Direktori Psikologi: Narcissistic Personality Disorder

Definisi

Sebuah gangguan kepribadian yang ditandai dengan pemikiran tidak realistis tentang superioritas diri, kebutuhan yang luar biasa untuk dikagumi, dan kurangnya rasa empati. Seseorang dengan gangguan kepribadian narsistik percaya bahwa mereka memiliki kepentingan utama dalam kehidupan orang lain. Mereka merasa kurang mengenali diri mereka sehingga mereka berperilaku, berpikir dan bersikap demi pengakuan dari orang lain.

Penyebab

Hubungan antara anak dan orang tua dalam proses pengasuhan. Dalam proses pengasuhan, anak terlalu dimanja dan sering diberi pujian. Di sisi lain, anak yang diabaikan keluarganya juga dapat berakibat pada berkembangnya kepribadian narsistik. Ketika diabaikan, anak akan merasa seolah-olah tidak diakui atau tidak menerima kasih sayang yang cukup dari orangtuanya.

  1. Memiliki kebutuhan luar biasa untuk dianggap penting
  2. Merasa butuh untuk dikagumi
  3. Kurang memiliki rasa empati
  4. Memiliki kesulitan menghadapi kritik atau kekalahan
  5. Mencari perhatian berlebih untuk mengetahui seberapa tinggi orang di sekitar memandang dirinya
  6. Memanfaatkan orang lain demi kepentingan sendiri
  7. Mempercayai bahwa diri mereka superior dan menganggap dirinya hanya bisa berinteraksi dengan orang yang sama “superior”-nya dengan dirinya
  8. Merasa iri kepada orang lain dan beranggapan orang lain juga merasa iri terhadap dirinya
  9. Disibukkan dengan bayangan tentang kesuksesan, kecantikan, kekuatan, atau pasangan yang sempurna

Terapi

  1. Psikoterapi

Psikoterapi dilakukan supaya seseorang dengan gangguan kepribadian narsistik bisa menjalin hubungan lebih baik dengan orang lain. Lewat psikoterapi, seseorang dengan gangguan kepribadian narsistik akan diajak untuk memahami emosi dan dorongan dalam diri yang membuat mereka sulit percaya dan meragukan diri sendiri di hadapan orang lain.

  1. Terapi Kelompok

Terapi kelompok membantu orang dengan gangguan kepribadian narsistik untuk melatih empati dari pengalaman orang lain dalam kelompok tersebut. Pengalaman emosional dan power terapis tidak menjadi kekuatan grup ini, tetapi kontrol perilaku akan tetap dilakukan dengan cara yang tidak menyinggung kelemahan ego orang dengan gangguan kepribadian narsistik.

Fun Fact

Di balik perilakunya yang ingin dipandang superior terdapat kepribadian yang sebenarnya lemah dan rentan ketika menghadapi kritik dari sekitar. Seseorang bisa menjadi merasa kosong ketika menghadapi penolakan.

 

Catatan

Direktori Psikologi adalah informasi lengkap mengenai gangguan mental yang terdiri dari pembahasan definisi, gejala hingga metode treatment. Semua yang tercantum di direktori ini semata hanya untuk keperluan penambahan pengetahuan. Perlu diketahui, diagnosis gangguan mental tidak bisa diidentifikasi hanya berdasarkan satu atau dua gejala yang dialami. Diagnosis gangguan mental hanya dapat dilakukan oleh psikolog atau psikiater. Jika merasa diri sendiri atau orang terdekat mengalami gejala yang ada disarankan untuk menemui psikolog/psikiater terdekat.

 

Let others know the importance of mental health !
Total
2
Shares