Mengenal “Profesi” Ibu dalam Keluarga

Sudahkah Anda membahagiakan Ibu? Sosok malaikat tanpa sayap, tidak heran jika ada pepatah yang mengatakan “kasih sayang ibu sepanjang masa”. Artinya bahwa kasih sayang ibu tidak akan berhenti sampai kapan pun, mulai saat kita masih dalam kandungan hingga tua nanti.

Mengingat betapa besar jasanya bagi keluarga, tidak aneh rasanya jika banyak peranan diemban seorang ibu hingga menyebabkan beliau menjadi sosok yang multitasking. Berikut beberapa peran ibu yang jarang Anda sadari:

1. Manajer pribadi

Seorang ibu sangat hafal dengan jadwal sehari-hari suami dan anak-anaknya. Karenanya, seorang ibu rela untuk memulai aktivitas sedini mungkin agar setiap anggota keluarga dapat menepati jadwal masing-masing. Jadi, kurang tangguh apalagi ibu Anda?

2. Tempat mencurahkan hati

Sosok ibu sudah sewajarnya merupakan pendengar dan pemberi saran yang baik. Jika suami atau anak-anak sedang bermasalah atau merasa sedih, maka ibulah sosok tumpuan untuk membangkitkan kembali keceriaan. Tidak heran jika memberikan kenyamanan untuk keluarga adalah peran penting seorang ibu.

3. Sebagai manajer keuangan dalam keluarga

Ibu harus bisa mengelola keuangan keluarga dengan cermat dan teliti serta memastikan semuanya terpenuhi, mulai dari biaya dapur, listrik, pendidikan, jajan, dan sebagainya. Alasannya adalah untuk memastikan anak-anaknya mendapat gizi yang cukup dan segala kebutuhannya terpenuhi. Tidak jarang loh ibu lebih mementingkan kebutuhan suami dan buah hati daripada dirinya sendiri. Mulia sekali,ya?

4. Suri tauladan

Tidak jarang seorang ibu membantu dan membimbing anak dari segi akademik dengan ikut terlibat dalam proses belajar. Contohnya adalah dengan mengajarkan kembali apa yang dipelajari anak di sekolah. Selain itu, ibu juga harus merangkap menjadi sosok tauladan bagi keluarga dengan memberikan contoh sikap yang baik dan bijak. Jadi, selain menjadi guru, ibu juga berperan sebagai tauladan dan motivator. Benar, kan?

5Perawat handal

Saat ada anggota keluarga yang sakit, ibulah orang pertama sadar dan lanjut merawat hingga Anda kembali sehat seperti semula. Tidak jarang ibu akan terus merawat anggota keluarga lain yang sakit meskipun kondisi badannya sendiri sedang tidak fit.

6. Penjaga setelah ayah

Jika ayah sedang tidak ada di rumah, maka ibu secara otomatis mengisi kekosongan peran tersebut. Memastikan apakah buah hati sudah pulang ke rumah dan khawatir jika terjadi sesuatu di luar sana pada keluarganya sudah menjadi naluri alami seorang ibu.

7. Chef favorit keluarga

Memastikan anggota  mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi memang telah menjadi tugas seorang ibu. Tidak jarang ibu harus rela bangun di pagi buta untuk memasak. Alasannya tidak lain agar anggota keluarga bisa sarapan sebelum memulai aktivitas. Tidak heran jika beberapa orang rindu dengan masakan ibu karena masakan ibu penuh dengan cinta dan ketulusan.

Itu tadi pembahasan mengenai “profesi” Ibu dalam keluarga. Yuk, tunjukkan kasih sayang Anda dengan memperhatikan kesehatan Ibu melalui fitur ‘Tanya Dokter’ download aplikasi Go Dok di sini. GRATIS!

Artikel ini dikirimkan oleh Go Dok sebagai bentuk kerja sama dengan Pijar Psikologi. Go Dok adalah penyedia ragam layanan kesehatan online. Bisa dikunjungi di go-dok.com

 

Let others know the importance of mental health !

1 comment

Comments are closed.