oleh admin. Ketagihan berbisnis, ia beralih menjadi penjual kacang panggang di sebuah mall. Awalnya bisnis tersebut berjalan dengan lancar. Tetapi kemudian pihak manajemen mall melarang stand-nya untuk berjualan lagi karena api pemanggangan membuat langit-langit mall menjadi kotor.

Tidak hanya sampai di situ, Top dihadapkan kepada masalah lain. Ayahnya mengalami kebangkrutan dan memiliki hutang mencapai 40 juta baht. Untuk menghindari kreditor, orang tuanya memutuskan untuk pindah ke Tiongkok. Top menolak untuk ikut bersama mereka karena masih ingin mencoba berbisnis di Thailand dan bertekad untuk melunasi hutang ayahnya.

Selanjutnya Top mencoba berbagai bisnis. Berkali-kali pula ia gagal. Hingga suatu ketika, ia berpikir untuk memulai bisnis rumput laut yang sebelumnya belum pernah ada di Thailand. Akan tetapi, ternyata sangat sulit membuat rumput laut yang enak dan rasanya pas.

Akhirnya Top berhasil memasarkan produk rumput lautnya ke minimarket ternama, 7-Eleven. Pada usia 19 tahun, Top berhasil meluncurkan produk usahanya ke lebih dari 3000 cabang 7-Eleven. Beberapa tahun setelahnya, ia mampu melunasi hutang ayahnya. Pada usia 26 tahun, ia telah memperkerjakan 2000 staf dan mendapatkan penghasilan hingga 800 juta baht per tahun.

Dari film ini kita dapat belajar bahwa terus berjuang adalah salah satu hal yang paling penting dalam meraih tujuan dan kesuksesan. Tidak peduli berapa kali jatuh, kita harus tetap melangkah. Tidak perlu khawatir salah, karena dari kesalahan itu kita bisa belajar. Tetap teguh pada pendirian, fokus pada tujuan, serta optimis menatap dan melangkah.

Siap meraih kesuksesan? Jangan lupa tetap optimis seperti Top!

Informasi Film

Judul : The Billionaire (Top Secret)

Sutradara : Songyos Sugmakanan

Penulis : Nawapol Thamrongrattanarit

Cast : Pachara Chirathivat, Walanlak Kumsuwan, Somboonsuk Niyomsiri

Rilis : 20 Oktober 2011

Distributor : GMM Tai Hub (GTH)

Durasi : 131 menit


Sumber Data Tulisan

http://www.imdb.com/title/tt2292955/

Image Featured Credit: https://en.wikipedia.org/wiki/The_Billionaire

Let others know the importance of mental health !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*