We are waiting for your stories and knowledge!

Psikologi bukanlah ilmu tebak-tebakan kepribadian melalui kuis 8 jenis pintu ataupun membaca garis tangan. Psikologi adalah science of mind and behavior. Pijar Psikologi lahir atas misi tersebut, untuk memberi informasi yang terpercaya mengenai isu-isu psikologi, kesehatan mental dan juga gangguan mental.

Ingin menceritakan pengalamanmu dan membagikan pengetahuanmu?

Kami menerima tulisan, foto, ilustrasi dan video dari siapapun mengenai segala hal yang berkaitan dengan psikologi dan kesehatan mental. Secara spesifik, tulisan yang dikirim mengangkat tema-tema psikologi klinis seperti depresi, anxiety, bipolar, relapse, PTSD, autisme, down syndrome, selective mutism, therapy dll, juga tema psikologi populer seperti patah hati, kesepian dan memaafkan. Selain tulisan yang bersifat pengetahuan (knowledge), kami juga menerima tulisan berupa perjalanan hidup Anda (stories) dengan mental illness (penjelasan detail ada di bawah!)

Guidelines

Dua jenis tulisan yang dapat kamu sumbangkan, yaitu:

Knowledge
  1. Tulisan (deskriptif, analitis) mengenai fenomena psikologi yang ilmiah namun mudah dipahami (knowledge)
  2. Tulisan dalam bentuk kiat atau tips untuk orang-orang yang memiliki gangguan mental atau untuk meningkatkan kesehatan mental
  3. Thoughtful Reflection terkait fenomena psikologi manusia. Bukan common sense semata
  4. Hyperlink to scientific paper(s) is a must! Karena Pijar Psikologi menjunjung tulisan yang dapat dipertanggungjawabkan, maka tulisan HARUS merujuk ke link-link jurnal ilmiah atau bisa juga hyperlink ke tulisan Pijar Psikologi lainnya. Mohon untuk jurnal ilmiah atau referensi lain tidak hanya dari satu sumber!
  5. Contoh tulisan: Sialnya, depresi kambuhan” “Panic Attack: Sensasi Serangan Jantung Psikologis”,  “14 Metode Self-care untuk Fisik dan Mental”, “Perempuan dan patah hati” dan tulisan-tulisan lainnya yang bisa kamu lihat di Lumbung Wawasan atau Kiat.
Stories
  1. Merupakan cerita perjalanan hidupmu dengan gangguan mental (depresi, panick attack, PTSD, dll). Tulisan-tulisan yang termasuk dalam stories, kami kategorikan dalam rubrik ‘Cerita Kami’.
  2. Bisa juga cerita tentang pengalamanmu berkonsultasi dengan psikolog, psikiater, atau pengalaman meminum obat antidepressant atau psikotropika lainnya (therapy experience)
  3. Atau bisa ceritamu merawat atau mendampingi seseorang dengan gangguan neurologis dan mental (caregiver stories)
  4. Kami mengharapkan cerita dan identitas asli Anda. Karena kami percaya, cara menghapus stigma adalah dengan berani bersuara bahwa “it’s okay to have mental illness(es), we’re human anyway
  5.  Contoh tulisan:  Mengapa Kami memilih bunuh diri” dan tulisan-tulisan lainnya yang bisa kamu lihat selengkapnya di Cerita Kami.
  6. Perhatian! stories bukanlah curhat. Curhat adalah sesi konsultasi dengan konselor Pijar Psikologi yang disetujui oleh klien untuk dibagikan dan bukan merupakan sumbang tulisan.

Artikel dikirim dengan format word document (doc.) dengan rincian sebagai berikut:

  1. Maksimum 900 kata
  2. Tuliskan idemu dengan jelas dan terstruktur, runtutan cerita harus urut dan pastikan tulisan kamu benar-benar clear terkait apa yang ingin disampaikan
  3. Gunakan font yang menarik dan mudah dibaca. Kami menyarankan memakai font Arial 11 pt standar
  4. Sertakan identitas singkat berisi nama, alamat, e-mail, nomor HP, blog atau akun media sosial (jika ada). Sertakan juga profil singkat yang menarik dalam 1- 3 kalimat. Jangan lupa lampirkan foto terbarumu juga ya! 
  5. Artikel dan semua attachment (jika ada) dikirimkan melalui email ke [email protected] dengan subjek “sumbang tulisan_namamu”. Jangan lupa sapa kami dengan ramah di badan email. Jangan mengirimkan paket tanpa kartu ucapan!

Dari tim Redaksi

Please note, semua tulisan yang kami terima akan kami review dan kami edit sesuai standar kami. Tulisan yang diterima bisa jadi mengalami perubahan judul, tata bahasa, dan beberapa kalimat yang dirasa tidak sesuai. Jika kami melakukan major changes pada tulisan kamu, we’ll let you know first. Kami tidak ingin mengubah suara atau pesan dari tulisanmu.

Jika tulisanmu dipublikasikan di website kami, tulisan tersebut bisa kembali dipublikasikan oleh reputable partner kami seperti liputan6.com.

Juga, sayangnya kami tidak bisa mempublikasikan semua artikel atau cerita yang masuk. Bukan karena cerita atau artikel kamu tidak menarik, tetapi karena keterbatasan tim redaksi kami yang sangat mini. Kami percaya, setiap cerita dan artikel yang masuk adalah pesan berharga untuk kesehatan mental di Indonesia.

Terima kasih sudah berbagi cerita bersama kami

Apa yang kamu tulis, akan menjadi oase di tengah stigma terkait gangguan mental!

Salam,

Pijar Psikologi


Submission Agreement

Dengan mengirimkan tulisan ke [email protected], kamu telah menyetujui bahwa tulisan yang kamu kirimkan adalah karya orisinal. Setelah tahap review dan edit, karyamu akan dipublikasikan di Pijarpsikologi.org. Karya kamu tidak dapat diterbitkan di media eletronik lain, kecuali blog pribadimu.

Pijar Psikologi bukan media komersil, kami adalah sebuah lembaga non profit. Maka dari itu, kami tidak dapat memberikan kompensasi finansial atas karya yang kamu kirimkan kepada kami. Namun, kami bisa membantu karyamu tersebar seluas-luasnya melalui website dan media sosial kami.