Cara Sederhana Mengurangi Kecanduan Internet

“Aku takut akan datangnya suatu masa ketika teknologi akan menggantikan interaksi manusia”

– Albert Einstein

Saat ini, teknologi sudah tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. Tanpa kita sadari, interaksi via internet perlahan menggantikan interaksi langsung. Meski selama ini kita merasa tidak ada yang salah dengan kebiasaan tersebut, bisa jadi kita sudah kecanduan dengan internet. Mungkin kita tidak menyadarinya karena orang di sekitar pun sudah sangat terbiasa melakukannya. Anda dapat membaca artikel tentang kecanduan internet untuk lebih memahami ciri-cirinya.

Layaknya ‘kecanduan’ pada umumnya, sangat sulit rasanya untuk lepas dari serunya berselancar di dunia maya. Itu sebabnya, kita bisa berselancar di internet tanpa mengingat waktu. Apalagi efek negatif dari kecanduan internet cenderung tidak kita rasakan secara langsung, melainkan perlahan-lahan mendominasi rutinitas pribadi. Tak jarang kita lebih memilih untuk menunda-nunda pekerjaan demi berselancar dengan gadget masing-masing. Jika ingin memulai untuk terbebas dari kecanduan ber-internet, mungkin beberapa cara ini bisa dicoba :

Ubah Kebiasaan dengan Cara yang Berbeda

Kita bisa mulai dari menyadari kebiasaan berinternet setiap harinya. Coba tuliskan pukul berapa dan di mana saja  kita biasa mulai menggunakan internet. Dengan menyadari rutinitas berinternet, kita dapat melihat kebiasaan mana yang bisa mulai diubah.

Coba “rusak” kebiasaan menggunakan gadget dan internet dengan melakukan hal-hal sederhana.  Jika biasanya selepas bangun tidur langsung mengecek media sosial baru kemudian mandi, coba ubah kebiasaan ini dengan mandi terlebih dahulu baru mengecek media sosial.

Tampak sederhana, bukan? Tapi, teknik ini ternyata bermanfaat untuk mengubah rutinitas normal kita dan membantu beradaptasi dengan pola waktu yang lebih efektif. Dengan fokus membangun rutinitas baru, secara tidak sadar  tubuh akan  mengurangi kebiasaan lama.

Coba Uninstall Satu Aplikasi Saja

Salah satu hal utama yang menjadi pemicu kecanduan gadget dan internet adalah aplikasi yang terpasang di dalamnya. Sebut saja instagram, facebook, chat messenger, games, dan lainnya.

Cobalah untuk mulai merelakan salah satu aplikasi yang ada di gadget untuk di-uninstall. Misalnya, jika terbiasa menggunakan aplikasi Instagram dan Path, coba tantang diri sendiri untuk menghapus salah satu aplikasi tersebut. Memang, pada awalnya kita akan merasa tidak rela dan kesulitan. Namun, niatkan langkah kecil ini untuk mengurangi waktu yang kita habiskan dengan internet, dan ubah menjadi hal yang lebih positif.

Yuk, Kembali ke Hobi Lama

Di masa kecil dulu, mungkin salah satu dari kita kerap iseng menggambar di kertas dan banyak teman-teman yang memuji gambar tersebut.  Atau bisa jadi, kita punya hobi lama yang telah terlupakan, seperti merajut atau fotografi?

Jika hobi-hobi yang menyenangkan itu sudah jarang dilakukan, sekarang saatnya kita lakukan lagi kegiatan-kegiatan yang dulu sangat menarik bagi ini. Lakukan hobi-hobi ringan seperti membaca buku fisik, melukis, memancing, pergi ke kebun binatang, atau sesederhana memasak bersama keluarga. Kita bisa mulai dengan melakukan hobi tersebut seminggu sekali. Matikan sejenak koneksi internet di gadget dan habiskanlah waktu tersebut dengan bahagia. Bisa jadi, selama ini kita telah kehilangan banyak momen-momen seru untuk diri sendiri karena terlalu fokus dengan dunia maya.

Cari Bantuan untuk Mengingatkan

Jika kesulitan untuk membatasi waktu penggunaan internet, membuat peringatan eksternal seperti alarm atau timer bisa menjadi solusi. Banyak aplikasi pembatas penggunaan gadget  dan internet yang dapat diunduh. Misalnya pada gadget dengan sistem operasi Android, kita dapat mengunduh aplikasi ‘Forest: Stay Focused, ‘Quality Time-My Digital Diet dan AppBlock-Stay Focused’. Dengan aplikasi tersebut, kita bisa membatasi penggunaan internet atau penggunaan aplikasi-aplikasi lain yang ada di gadget sehingga bisa lebih fokus pada pekerjaan lain.

Tak hanya itu, kita juga bisa minta diingatkan oleh teman untuk segera berhenti menggunakan internet dan mulai melakukan aktivitas lain. Membuat kelompok atau grup internal yang berisi teman-teman dekat bisa membantu untuk saling mengingatkan ketika sudah mulai kecanduan internet.

Jadikan Kecanduan Menjadi Hal yang Bermanfaat

Apabila sudah berusaha melakukan langkah-langkah di atas, namun masih sulit mengontrol diri, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan kecanduan ini menjadi sesuatu yang positif. Jadikan internet sebagai sarana untuk belajar dan berinovasi. Ikuti akun-akun yang memotivasi dan berisi wawasan baru yang sesuai dengan passion. Internet juga bisa menjadi lahan yang potensial untuk berbisnis. Saat ini sudah bukan jamannya lagi menjadikan internet sebagai penghibur belaka, coba manfaatkan untuk hal-hal yang lebih bernilai.

Hal yang terpenting bukan apa yang sudah kita lakukan di internet, namun apakah yang sudah kita hasilkan dengan internet?

Selamat mencoba!

 

Let others know the importance of mental health !
Total
2
Shares