Yoga Sebagai Latihan Fisik-Mental Untuk Mengurangi Stres

Saat ini, sebagian besar dari kita sedang melakukan karantina diri sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19 yang sedang mewabah. Tidak sedikit dari kita sebagai kaum urban yang akrab dengan aktivitas padat  di luar rumah yang super sibuk, terpaksa harus melakukan segala aktivitas di rumah saja. Penerapan kebijakan WFH (Work From Home) atau SFH (School From Home) membuat kita dituntut bekerja/belajar melebihi jam normal biasa ketika belajar/bekerja di luar rumah. Memasuki bulan kedua karantina diri ini, banyak dari kita mulai mengeluh tentang tumpukan pekerjaan, tugas, merasa tidak stabil secara emosi, pikiran, serta vitalitas tubuh. Tidak jarang juga kita mulai merasa stres, cemas, marah, bosan, bingung tentang kapan pandemi ini akan berakhir. Namun, banyak juga beberapa dari kita yang mulai aware bahkan beradaptasi dengan keadaan dan membuat rutinitas baru di rumah seperti melakukan aktivitas yang bisa membantu mengelola stres dan emosi-emosi negatif lainnya. Salah satu aktivitas fisik-mental yang mampu meredakan stres adalah yoga. Bagaimana yoga bisa meredakan stres kita?

***

Mengenal Yoga: Sebuah Latihan yang Berfokus pada Tubuh dan Pikiran

Yoga adalah bentuk latihan yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas, dan pernapasan untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental. Lebih dari 5000 tahun yang lalu latihan ini telah dipercaya banyak orang sebagai praktik pengembangan diri. Yoga berasal dari bahasa Sansekerta yakni Yuj dan Yoking yang memiliki arti penyatuan secara harmonis dari yang terpisah. Makna penyatuan yang dimaksud adalah proses menyatukan antara tubuh, pikiran, perasaan dan aspek spiritual dalam diri manusia. Sehingga, selama seseorang melakukan yoga tubuh dan pikiran seseorang akan secara sadar dikontrol oleh tiga hal, yaitu emosi, akal, dan aksi.

Kini, yoga telah banyak dilakukan oleh banyak orang di dunia dan sangat populer sebagai latihan yang meliputi disiplin etika, postur fisik, kontrol pernapasan, dan meditasi. Hal itulah yang membuat yoga banyak diminati karena setiap gerakan/posturnya dirancang untuk meningkatkan kekuatan, fleksibilitas serta pernapasan. Banyak penelitian menyebutkan bahwa yoga dapat mengurangi dampak dari stres yang berlebihan. Tidak sedikit juga penelitian yang menemukan bahwa yoga di pagi hari, di malam hari, atau bahkan saat istirahat makan siang, terbukti mampu meminimalkan stres dan meningkatkan produktivitas. Hal ini karena yoga diketahui mampu meningkatkan mood, tingkat kesadaran dan kemampuan self-compassion berkat latihan yang berfokus pada pikiran dan tubuh (mind and body practice).

Yoga Sebagai Latihan untuk Mengurangi Stres

Stress merupakan cara seseorang merespon keadaan dan kejadian yang mengancam dirinya  serta yang mengancam kemampuan mereka untuk coping. Stress dapat disebabkan karena ada beberapa faktor antara lain masa krisis, ujian, masalah rumah tangga, sakit, kurang tidur, masalah pekerjaan, dan banyak lainnya.

Dalam sebuah studi menemukan bahwa peserta yang melakukan yoga selama 10 hari menunjukkan penurunan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon yang dikeluarkan tubuh saat mengalami stres. Ketika hormon ini ada dalam tubuh dalam jumlah berlebih, maka hal tersebut akan berdampak pada peningkatan kadar gula darah, mengurangi efektivitas sistem kekebalan tubuh, dan mengubah proses metabolisme normal dalam tubuh. Para peneliti menemukan bahwa berlatih yoga secara teratur mengurangi kadar kortisol dalam tubuh, sehingga mengurangi efek samping negatif yang dapat ditimbulkan hormon tersebut. Yoga melalui gerakan peregangan (stretching) dapat membantu tubuh merilis sejumlah stres dalam bentuk ketegangan yang disimpan tubuh sehingga bagian-bagian tubuh yang sering terasa sakit/tegang/bermasalah bisa melepaskan ketegangan akibat stres tersebut. Misalnya, tegang/kaku di bagian bahu, pinggang, pinggul, punggung dll. Disamping itu, pelepasan ketegangan dalam tubuh juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, mengatur denyut jantung dan pernapasan serta mengatasi depresi dan kecemasan.  Penelitian lain terkait latihan yoga menemukan hasil bahwa dengan melakukan yoga, terdapat peningkatan sikap yang positif terhadap stress, termasuk di dalamnya self-awareness, mekanisme coping, ketenangan, kasih sayang, mindfulness, dan spiritualitas.

Yoga Sebagai Latihan untuk Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidak tercapainya kualitas tidur yang baik dapat membuat kita mengalami sejumlah masalah tidur seperti insomnia, kelelahan dan gangguan fisik maupun mental. Insomnia seringkali dikaitkan dengan dengan resiko hipertensi yang lebih tinggi, gangguan variabilitas detak jantung, kardiovaskuler, kanker, depresi, diabetes, gangguan neurokognitif, dan mortalitas.

Yoga melalui gerakan padahastasana (hand under foot), marjariasana (cat stretch), shishosana (extended puppy pose), dan baddha konasana (butterfly pose) terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur terutama bagi penderita insomnia. Gerakan padahastasana dapat mengurangi gejala tekanan darah tinggi dan memperlancar sirkulasi darah. Marjariasana bermanfaat untuk meregangkan daerah tulang belakang dan menenangkan pikiran. Shishosana baik untuk menenangkan sistem saraf dan baddha konasana bermanfaat untuk mengurangi kelelahan, membersihkan organ ginjal, prostat dan ovarium serta meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

***

Yoga memberikan kita pilihan aktivitas self-care yang menarik untuk merawat kesehatan fisik maupun mental. Di tengah keadaan yang serba tidak menentu seperti sekarang, kita memang perlu mengelola emosi-emosi yang muncul dengan rutin merawat kesehatan fisik dan mental kita. Dengan berlatih yoga, kita bisa mengatasi stres akibat luapan emosi yang muncul serta meningkatkan kualitas tidur yang penting bagi kesehatan dan vitalitas tubuh-pikiran kita. Salam sehat untuk kita semua!

 


Artikel ini adalah artikel sumbang tulisan dari Owena Livia. Owena adalah seorang mahasiswi psikologi biasa yang menyukai Oasis dan Aerosmith. Owena dapat dihubungi melalui instagram @owenalivia.

 


 Sumber gambar: www.unsplash.com 

 

 

Let others know the importance of mental health !

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*