Manfaat Anak Laki-Laki yang Dekat dengan Ibu

unsplash-image-7V72k8qWfMs.jpg

Anda sepertinya sudah sering mendengar kalimat ini,“Anak laki-laki pasti lebih dekat dengan sosok Ibu dibanding Ayah.” Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk ‘anak papi’ atau ‘anak mami’?

Sebenarnya tidak salah jika Anda lebih dekat dengan salah satu sosok orang tua. Tapi, bukankah lebih mengesankan jika anak perempuan dekat dengan ayahnya dan anak laki-laki dekat dengan ibunya?

Untuk memahaminya, yuk kita simak penjelasan manfaat anak laki-laki yang dekat dengan Ibunya!

1. Rasa Empati dan Lebih Pintar Mengendalikan Emosi

Seorang anak laki-laki yang dekat dengan Ibu cenderung lebih terbuka, mudah mengekspresikan emosi, serta percaya diri. Selain itu, pelukan Ibu terbukti dapat meningkatkan kepekaan serta rasa simpati dan empati anak terhadap orang lain. Kenapa bisa? Penelitian klinis dan psikologis menunjukkan bahwa pelukan antara orang tua, khususnya ibu dengan anak dapat meningkatkan kecerdasan otak anak, merangsang produksi hormon oksitosin yang berfungsi untuk menghasilkan perasaan tenang dan bahagia, serta membantu mengeluarkan zat berbahaya dari otak.

2. Nilai Akademis Baik

Mengungkapkan isi hati terkadang susah untuk dilakukan oleh anak laki-laki. Padahal, tidak jarang dari mereka didera berbagai permasalahan, salah satunya adalah masalah akademik. Ketika seorang anak terbuka dengan Ibu mengenai permasalahannya di sekolah, ia akan langsung mendapatkan solusi yang bisa dipraktikkan dari sudut pandang orang dewasa. Selain itu, Ibu juga bisa berperan sebagai tutor di rumah sehingga nilai anak akan membaik.

3. Mempunyai Pekerjaan Mapan di Masa Depan

Anak laki-laki yang dekat dengan Ibu akan cenderung lebih komunikatif dan kuat secara mental. Hal tersebut sesuai dengan kebutuhan ekonomi saat ini. Memiliki mental baja dan berani berpendapat akan memudahkan anak untuk mendapatkan karir yang cemerlang.

4. Bertanggung Jawab terhadap Keluarga

Selanjutnya, manfaat anak laki-laki yang dekat dengan Ibu memiliki kepedulian yang tinggi. Dr. William Pollack, seorang profesor bidang psikologi di Harvard University, mengatakan, anak laki-laki yang dekat dengan Ibu kelak akan menjadi pria yang bersedia untuk melakukan pekerjaan perempuan, seperti menyapu, mencuci piring, menyiapkan makanan bahkan memasak. Selain itu, kedekatan Ibu dengan anak laki-laki dapat membuat mereka menjadi lebih mengerti perasaan perempuan.

5. Mengerti Arti Maskulinitas dengan Baik

Bagi sebagian anak laki-laki, maskulinitas sering dihubungkan dengan kondisi fisik yang bagus serta pribadi yang dingin, tegas dan keras kepala. Hal ini akan berubah jika ia dekat dengan ibu. Ketika ia dekat dengan Ibu, pemahaman terhadap maskulinitas akan diperjelas dengan indikator perilaku mulia, seperti tidak mudah menyerah, bertanggung jawab, bijak, perasa, dan menerima pendapat tanpa harus menjatuhkan.

Ingin tahu manfaat lainnya jika anak laik- laki lebih dekat dengan ibunya? Silahkan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ dengan download aplikasi Go Dok di sini. GRATIS!

Artikel ini dikirimkan oleh Go Dok sebagai bentuk kerja sama dengan Pijar Psikologi. Go Dok adalah penyedia ragam layanan kesehatan online. Bisa dikunjungi di go-dok.com

Pijar Psikologi

Pijar Psikologi adalah media non-profit yang menyediakan informasi kesehatan mental di Indonesia.

Previous
Previous

Family Caregiver: Sang Pengasuh pun Butuh Diperhatikan

Next
Next

Curhat: Saya Memiliki Depresi dan juga Anxiety