#HausEksis? Ini Dia Ragam Challenge dan Bahayanya!

Bagi para content creator dan pegiat media sosial yang #HausEksis, memiliki konten-konten menghibur dan berkualitas tentu menjadi perhatian mereka agar dapat menjaga penonton tetap setia dan tidak berpindah ke channel lainNah, salah satu konten yang sering digunakan para influencer media sosial untuk mendongkrak penonton adalah aksi tantangan atau challenge tertentu. Challenge  biasanya dilakukan sendiri atau tak jarang melibatkan orang lain dalam aksinya.

Karena hal tersebut, bukan hal aneh jika kita semua dapat dengan mudah menemukan ragam video challenge di seluruh media sosial, terutama Youtube. Memang, selain prank dan social experimentchallenge video dipercaya ampuh mengundang atensi netizen.

Banyak yang tidak sadar kalau ada bahaya dari segi kesehatan dan psikologis yang mengancam dalam setiap challenge video yang dibuat. Mau tahu apa saja? Yuk, kita simak sama-sama bahaya yang mengancam pada setiap video challenge melalui artikel di bawah ini.

Makan Cabe Challenge

Melihat orang sedang berjuang melawan rasa pedas memang menghibur. Padahal, mereka tidak tahu kalau mengonsumsi makanan super pedas, seperti cabe, dapat menyebabkan gangguan seperti sesak napas hingga pingsan. Kok bisa, sih?

Cabe mengandung senyawa yang disebut capsaicin yang menstimulasi syaraf di otak bahwa tubuh merasakan sensasi nyeri atau panas akibat rasa pedas tersebut. Sebenarnya, capsaicin itu sendiri tidak membahayakan nyawa, namun reaksi tubuh dalam menerima capsaicin lah yang berbahaya.

Sensasi perih dan pedas dari cabe yang Anda makan lah yang merangsang tubuh bereaksi seolah stress dan menjadi gelisah. Akibatnya, tidak jarang orang yang makan cabe super pedas menjadi sulit bernapas, muntah, pingsan, dan membuat usus jadi iritasi, lho. Bahkan, dapat menyebabkan kematian bagi anak-anak di bawah umur!

Tide Pot Challenge

Bisa dikatakan, ini menjadi salah satu challenge video yang sedang menjadi tren di dunia maya. Bagi Anda yang belum tahu, Tide Pot merupakan salah satu produk pembersih pakaian yang biasa digunakan penyedia jasa laundry.

Ya, Anda tidak salah baca. Youtuber zaman sekarang mulai mengonsumsi zat-zat yang beracun dan tidak boleh dimakan, salah satunya Tide Pot ini. Ini sih tidak perlu dijelaskan ya, secara kita semua sadar banyaknya kandungan beracun di dalam produk kebersihan yang satu ini, tentu saja keracunan!

Makan Banyak Challenge

Tantangan yang satu ini mungkin lebih banyak dikenal dengan istilah ‘Mukbang’. Lomba makan, entah siapa yang lebih cepat atau lebih banyak dengan jangka waktu tertentu, memang menghibur untuk ditonton. Melihat visual berupa makanan tak jarang membuat kita sebagai penonton pun ikut merasa lapar.

Salah satu bahaya yang dapat mengancam jiwa adalah tersedak. Setuju, dong. Lomba seperti ini menuntut pesertanya memakan dan mengunyah lebih cepat. Tidak jarang belum semua makanan dikunyah dengan sempurna, bisa saja tersangkut di kerongkongan dan mengganggu proses pernapasan. Salah satunya jika makanan tersebut mengandung daging yang cenderung bertekstur liat.

Belum lagi dengan kandungan nutrisi yang terdapat dalam makanan yang dilombakan. Menu-menu perlombaan seperti burger dan daging steak cenderung berlemak dan banyak garam sehingga meningkatkan risiko terkena darah tinggi, lho. Seporsi burger saja sudah cukup berlemak, apalagi jika porsinya bertumpuk-tumpuk?

Selain itu, mengonsumsi makanan secara banyak dan serentak juga dapat memicu asam lambung Anda bereaksi. Akhirnya, perut merasa kembung dan mual, deh!

Sour Drink Challenge

Meminum minuman super asam, dapat menyebabkan sejumlah gangguan, seperti pengeroposan gigi. Lapisan gigi memiliki kandungan pH di level 5,5. Artinya, pengeroposan gigi dapat terjadi jika terkena cairan dengan kandungan asam yang lebih dari itu. Sebagai contoh, lemon memiliki pH di level 2.

Minuman asam juga dapat menyebabkan meningkatkan asam lambung yang disertai rasa perut yang kembung, sendawa, dan mual. Alasannya, minuman asam dapat memicu enzim pepsin yang ada di dalam perut yang bertugas memecah protein. Maka dari itu, proses pemecahan protein itulah yang membuat Anda merasa perut yang terbakar dan kembung.

Jika Anda mendapat asupan terlalu banyak vitamin C, maka tubuh harus membuangnya dengan cara-cara ekskresi seperti melalui urin dan feses. Itulah mengapa, terlalu banyak meminum minuman asam dapat membuat Anda diare, sering buang air kecil, bahkan muntah yang berujung pada dehidrasi.

Jika mengonsumsi buah asam seperti lemon, terdapat sebuah senyawa protein yang disebut tyramine. Nah, tyramine inilah yang dapat memicu Anda jadi merasakan migrain.

itulah bahaya ragam video challenge yang sedang ramai dipertontonkan melalui jagat dunia maya, termausk Youtube. makanya, jangan asal Haus Eksis tapi lupa mempertimbangkan risiko yang kamu terima. Video challenge yang Anda tayangkan, bisa saja ditiru dan kemudian merugikan orang banyak. Bagi Anda yang mempunyai permasalahan seputar kesehatan, silakan gunakan fitur Tanya Dokter dan dapatkan solusinya!

Artikel ini dikirimkan oleh Go Dok sebagai bentuk kerja sama dengan Pijar Psikologi. Go Dok adalah penyedia ragam layanan kesehatan online. Bisa dikunjungi di go-dok.com

Pijar Psikologi

Pijar Psikologi adalah media non-profit yang menyediakan informasi kesehatan mental di Indonesia.

Previous
Previous

CURHAT: Saya Masih Menganggur dan Menjadi Mudah Putus Asa

Next
Next

Ketika Depresi dan Kecemasan Menyerang Bersamaan